Comscore Tracker

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!

Penyelamat tupperware juga lho!

Terkadang, membersihkan alat dapur butuh usaha yang lebih keras. Kamu tidak bisa membuat peralatannya bersih dan mengilap hanya dengan sabun cuci piring. Tambahan bahan pembersih lain seringkali dibutuhkan, terutama untuk mengatasi noda membandel.

Pemakaian bahan kimia pada alat dapur juga memiliki risiko, terutama jika tidak dibilas dengan benar. Untuk itu, kamu bisa beralih pada pembersih alami yang ada di sekitar. Selain baking soda dan cuka, kamu juga bisa menggunakan lemon, lho. Selain bersih, peralatan dapur akan beraroma lemon yang menyegarkan.

Dilansir Allrecipes.com, berikut deretan alat dapur yang bisa dibersihkan lemon.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Kamar Tidur, Bikin Kamu Terlelap

1. Piring dan peralatan makan lainnya

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi mencuci piring (pexels.com/Kampus Production)

Alat dapur utama yang bisa dibersihkan lemon adalah piring dan peralatan makan. Kamu bisa menambahkan jus lemon ke dalam larutan sabun pencuci, atau langsung menuangkannya di atas piring serta peralatan makan lainnya. Dijamin akan mengilap dan aromanya segar.

Untuk pembersihan lewat mesin pencuci piring, kamu cukup menempatkan irisan lemon di rak atas. Atau, tuang jus lemon pada wadah dan letakkan di rak atas. Jalankan mesin pencuci dalam siklus normal dan semua peralatanmu akan lebih bersinar.

Baca Juga: Cara Merawat Talenan Sesuai Jenis Bahan, Aman dari Bakteri

2. Blender

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi blender (pexels.com/Chait Goli)

Blender merupakan peralatan dengan banyak sudut yang tidak mudah dijangkau selama pencucian. Meskipun sudah dibersihkan, ada saja kotoran yang menempel di bawah pisau ataupun karet segel di bagian dudukannya. Belum lagi noda membandel di dinding tabungnya.

Untuk membersihkan blender, kamu bisa menggunakan jus lemon, cairan pencuci piring, dan sedikit air panas. Jalankan mesin blender dalam kecepatan tinggi sekitar setengah menit, kemudian cabut dayanya. Sisanya, kamu hanya perlu menggosok dengan spons seperti biasa.

3. Microwave

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi membersihkan mikrowave (pexels.com/RODNAE Productions)

Bingung cara membersihkan potongan makanan dan saus yang menempel di dinding mikrowave?

Tenang, lemon bisa membantu mengatasi masalah itu. Siapkan setengah potongan lemon dan masukkan ke dalam cangkir atau mangkuk berisi air. Atau, kamu juga bisa menambahkan jus lemon ke air tersebut.

Masukkan wadah ke dalam mikrowave dan panaskan selama beberapa menit atau hingga air mendidih. Jangan langsung dikeluarkan, tetapi tunggulah selama beberapa menit agar uap lemon bekerja maksimal.

Keluarkan wadah berisi air dan bersihkan semua permukaan interior microwave menggunakan kain. Kotoran akan hilang dengan mudah.

4. Menghilangkan bau kulkas

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi kulkas bau (pexels.com/Anna Shvets)

Aroma aneh dan kurang sedap seringkali tercium dari kulkas. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayuran membusuk, sisa makanan yang tidak dibuang, atau cairan daging yang dibiarkan terlalu lama. Bau tersebut bahkan masih tercium setelah sumber masalahnya dihilangkan. Nah, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan lemon.

Potong lemon menjadi dua dan letakkan langsung di dalam lemari es atau masukkan ke dalam wadah. Pastikan bagian dagingnya menghadap ke atas ya. Biarkan selama setengah jam atau lebih lama jika bau kulkasnya sangat menganggu. Lemon akan menyerap bau tidak sedap dan menggantikannya dengan aroma segar.

5. Menghilangkan bau talenan kayu

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi lemon (pexels.com/Lisa Fotios)

Talenan kayu butuh dibersihkan secara rutin. Jika kamu merasakan aroma tidak sedap di talenan kayu, maka taburkan garam kasar di permukaannya dan gosok dengan lemon. Pastikan daging lemon bersentuhan dengan talenan agar pembersihannya semakin maksimal. Biarkan lima menit setelah digosok, kemudian bilas dengan air bersih.

6. Menghilangkan noda membandel dan minyak pada wajan

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi mencuci panci (pexels.com/RODNAE Productions)

Panci dan wajan gosong adalah masalah klasik dalam rumah tangga. Banyak orang menggunakan abu gosok dan sabut kelapa untuk menghilangkan noda. Padahal, ada pilihan yang lebih gampang ketimbang menggosoknya sekuat tenaga.

Untuk menghilangkan noda membandel dan minyak, kamu bisa menggunakan lemon. Sifat asamnya mampu melonggarkan kotoran dari permukaan peralatan sehingga lebih mudah dicuci.

Campurkan jus lemon dan sabun pencuci piring dengan perbandingan sama, kemudian gosokkan pada noda. Rendam peralatan dengan larutan ini sekitar 15 hingga 30 menit untuk noda yang lebih bandel.

7. Menghilangkan noda dari wadah berbahan plastik

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi wadah plastik (pexels.com/Magdalena Nowakowska)

Tupperware bisa dicuci dengan cairan pencuci piring. Namun ada kalanya beberapa noda tidak hilang meski sudah digosok atau dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lemon. Tuangkan jus lemon ke dalam wadah berbahan plastik dan biarkan selama 10-15 menit.

Untuk noda yang lebih membandel, ambil sepotong lemon dan gosokkan dagingnya ke arah noda. Diamkan selama beberapa menit, kemudian seka dengan lap atau langsung dibilas.

8. Membersihkan parutan keju

8 Alat Dapur yang Bisa Dibersihkan Lemon, Auto Kinclong!Ilustrasi parutan keju (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Parutan adalah alat dapur yang sulit dibersihkan. Ada saja sisa-sisa makanan yang masih menempel setelah kamu membersihkannya dengan air mengalir. Menggosoknya tidak akan berguna, karena alat ini justru menghancurkan spons dan menyangkut.

Kamu bisa mengambil setengah potong lemon dan memarutnya. Gosokkan juga ke balik parutan. Hal ini akan membantu melonggarkan sisa atau potongan makanan yang tertinggal, sehingga memudahkan pencucian.

Nah, itulah beberapa alat dapur yang bisa dibersihkan lemon. Pembersihan teratur sangat diperlukan, terutama setelah digunakan. Kamu bisa menambahkan lemon sebagai bahan pembersih ekstra agar peralatanmu selalu siap pakai ketika hendak digunakan. Selamat mencoba.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya