Comscore Tracker

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!

Kamu harus nyempetin tidur di tengah kerja

Power nap adalah tidur siang dalam durasi waktu yang singkat, yaitu antara 20 sampai 30 menit. Cara tidur seperti ini dinilai bermanfaat untuk menghilangkan rasa mengantuk pada siang hari, akibat aktivitas yang dilakukan. Melakukan power nap di siang hari bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan energi. Jadi power nap ini bisa mengembalikan energi dan meningkatkan produktivitas kerja

Namun rasanya belum semua perusahaan di Indonesia menyediakan fasilitas untuk tidur siang bagi karyawannya. Tapi gak perlu khawatir, berikut ini lima cara power nap di tempat kerja. Apa saja? Simak artikel berikut ini, menurut General Practitioner sekaligus Medical Editor di HelloSehat, dr Damar Upahita.

Baca Juga: 5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!

Baca Juga: 5 Informasi Tambahan di Surat Lamaran Kerja, Harus Detail

1. Pilih waktu yang tepat

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!ilustrasi jam kerja (pixabay.com/TaniaRose)

Kamu pasti memahami bahwa pada saat bekerja ada aturan jam kerja yang harus dijalani oleh setiap karyawan. Tidak serta merta karyawan bisa langsung tidur siang ketika merasakan kantuk di tengah aktivitas bekerjanya. Dia perlu memilih waktu yang tepat untuk bisa tidur sejenak di tempat kerja.

Pilihlah waktu untuk power nap pada saat jam istirahat atau snack break. Biasanya durasi waktu istirahat siang adalah satu jam, maka luangkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit untuk tidur siang dan sisa waktu lainnya dimanfaatkan untuk makan siang atau beribadah.

Bagi perusahaan yang menerapkan snack break sekitar 15 menit, maka waktu tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk tidur sejenak oleh karyawan.

2. Cari tempat yang nyaman

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!ilustrasi tidur saat bekerja (pixabay.com/daha3131053)

Carilah tempat yang nyaman untuk melakukan tidur siang di tempat kerja. Tempat yang nyaman bisa memengaruhi kualitas power nap yang dilakukan. Pilih tempat yang sepi, dan memang disediakan untuk beristirahat agar aktivitas tidur siangmu tidak terganggu atau mengganggu aktivitas orang lain yang sedang bekerja.

Jangan asal memilih lokasi untuk tidur siang di tempat kerja karena bisa berdampak negatif, misalnya ditegur atasan karena tertidur di sofa lobi kantor. Hindari tidur siang di tempat yang berbahaya misalnya di gudang karena berisiko kejatuhan barang.

3. Pasang alarm sebelum tidur

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!foto hanya ilustrasi (Pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush)

Sangat disarankan untuk memasang alarm agar bisa terbangun tepat waktu selama tidur siang di tempat kerja. Jika memungkinkan, kamu bisa meminta tolong rekan kerja untuk segera membangunkanmu pada waktu yang diinginkan.

Tanpa melakukan setting alarm bisa berisiko kebablasan tidur siang. Misalnya kamu hanya berniat untuk tidur selama 20 menit, namun malah terlalu lama hingga 2 jam. Alih-alih mendapatkan manfaat power nap, malah ditegur atasan karena tidur kelamaan di jam kerja.

4. Durasi tidur

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!ilustrasi durasi tidur (pixabay.com/Katniss12)

Durasi untuk melakukan power nap biasanya singkat berkisar antara 20 hingga 30 menit. Durasi ini cukup untuk menghilangkan rasa kantuk akibat lelah bekerja dan mengembalikan energimu.

Tidak disarankan untuk tidur terlalu lama pada saat bekerja. Walaupun memiliki banyak manfaat, tidur siang dengan durasi yang terlalu lama tentu tidak diizinkan saat bekerja. Hal ini karena kamu telah memotong waktu bekerja untuk tidur yang pastinya akan menimbulkan masalah.

5. Jangan mengonsumsi minuman berkafein sebelumnya

5 Tips Power Nap di Tempat Kerja, Isi Ulang Energimu!ilustrasi kopi (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Banyak orang yang mengawali waktu bekerja dengan meminum teh atau kopi. Jika berniat untuk melakukan power nap pada jam istirahat siang, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Minuman mengandung kafein dipercaya mampu menghilangkan rasa kantuk. Bisa-bisa kamu tidak jadi melakukan power nap karena rasa kantuknya menghilang.

Itulah beberapa cara melakukan power nap di tempat kerja. Tidur siang sejenak memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Tak ada salahnya coba diterapkan di tempat kerja asalkan tidak sampai memotong jam kerja yang berlaku.

Rinda Septiana Photo Community Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya