Comscore Tracker

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan 

Persaingan semakin ketat lho nanti

Perusahaan-perusahaan di Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu dan menjadi lebih canggih. Permasalahan dalam perusahaan juga akan semakin kompleks seiring bergantinya trend dan banyaknya pesaing. Karenanya diperlukan karyawan yang memiliki kemampuan lebih agar perusahaan dapat bertahan.

Kemampuan yang sangat diperhatikan oleh perusahaan selain hard skill adalah soft skill karyawan. Apa saja? Nah berikut beberapa soft skill yang akan diburu perusahaan di masa yang akan datang: 

Baca Juga: 6 Akibat bila Suka Menjegal Karier Teman, Karier Sendiri Sulit Maju!

1. Kecerdasan sosial

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/fauxels

Mulai dari zaman dulu hingga sekarang, kemampuan sosial pasti akan selalu dibutuhkan. Di masa depan pun seseorang yang memiliki kecerdasan sosial tinggi pasti akan diburu. Kecerdasan sosial yang dimaksud di antaranya kemampuan dalam bernegosiasi, memperluas jaringan, dan keahlian dalam beradaptasi di lingkungan yang baru. Kelebihan tersebut akan sangat membantu perusahaan di masa yang akan datang.

Nah sebaiknya kamu mulai melatih kecerdasan sosial dari sekarang. Bagaimana caranya? Misalkan dengan aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi, kemasyarakatan, dan memberanikan diri bertemu orang baru untuk memperluas relasi.

2. Penguasaan digital

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/picjumbo.com

Digitalisasi mulai merambah ke segala bidang, terutama dalam dunia bisnis. Baik sistem pemasaran, keuangan, pengaturan karyawan, hingga sistem pengawasan, sudah terintegrasi dengan teknologi digital. Seseorang yang memiliki kemampuan penguasaan digital akan sangat diperlukan di dunia bisnis ke depannya.

Meskipun tidak semua bisnis di zaman sekarang menggunakan teknologi digital dalam operasionalnya, namun di masa depan pasti bisnis akan terintegrasikan dengan cepat. Hal ini karena sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari digitalisasi bisnis. Termasuk untuk pengelolaan sosial media, up date informasi-informasi baru, dan menjalankan aplikasi penting seperti Microsoft Word, Excel, dan sebagainya.

3. Berpikir kritis

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/Teddy tavan

Seseorang yang memiliki kebiasaan berpikir kritis sangat dibutuhkan di perusahaan, terutama dalam pertimbangan pengambilan keputusan dan pencarian solusi. Seseorang yang berpikir kritis dipercaya memiliki wawasan yang luas daripada yang tidak, sehingga seluruh ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh orang tersebut akan sangat berguna bagi perusahaan.

Selain itu, dalam menciptakan ide-ide baru, sangat diperlukan kemampuan berpikir kritis. Apalagi di dalam dunia yang serba cepat ini dengan bergantinya tren secara signifikan. Apabila tidak ada orang yang memiliki kemampuan seperti ini, perusahaan tersebut tidak akan bisa bertahan lama.

4. Berpikir kreatif dan inovatif

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/Thirdman

Kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dan menciptakan ide-ide baru sangatlah dibutuhkan di dalam perusahaan. Pada era sekarang yang serba cepat, ide-ide lama juga akan cepat tergantikan. Terlebih banyaknya pesaing yang lebih kreatif dan inovatif, sebuah tantangan yang tidak terelakkan.

Karenanya, perusahaan harus bisa mendapatkan karyawan yang lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan produk-produk baru atau cara-cara terbaik dalam mengefisiensikan pekerjaan.

5. Kemampuan meneliti dan menganalisa situasi

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/fauxels

Kemampuan dalam mengukur situasi, mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, dan mengelolanya serta mengomunikasikan informasi tersebut kepada yang lain merupakan kemampuan yang sangat penting.

Memahami masalah yang terjadi di dalam perusahaan, mencari penyebab masalah tersebut dan menganalisanya adalah titik penting yang vital bagi perusahaan. Karenanya, kemampuan ini sangatlah penting bagi perusahaan di masa depan.

6. Keahlian dalam kepemimpinan

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/RODNAE Productions

Semakin lama akan semakin sulit untuk memimpin orang-orang karena diprediksi akan kian banyak orang-orang yang berbohong atau menutupi jati dirinya. Terkadang orang ketika berada di depan seseorang yang dihormatinya, maka dia akan menjadi versi terbaik dirinya. Namun apabila di belakang dirinya, malah terlihat bermalas-malasan, berperilaku buruk, atau tindakan lain yang merugikan perusahaan.

Dari sinilah pentingnya seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan yang dibutuhkan untuk memimpin dan memandu orang-orang-orang ke jalan yang semestinya sesuai dengan keinginan perusahaan. Pemimpin mampu memotivasi karyawan agar dapat bekerja secara maksimal dan mengkoordinasikan dengan baik sesuai dengan kemampuan masing-masing.

7. Kemampuan manajemen

7 Soft Skill yang Diburu Perusahaan di Masa Depan Pexels.com/Edmond Dantes

Manajemen merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Seseorang yang memiliki kemampuan manajemen yang baik, bearti mampu mengelola sumber daya di dalam perusahaan. Sumber daya yang dimaksud seperti sumber daya modal, manusia, dan mesin yang akan selalu diupgrade sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kemampuan manajemen itu dibarengi dengan skill komunikasi yang baik, ahli dalam mengambil keputusan, dapat membagi waktu dengan baik, kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, hingga membuat perencanaan yang baik.

Nah itulah beberapa soft skill yang nantinya akan diburu perusahaan di masa depan. Mulai persiapkan diri kamu ya!

Ardy Leonardy Photo Community Writer Ardy Leonardy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya