Comscore Tracker

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!

Kamu bisa lihat apakah dia beneran orang baik atau tidak

Ada banyak alasan di balik seseorang ingin menyembunyikan sifat aslinya. Bisa jadi dia berusaha menghargai orang lain dengan bersikap baik, tapi ada juga yang memang fake dan berpura-pura baik untuk pencitraan. Apa pun alasannya, tetap saja rasanya lebih lega kalau bisa melihat sifat asli seseorang, ya.

Soal ini, konon ada beberapa situasi yang bisa membuat sifat asli seseorang keluar, lho. Karena pada situasi seperti ini biasanya orang-orang akan bersikap secara spontan dan gak sempat menutupinya dengan kepalsuan. Situasi seperti apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Teman Suka Mengatur, Tak Segan Rampas Kebebasan

1. Jika dia tiba-tiba diminta menjaga anak kecil atau binatang

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!ilustrasi anak (pexels.com/Cottonbro)

Situasi pertama yang bisa menunjukkan sifat asli seseorang ialah jika tiba-tiba diminta menjaga anak kecil atau binatang. Anak kecil dan binatang merupakan makhluk yang polos, sehingga akan sulit bagi seseorang untuk berpura-pura.

Reaksi yang ditunjukkan biasanya spontan dan tidak dibuat-buat. Kalau dia beneran baik bakal kelihatan dari pembawaan dirinya yang langsung melembutkan ketika berhadapan dengan anak kecil atau binatang. Akan tetapi kalau dia orang yang sebenarnya kasar atau palsu bakal kelihatan kaku dan kasar banget.

Baca Juga: 5 Akibat Jika Terus Menganggap Uang Bukan Sumber Kebahagiaan

2. Saat dihadapkan pada situasi tidak terduga di tengah perjalanan

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!ilustrasi bepergian (pexels.com/William Fortunato)

Situasi lain yang juga menunjukkan sifat asli seseorang ialah jika dihadapkan dengan situasi tak terduga ketika bepergian. Entah itu saat tersesat ke suatu tempat, atau mengalami kendala yang membuat perjalanan jadi terhambat.

Sifat asli seseorang bakal kelihatan baik dan buruknya di situasi tidak terduga seperti ini. Kamu bisa melihat dari apakah dia sabar dan mau membantu mencari solusi masalah yang ada, atau mementingkan diri sendiri dan emosi.

3. Saat merasa tertekan

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!ilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Situasi ketiga yang juga bisa memunculkan sifat asli seseorang ialah jika ia terdesak dan dalam keadaan tertekan. Baik itu tertekan dengan masalah yang terjadi ataupun tertekan akibat tuntutan orang sekitar.

Tidak hanya sifat asli yang keluar, akan tetapi tingkat kekuatan mental seseorang pun bisa dilihat pada situasi ini. Kalau lemah mental, maka ia akan lari dari masalah. Orang seperti ini gak cocok untuk kamu jadikan partner kerja.

4. Situasi di mana ia memiliki banyak uang ataupun kehabisan uang

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!ilustrasi pegang uang (pexels.com/Mikhail Nilov)

Keempat, sifat asli seseorang juga bakalan muncul ketika berada dalam kondisi ekonomi tertentu. Entah itu pada saat banyak uang dan berlebih, atau pada saat kekurangan uang dan jatuh miskin.

Karena sedikit dan banyaknya harta bisa memengaruhi sifat seseorang, lho. Tadinya mungkin dia biasa-biasa saja, tapi ketika punya banyak uang malah sombong dan lupa pada teman.

5. Ketika naik jabatan

5 Situasi yang Bikin Sifat Asli Orang akan Keluar, Buktikan!ilustrasi bos (pexels.com/August de Richelieu)

Kelima, naik posisi jabatan tertentu juga bisa menunjukkan sifat asli seseorang. Baik buruknya bakal kelihatan, apakah dia memang beneran baik selama ini atau itu cuma pencitraan saja.

Karena banyak banget orang yang tadinya terlihat rendah hati, malah berubah menunjukkan kesombongan dan keangkuhannya ketika menduduki jabatan yang tinggi. Tapi kalau dia beneran baik, jabatan setinggi apa pun dia bakal tetap rendah hati dan bersahaja seperti biasanya.

Intinya kalau mau melihat sifat asli seseorang, maka lihatlah ketika dia berada pada lima situasi tadi. Kamu bakal tahu dia beneran baik atau justru hanya pura-pura baik saja.

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya