Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluarga

Rumah adalah tanggung jawab anak dan suami juga

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah perkara mudah. Ada tanggung jawab tersendiri yang harus dijalani. Ibu harus mengurus anak dan suami sehari-hari. Kadang mengurus dirinya sendiri pun jadi dilupakan.

Kerepotan dalam mengurus keluarga kadang dapat membuat seorang ibu jadi mudah lelah dan stres. Apalagi kalau semuanya serba dilakukan sendiri. Makanya untuk mengatasi stres dalam mengurus anak dan keluarga, ini beberapa solusi yang bisa ibu lakukan.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Orangtua yang Toxic, Anak Bisa Berpendapat Lho!

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Anak Bakal Jadi Manja Banget, Jangan Dianggap Sepele

1. Hadapi stres yang dirasakan

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluargailustrasi orang sedang bersedih (pexels.com/Engin Akyurt)

Merasa stres, capek, lelah dan tidak bersemangat itu adalah hal yang wajar dialami manusia. Hal-hal tersebut sifatnya hanyalah sementara. Jadi tidak menetap, bisa datang dan pergi. Kecuali kalau berkepanjangan dan dirasakan terus-menerus, maka itu merupakan sinyal bahwa kesehatan fisik atau mentalmu sedang tidak baik-baik saja.

Sangat baik kalau kamu bisa aware dengan apa yang kamu rasakan. Akui dan keluhkan saja kalau kamu memang sedang capek dan stres. Selanjutnya, barulah berusaha dalam mengatasi apa yang kamu rasakan.

2. Buat boundaries dalam mengasuh anak

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluargailustrasi anak dan orangtua (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Boundaries itu perlu dimiliki oleh setiap orang. Tujuannya bukan hanya untuk kebaikanmu sendiri, tapi untuk kebaikan orang-orang sekitarmu juga. Jangan memaksakan diri melakukan semua tugas rumah tangga yang ada. Kalau bisa dibagi bebannya ke anggota keluarga lain, maka bagikanlah. Jangan menanggung semuanya sendirian.

Ketahui batasan dirimu. Kalau perlu buat batasan versimu sendiri dan komunikasikan ke anggota keluarga yang lain. Tentukan apa yang kamu kerjakan sendiri dan apa yang perlu minta bantuan ke mereka.

Sadarilah bahwa kamu hanya manusia biasa yang bisa lelah. Kalau terlalu lelah, ujung-ujungnya kamu sendiri yang stres dan gak bahagia menjalankan peranmu sebagai ibu rumah tangga.

3. Luangkan waktu bersenang-senang

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluargailustrasi orang sedang merawat diri (pexels.com/Gustavo Fring)

Menjadi ibu dan istri bukan berarti membatasi perkembanganmu secara pribadi. Walau keadaan sudah beda dan saat ini ada keluarga yang harus diurus, kamu tetap perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Sempatkanlah sedikit waktumu untuk me time dan bersenang-senang dengan diri sendiri. Jadwalkan waktu untuk melakukan kegiatan self-care setiap minggunya. Supaya pikiran segar kembali dan mental pulih kembali setelah lelah mengurus rumah dan keluarga.

4. Pahami bahwa tidak ada orangtua yang sempurna

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluargailustrasi anak dan orangtua (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kadang orang-orang terlalu banyak berekspektasi kepada seorang perempuan. Katanya perempuan harus bisa melakukan banyak, seolah tidak boleh ada celah kekurangannya.

Ketahuilah bahwa tidak ada ibu dan istri yang sempurna. Semua orang terus berproses menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. So, it's okay kalau kamu gak bisa menjalankan peranmu sebagai ibu rumah tangga dengan sempurna. Lakukanlah yang terbaik yang bisa kamu lakukan.

5. Jangan segan meminta bantuan

5 Cara Mengatasi Stres Ibu yang Lelah Mengurus Keluargailustrasi anak dan orangtua (pexels.com/Katerina Holmes)

Sebenarnya kamu gak sendirian dalam mengurus rumah. Ada suami dan anak yang bisa turut membantu pekerjaan rumah. Meski mengurus rumah adalah menjadi bagian tanggung jawabmu, bukan berarti kamu gak boleh melibatkan orang lain di dalamnya.

Jadi, jangan pernah segan meminta bantuan kepada anggota keluarga lain, kalau rasanya gak memungkinkan mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian. Dalam hubungan keluarga sangat diperlukan komunikasi dan kerja sama yang baik antaranggota keluarga demi kebaikan semuanya.

Menjadi ibu rumah tangga juga termasuk pekerjaan layaknya pekerjaan lain di luar sana. Dalam melakukan suatu pekerjaan mungkin akan dihadapkan pada situasi yang dapat membuat stres dan tertekan. Untuk itulah, ibu rumah tangga juga membutuhkan dukungan dan bantuan agar dapat menjalankan perannya sebagai ibu dan istri dengan baik.

Mia Lubis Photo Community Writer Mia Lubis

Jika ada kesalahan / kekeliruan dalam tulisan saya adalah ketidaksengajaan. Ambil baiknya, buang buruknya. Thanks for reading!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya