Comscore Tracker

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan Tangan

Caranya cukup sederhana lho

Barangkali banyak orang yang berharap bisa memproduksi barang sendiri untuk dijual sehingga bisa mendapat tambahan penghasilan. Namun biasanya modal menjadi masalah tersendiri bagi orang-orang yang sedang memulai usahanya.

Adakah produk kerajinan tangan yang tak begitu perlu modal besar? Nah berikut beberapa ide barang yang bisa diproduksi dengan mudah dan modal kecil namun berpeluang untuk menambah penghasilan:

Baca Juga: 8 Contoh Produk Kerajinan Bahan Lunak, dari Tanah Liat hingga Kulit

1. Kerajinan dari tali paracord

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan TanganGelang dari tali paracord. (behance.net)

Tali paracord biasanya digunakan sebagai tali parasut. Namun tali ini bisa kita manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan lain seperti gelang, gantungan kunci, tali jam tangan, dan lainnya.

Harga bahan ini juga termasuk murah. Harga tali paracord di pasaran hanya dibanderol dengan harga Rp1.000 sampai Rp4.000, tergantung dari ukuran talinya.

2. Hiasan bonsai kawat

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan TanganHiasan bonsai dari bahan kawat. (pinkwoolnumerik.blogspot.com)

Seperti namanya, Bonsai Kawat, kerajinan membuat pohon bonsai dari bahan kawat ini cukup menjanjikan. Pembuatan bonsai kawat terbilang cukup mudah, namun memerlukan ketelatenan yang tinggi. Hal ini membuat harga hiasan bonsai ini bisa terbilang cukup mahal. 

Bahan yang digunakanpun cukup mudah dan murah untuk didapatkan. Kamu bisa membelinya di berbagai toko bangunan. 

3. Kerajinan tali macrame

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan TanganContoh hiasan dari tali macrame. (balconydecoration.com)

Kerajinan tali macrame ini banyak digunakan sebagai hiasan ruangan ataupun hiasan dinding yang menarik. Proses pembuatannya yang terbilang mudah dan sangat mungkin untuk dibuat manual, kerajinan ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang.

Dengan banyaknya desain ruangan yang mengangkat tema minimalis, hiasan ini semakin banyak diburu oleh berbagai kalangan. 

4. Kerajinan lampu dari pipa PVC

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan Tanganampu tidur berbahan pipa PVC. (thehomesteadsurvival.com)

Lampu tidur menjadi salah satu kerajinan yang mudah dibuat, selain itu belum banyak perajin atau pembuat yang memproduksi kerajinan ini. Karena jumlah perajinnya yang sedikit, lampu dari pipa PVC ini masih sangat berpeluang untuk menjadi kerajinan yang dapat menghasilkan pundi pundi uang. 

5. Kerajinan dari sabut kelapa atau cocofiber

Bisa Nambah Penghasilan, 5 Ide Produk Kerajinan TanganKerajinan dari cocofiber. (vietcraft.vn)

Sabut kelapa atau serabut kelapa, biasa disebut cocofiber ini memungkinkan perajin untuk membuat berbagai produk seperti pot bunga, turus, keset, sapu dan banyak lainnya. Bagi mereka yang berada di wilayah perkebunan, kelapa kerajinan ini sangat cocok untuk dikembangkan.

Bahannya yang melimpah membuat produk ini dapat diproduksi dalam jumlah banyak hanya dengan modal yang sedikit. Apakah kamu sudah siap untuk membuatnya?

Nah itulah beberapa ide produk kerajinan tangan. Selamat mencoba ya!

Fathul Hoeda Photo Community Writer Fathul Hoeda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya