Comscore Tracker

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin Subur

Gak perlu diganti tanah yang baru kok

Elemen penting yang mendukung keberhasilan kamu dalam berkebun adalah kondisi tanah. Tanah yang subur dan mengandung banyak nutrisi akan membuat tanamanmu tumbuh dengan baik. Namun alih-alih gembur dan subur, ada kalanya tanah di kebun malah mengandung pasir. Sehingga tanaman justru banyak yang mati.

Namun jangan khawatir ya. Tanah berpasir masih bisa diolah dengan menambahkan bahan organik, seperti kompos kulit pohon, daun, jerami, pupuk kandang, atau sampah hijau lainnya. Bahan-bahan ini bisa menambah kandungan nutrisi pada tanah sehingga bisa lebih produktif.

Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis tanaman tertentu yang bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi tanah berpasir. Apa saja? Dilansir dari Housedigest.com, berikut 7 tanaman yang cocok tumbuh di tanah berpasir.

Baca Juga: 6 Bahan Organik yang Mengandung Kalsium Tinggi untuk Tanaman

1. Daun timi

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi berkebun (pexels.com/. ▃ . ▃ )

Timi atau lebih dikenal dengan nama Thyme (thymus vulgaris) merupakan tanaman asli Eropa Selatan dan Afrika Utara. Herba satu ini justru menyukai tanah kering berbatu atau berpasir. Bahkan jika tanahnya tepat, timi bisa menghasilkan daun yang enak.

Selain itu, timi membutuhkan sinar matahari penuh agar tumbuh subur. Jadi tanamlah di sudut yang tepat.

Baca Juga: 8 Tanaman yang Cocok Untuk Area Kolam Renang, Berasa di Vila

2. Semangka

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi tanaman semangka (pexels.com/Dr.Vivasayam YouTube Channel)

Punya lahan yang lebih luas? Kenapa tidak menanam semangka? Tanaman rambat ini tumbuh baik di tanah lempung yang dikeringkan. Atau kamu juga bisa menanam di lahan yang lebih sempit dan membuatkannya rangka khusus untuk rambatan. Tanaman ini memerlukan matahari penuh agar menghasilkan buah yang sehat dan manis.

3. Zukini

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi zukini (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selanjutnya, kamu juga bisa menanam zukini. Tanaman ini memerlukan sinar matahari penuh, dan tumbuh di tanah berpasir atau lempung dengan bahan organik tinggi. Untuk itu, jangan lupa berikan kompos pada zukini agar bisa berbuah.

4. Oregano

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi tanaman herba (pexels.com/cottonbro)

Kamu juga bisa menanam oregano, lho. Tanaman penyedap masakan dari Asia Tengah ini gampang dirawat dan toleran terhadap kekeringan. Kamu bisa menanamnya langsung di kebun atau menempatkannya di dalam pot kecil.

Menumbuhkannya di sebelah daun timi akan membuat kebunmu memiliki sudut herba segar, yang bisa dipetik kapan saja.

5. Rosemary

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi rosemary (pexels.com/Photo by Lachlan Ross)

Selain timi dan oregano, rosemary juga tumbuh baik pada tanah berpasir. Tidak hanya itu, tanaman berperawatan rendah ini bahkan mampu menolerir beberapa kondisi pertumbuhan yang berbeda, dan tidak keberatan dengan tanah yang asam, basa, lempung, atau berkapur. Dalam kondisi ideal, rosemary bisa tumbuh tinggi hingga 2,5 meter lho.

6. Lobak

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi lobak (pexels.com/Wendy van Zyl)

Untuk melengkapi koleksi dapur hidup di kebun, kamu bisa menanam lobak tepat di sebelah timi dan oregano. Tanaman dari keluarga brokoli ini akan subur jika ditanam di tanah berpasir atau lempung yang menerima sinar matahari langsung. Setelah panen, seluruh tanaman dapat dimakan mentah atau dimasak.

7. Pakis pedang

7 Tanaman yang Cocok Tumbuh di Tanah Berpasir, Dijamin SuburIlustrasi pakis (pexels.com/Yufan Jiang)

Bagi penyuka tanaman hias, kamu bisa menanam pakis pedang untuk membangkitkan kesan subur di kebun dengan tanah berpasir. Tanaman asli Amerika Serikat ini bisa tumbuh hingga 1,8 meter dan rimbun. Warnanya yang hijau juga akan memberi sentuhan segar di taman.

Pakis pedang juga gampang dirawat dan bisa menambahkan kesan tropis di kebun. Kamu bisa menanamnya di tepi kolam renang atau menjadikannya sebagai pembatas taman.

Nah, itulah rekomendasi tanaman yang cocok tumbuh di tanah berpasir. Kamu bisa memilih beberapa tanaman atau kombinasikan semua dalam satu kebun untuk variasi yang lebih baik.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya