Comscore Tracker

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna Suci

Nama adalah sebuah doa, jangan disepelekan

Ada yang bilang "Apalah arti sebuah nama". Padahal pemberian nama dari orangtua adalah sebuah doa. Jadi, tidak mungkin disepelekan begitu saja. Apalagi orangtua muda yang akan memiliki anak sampai membeli buku atau semacamnya, hanya untuk mencari nama calon bayinya.

Barangkali, saat ini kamu sedang membutuhkan rekomendasi nama-nama untuk calon bayi, yang bisa diambil dari nama Dewa Dewi dalam mitologi Hindu.

Dewa Dewi dalam ajaran agama Hindu memiliki tugasnya masing-masing dalam menjaga alam semesta. Berikut ini adalah sepuluh alternatif nama, diambil dari Dewa Dewi Hindu yang dirangkum IDN Times.

1. Surya Wedya

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna Suciinstagram.com/oks_antara

Baca Juga: Referensi Buat Orangtua, 10 Nama Sansekerta untuk Bayi

Nama Surya dalam bahasa Sansekerta memiliki arti sinar. Dalam kepercayaan agama Hindu, Surya merupakan Dewa Matahari. Dewa Surya digambarkan sebagai Dewa yang memiliki pengaruh banyak pada alam semesta lewat cahayanya.

Sedangkan Wedya dalam bahasa Sansekerta memiliki makna pengetahuan. Jika digabungkan, nama ini bisa diartikan sebagai seseorang yang kelak dapat menyinari sesamanya melalui ilmu pengetahuan yang dimiliki.

2. Agni Bremantya

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna Suciinstagram.com/happysalma

Adakah di antara kamu punya semangat yang terus berkobar walau dihadang banyak rintangan? Karakter yang pantang menyerah ini tersemat dalam nama Agni Bremantya.

Agni yang dikenal sebagai Dewa Api dalam mitologi Hindu digambarkan sebagai sosok yang ahli dalam upacara keagamaan dan menjadi duta dari para Dewa. Sementara itu, Bremantya mempunyai makna semangat dan gigih. 

Diharapkan orang dengan nama ini menjadi pribadi bersemangat seperti api, dan gigih menjadi yang terdepan dalam hal positif.

3. Sasmaya Daksayani

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna Suciinstagram.com/jenniferbachdim

Ada makna yang mendalam di balik nama tersebut. Dalam segi bahasa, Sasmaya dapat diartikan sebagai hal baik. Daksayani digambarkan sebagai dewi pembawa kebahagiaan yang dipuja dalam agama Hindu.

Jika kedua nama itu disatukan, maka dapat diartikan sebagai seseorang yang selalu membawa kebahagiaan dan kebajikan bagi sekitarnya.

4. Gayatri Kartikeya

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/andrew.white._

Sosok pelindung seperti prajurit ini tercermin dalam kata Kartikeya, yang merupakan Dewa Perang dan Pelindung negeri Tamil di India dan Sri Langka. Nah, kata Gayatri punya arti anggun atau memiliki berbagai kelebihan.

Nantinya, siapa pun yang menggunakan nama ini dapat menjadi pribadi yang selalu melindungi kebenaran dengan cara anggun, dan dikaruniai talenta yang berguna.

5. Laksmi Sujana

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/andrew.white._

Menjadi orang pintar dan memiliki kemakmuran pasti diinginkan oleh hampir semua orang. Nah, nama Laksmi Sujana punya makna seperti itu. Laksmi adalah dewi kemakmuran dan kebijaksanaan. Sosoknya digambarkan sebagai dewi yang cantik dan adil.

Selain itu, Dewi Laksmi juga dikenal sebagai Dewi Uang dan kerap dihubungkan dalam setiap kebahagiaan umat manusia menurut ajaran Hindu. 

Sementara itu, Sujana diartikan sebagai orang cerdas. Kelak, mereka yang memiliki nama ini tidak hanya sekadar menggunakan kepandaiannya untuk kemakmuran diri sendiri, tetapi juga untuk sekitarnya.

6. Wisnu Balawan

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/kddevie

Menjadi pribadi yang kokoh tak terpengaruh hal buruk dan selalu memelihara peringai positif tersemat pada nama ini. Dewa Wisnu dalam ajaran agama Hindu bertindak sebagai pemelihara, senantiasa memberikan yang terbaik agar keseimbangan alam semesta tetap terjaga.

Balawan yang memiliki arti kokoh, pun melengkapi tujuan mulia yang kelak diemban oleh pemilik nama ini. Sehingga dirinya tetap teguh pada jalan baik yang diperbuatnya.

7. Iswara Anindha

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/kddevie

Menyuarakan kebaikan eloknya dilakukan oleh semua orang di muka bumi. Apalagi bagi mereka yang kelak memakai nama ini. Harapan agar suatu saat dapat menjadi pribadi yang tidak hanya berkuasa, namun turut serta menyebarkan kebaikan melalui untaian kata terkandung dalam nama Iswara Anindha.

Kata Anindha yang berarti kebaikan, dipadukan dengan Iswara yang berarti suara dan merupakan Dewa dalam filosofi Hindu, memiliki makna sebagai pengendali atau penguasa. Semoga harapan dari arti nama tersebut bisa terwujud bagi yang menyandangnya.

8. Ganesha Danirmala

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/happysalma/

Sosok guru selalu menjadi inspirasi bagi kita. Betapa tidak. Dari mereka, kita dapat mengetahui banyak hal di dunia lewat pengetahuan yang dimilikinya. Sifat-sifat ini juga yang tercermin dalam Dewa Ganesha. Dalam agama Hindu dikenal sebagai dewa pengetahuan sekaligus penolak bahaya.

Danirmala memiliki makna suci. Sifat-sifat ini nantinya akan selalu tertanam bagi yang menggunakan nama tersebut.

9. Narayana Arsa

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/happysalma/

Menegakkan kebenaran untuk mewujudkan kegembiraan adalah gambaran dari nama Narayana Arsa. Arsa yang dimaknai sebagai gembira, dikolaborasikan dengan Narayana, yaitu Dewa yang bertugas menegakkan kebenaran di muka bumi.

Dewa Narayana merupakan penjelmaan dari Dewa Wisnu yang menjaga alam semesta dari bencana.

10. Kuwera Pesaja

10 Inspirasi Nama Bayi dari Dewa Dewi Hindu, Bermakna SuciInstagram.com/happysalma

Filosofi yang ada di dalam nama Kuwera Pesaja adalah pribadi kaya tapi hidup sederhana, dan suka memberi kepada yang kekurangan. Dewa yang dikenal membawa kemakmuran dan kekayaan ini adalah Dewa Uang. Sosoknya selalu memberikan petunjuk kepada umat manusia agar tetap di jalan kebajikan. Sedangkan Pesaja berarti kesederhanaan.

Semoga nama-nama di atas bisa memberikan doa juga untuk buah hati ya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya