Comscore Tracker

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas Serangga

Gak cuma mengusir sih, tapi juga membunuhnya

Semut mungkin bukan binatang yang berbahaya, tetapi kehadiran mereka membuat rumah menjadi kotor. Bahan makanan tertentu juga bisa rusak jika dikerubungi semut. Untuk itu, langkah terbaik untuk menghindari semut adalah mencegahnya masuk rumah.

Menyimpan bahan makanan manis seperti gula di tempat tertutup, cukup mampu mencegah semut masuk rumah. Namun terkadang ada faktor lain yang tidak bisa kita atur dan memancing kehadiran semut. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengusir semut dari rumah. Melansir dari Better Homes & Gardens, dan Thespruce.com, berikut bahan alami usir semut dan serangga lainnya:

Baca Juga: 5 Cara Bersihkan Noda Air Warna Putih di Mebel Kayu

1. Aromanya menyengat sih, tapi cuka putih bisa membunuh semut

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi semprotan cuka (pexels.com/cottonbro)

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah cuka. Semut tidak menyukai bau cuka. Tidak hanya mampu mengusir, larutan cuka dan air juga bisa membunuh semut.

Kamu bisa menggunakan campuran satu bagian cuka dengan tiga bagian air. Beberapa orang menggunakan cuka 100 persen atau campuran satu banding satu. Tergantung seberapa kuat kamu dan keluarga menahan baunya.

Larutan cuka akan menghilangkan feromon, jejak yang ditinggalkan satu semut untuk diikuti semut lain. Semprotkan ke bagian mana pun semut itu terlihat, dan juga pada titik masuknya semut. Atau, kamu juga bisa mengusapkannya ke meja, lemari, atau tempat lain yang biasa didatangi semut dengan menggunakan lap kain.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Pupuk Rumahan, Minim Biaya Kebun Jadi Rimbun

2. Kalau gak tega membunuh semut, gunakan saja kulit jeruk

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi jeruk (pexels.com/MURALI DHARAN)

Selain cuka, semut membenci aroma buah seperti lemon, limau, dan jeruk. Karena itu, kamu bisa menggunakannya sebagai penolak alami semut. Caranya, simpan kulit jeruk dan letakkan di sekitar pintu masuk ataupun sudut yang sering didatangi semut.

Berbeda dengan cuka, jeruk tentunya tidak akan membuat semut terbunuh ya.

3. Minyak peppermint aromanya tidak bikin mual manusia, tapi dapat mengusir semut

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi daun min (pexels.com/Ömer Yılmaz)

Peppermint memiliki bau yang cukup kuat untuk mengusir serangga seperti semut, lalat, dan nyamuk. Bagusnya lagi, tidak seperti cuka, aromanya juga tidak membuat manusia sakit kepala dan mual.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial peppermint dengan menyemprotkannya di ambang pintu, kusen jendela, dan alas tiang untuk mengusir hama dari rumah.

4. Kayu manis ampuh membunuh semut

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi kayu manis (pexels.com/Ruby Sengar)

Kayu manis juga dikenal efektif mengusir dan membunuh semut. Kamu bisa meletakkan bubuk kayu manis di sekitar pintu masuk atau dekat lubang semut. Aromanya yang kuat akan menolak semut secara alami.

Atau, kamu bisa juga melapisi bola kapas dengan bubuk kayu manis atau minyak kayu manis, dan meletakkannya di dekat area yang rawan semut.

5. Garam bikin kering semut

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi garam (pexels.com/Lorena Martínez)

Semut menyukai gula tetapi membenci garam. Kamu bisa menyebarkan perasa asin itu di sudut rumah. Garis yang dibuat dari garam juga menciptakan penghalang untuk mengusir semut.

Untuk tindakan yang lebih esktrem, semprotan larutan air garam juga dapat membantu membunuh semut hingga mengering.

6. Manusia suka kopi, tapi tidak untuk semut

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi kopi (pixabay.com/Ernesto Rodriguez)

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengusir semut adalah kopi. Semut membenci aromanya dan kamu bisa menaburkan bubuk kopi di titik tempat berkumpulnya semut. Kamu bisa menebarkan bubuk kopi di taman atau sekitar luar rumah.

Efek lainnya, bubuk kopi mengandung mineral seperti potasium, fosfor, dan magnesium yang bagus untuk menyuburkan tanah.

7. Kulit mentimun ampuh mencegah semut masuk ke rumah

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi mentimun (pixabay.com/Steve Buissinne)

Kulit mentimun juga bisa jadi alternatif untuk membantu mengatasi semut. Taruh kulit mentimun di titik masuk semut atau tempat di mana pun yang jadi titik perkumpulan mereka. Kulit mentimun akan membantu memblokir jalan semut karena aromanya yang menyengat.

8. Semut sangat membenci aromah cengkeh

8 Bahan Alami Usir Semut, Rumah Jadi Bebas SeranggaIlustrasi cengkeh (pexels.com/Miguel Á. Padriñán)

Letakkan beberapa cengkeh di area tempat berkumpulnya semut, terutama pada titik masuk. Kamu bisa menggunakan bubuk cengkeh ataupun minyak esensial.

Semut sangat membenciaroma cengkeh yang kuat. Meskipun tidak sampai membunuh, setidaknya cengkeh akan membantu menyingkirkan semut di rumah dengan cepat, selama kamu sudah menutupi semua titik masuknya.

Nah, itulah beberapa bahan alami usir semut. Bahan-bahan ini bersifat sementara dan khasiatnya akan hilang jika aromanya berkurang. Gantilah dengan bahan yang baru secara teratur agar rumahmu aman dari semut.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya