Comscore Tracker

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmu

Kamu bisa stres jika terus menjadikannya beban

Saat kamu mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan impian karena berbeda dengan minat yang kamu miliki, maka cobalah untuk mencintainya. Memang tidak mudah melakukannya karena harus menjalani rutinitas pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati.

Walaupun seperti itu, cobalah untuk perlahan-lahan menyukai pekerjaanmu sendiri. Mungkin pada tahap awal terasa sangat berat, namun lama-kelamaan kamu pasti akan terbiasa dan mulai tertantang untuk mempelajari hal baru. Berikut tips biar tetap semangat menjalani pekerjaan yang bukan impianmu:

Baca Juga: 5 Strategi Agar Karier Tetap Stabil di Masa PHK Besar-besaran, Catat!

1. Berhenti menjadikannya sebagai beban

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmuilustrasi menjadikan beban (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak perlu menyesali terlalu dalam pekerjaan yang saat ini kamu jalani. Walau tidak sesuai dengan impianmu, namun kamu perlu menjalaninya dengan sepenuh hati karena bagaimanapun di sanalah ladang pencarian nafkahmu saat ini. Nah agar kamu bisa menyukainya, maka setop menjadikannya sebagai beban yang berat.

Dengan begitu kamu akan merasa nyaman, bahagia, dan ikhlas menjalani segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang bukan impianmu tersebut. Kamu juga akan jauh dari stres karena tidak lagi memikirkan diri secara berlebihan bahwa pekerjaan sekarang bukanlah tempatmu yang seharusnya.

2. Berpikir lebih luas dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmuilustrasi berpikir (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Apabila selama ini kamu sudah berusaha untuk mencari pekerjaan yang sesuai impianmu namun selalu tak lolos, maka bisa saja sebenarnya kamu kurang cocok di sana. Maka berpikirlah lebih luas dengan melihat dari sudut pandang yang berbeda agar kamu menyadari hal tersebut.

Kemudian bandingkan dengan pekerjaanmu saat ini. Walaupun bukan yang kamu impikan, namun ternyata kamu justru bisa menjalaninya dengan baik hingga sekarang. Apalagi jika kamu tidak pernah menghadapi masalah terkait kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Cobalah kamu ingat kembali, apakah saat tes perekrutan dulu kamu langsung bisa lolos? Jika iya, maka kemungkinan besar sebenarnya kamu cocok dengan pekerjaan yang menurutmu bukan impianmu tersebut. 

3. Melakukan perbandingan secara realistis

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmuilustrasi membandingkan (pexels.com/Michael Burrows)

Daripada selalu melihat sisi kurangnya, maka cobalah lihat dari sisi kelebihannya agar kamu bisa menyukai pekerjaan yang bukan impianmu. Apalagi jika banyak kelebihan yang didapat dan berbanding jauh dengan kekurangannya. Misalnya dulu kamu akan menganggur jika tidak bekerja pada bidang yang sekarang karena selalu tak lolos di pekerjaan yang kamu impikan.

Saat ini kamu juga memiliki pendapatan yang terbilang tinggi, jenjang karier yang jelas, dan benefit lain yang menyertainya. Maka bukankah seharusnya kamu telah berada di posisi yang sebenarnya tepat untukmu? Ingatlah, selalu merasa pekerjaanmu saat ini bukan pekerjaan impianmu hanya akan membuatmu tidak bisa berpikir dengan lebih realistis. 

4. Melihat dari sisi positifnya

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmuilustrasi berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cobalah untuk melihat dari sisi positifnya agar bisa membuatmu menyukai pekerjaan yang bukan impianmu. Mengapa demikian? Karena dapat membantumu untuk bisa bertahan dengan baik dan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal. Pikiran negatif dan keluhan yang setiap kali kamu ucapkan perlahan-lahan juga akan berkurang. Dengan begitu, kamu akan lebih mensyukuri apa yang ada saat ini. 

Tidak semua orang bisa memiliki pekerjaan yang stabil sepertimu saat ini. Apalagi jika kamu memiliki kesempatan dan peluang untuk mengembangkan karier yang lebih tinggi hingga meraih kesuksesan di usia muda. Dengan mengetahui sisi positifnya, maka kamu akan mulai menerima dan menikmati pekerjaan tersebut dengan hati yang lebih lapang. 

5. Belajar mendalami profesi pekerjaan saat ini

5 Tips Biar Semangat dengan Pekerjaan yang Bukan Impianmuilustrasi mendalami profesi (pexels.com/cottonbro studio)

Agar bisa membuatmu lebih semangat dan menyukai pekerjaan saat ini, maka cobalah untuk belajar dan mengasah kemampuan pada bidang tersebut. Karena bisa saja selama ini kamu belum menemukan sesuatu yang menarik hatimu karena tidak ada keinginan untuk mengembangkan ilmu dan kemampuanmu sana. Ibaratnya kamu hanya tahu permukaannya saja. 

Maka saat kamu mendalaminya, bisa saja kamu menemukan sesuatu yang diminati. Dengan begitu rasa ingin tahu dan penasaranmu akan semakin tinggi hingga membuatmu perlahan-lahan mulai menyukainya. Selain itu, kualitas pekerjaanmu juga akan meningkat karena kamu semakin memiliki wawasan yang luas dan skill kian bertambah. 

Selama kamu mau berusaha untuk menyukai pekerjaan yang bukan impianmu ini, kamu pasti bisa melakukannya. Walau dalam prosesnya perlu waktu yang tidaklah sebentar. Namun hal tersebut jauh lebih baik dibandingkan kamu selalu mengeluh dan menjalani pekerjaanmu dengan setengah hati. Nah kamu bisa melakukannya dengan lima cara di atas agar tetap semangat menjalani pekerjaan yang bukan impianmu tersebut. 

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya