Comscore Tracker

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!

Masih ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh

Mendapatkan pekerjaan memang bukan perkara mudah. Selain harus melewati serangkaian proses pendaftaran, juga mesti mampu bersaing dengan pendaftar lainnya. Apalagi tidak ada jaminan ketika sudah lolos satu tahap, bakal lolos ke tahap selanjutnya. Tidak hanya itu, kita pun harus siap mengeluarkan biaya persiapan, minimal untuk makan dan transportasi. 

Setelah melewati semua proses yang panjang, tentu akan ada pendaftar yang diterima dan ada pula yang akhirnya mengalami penolakan. Jika ditolak, perasaan sedih pasti menghampiri. Apalagi penolakan tersebut datangnya dari perusahaan yang sudah diidamkan. 

Meskipun demikian, kamu jangan langsung menyerah karena penolakan bukanlah sebuah akhir. Tetaplah berusaha sampai nanti mendapatkan pekerjaan. Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan jika lamaran pekerjaanmu ditolak:

Baca Juga: Jangan Takut! 5 Tips Menghadapi Atasan yang Genit

1. Evaluasi curriculum vitae dan portofolio

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!ilustrasi mengevaluasi (unsplash.com/Scott Graham)

Tidak dapat dipungkiri bahwa hal utama yang dilihat oleh recruiter adalah curriculum vitae (cv) yang kamu berikan. Jika kamu mengalami penolakan, maka lakukanlah evaluasi terhadap cv tersebut. Beberapa hal yang dapat kamu evaluasi adalah relevansi atau kesesuaian dengan kualifikasi posisi yang dilamar, kejelasan informasi, serta evaluasi juga apakah termasuk cv ATS friendly atau tidak.

Selain itu, evaluasi juga portofolio yang dimiliki, pastikan sudah mempresentasikan yang terbaik dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Evaluasi yang dilakukan dapat menjadi dasar perbaikan, sehingga ke depannya tidak terulang kesalahan yang sama dan membuat diri lebih siap dalam melamar posisi yang diinginkan.

2. Perluas koneksi kamu

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!ilustrasi perkenalan (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Koneksi yang luas menjadi salah satu hal penting dalam dunia profesional. Koneksi yang terjalin dengan baik dapat membentuk jaringan profesional yang berguna bagi karier yang akan atau sedang dijalani.  

Banyak sekali manfaat yang didapat jika memiliki koneksi yang luas. Misalnya berupa informasi, rekomendasi serta dukungan juga didapat, dan tidak terbatas pada hal tersebut, peluang serta kesempatan baru pun bisa diperoleh. 

3. Tingkatkan kompetensi dan skill

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!ilustrasi belajar (unsplash.com/Wes Hicks)

Cobalah untuk menengok diri dan sadari apa kekurangan kamu. Jika memang kompetensi dan skill yang dimiliki masih basic, maka persiapkan diri untuk belajar demi meningkatkan kedua hal tersebut.

Ikutilah sebuah pelatihan atau kursus yang dapat meningkatkan kompetensi dan skill, tentunya yang relevan dengan pekerjaan yang diidamkan. Teruslah belajar dan beradaptasi karena persaingan dunia kerja sangat ketat dan terus-menerus mengalami perkembangan.

4. Tetap aktif dan produktif

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!ilustrasi produktif (unsplash.com/Andreas Klassen)

Penolakan mungkin akan kamu alami, tetapi jangan sampai membuat diri terpuruk, kemudian menyerah. Cobalah untuk terus aktif melamar ke perusahaan lain. Bisa saja rezekimu untuk diterima memang berada di perusahaan lain, maka dari itu tetaplah bersemangat.

Masa-masa penolakan tersebut juga dapat kamu gunakan untuk menjalankan proyek pribadi atau melakukan pekerjaan lain, sehingga hari-harimu menjadi tetap produktif.

5. Berkonsultasi dengan seorang profesional

5 Tips Jika Lamaran Pekerjaanmu Ditolak, Jangan Menyerah!ilustrasi konsultasi (unsplash.com/Kenny Eliason)

Jika semua upaya sudah dilakukan dan masih saja mengalami penolakan, sudah saatnya berkonsultasi dengan seseorang yang professional di bidangnya. Ceritakan hal yang dialami dan latar belakang dirimu. Lalu mintalah saran atau nasihat, serta bantuan untuk kariermu.

Berkonsultasi dengan seorang profesional memungkinkan kamu memperoleh informasi, strategi dalam berkarier, sehingga peluang kerja pun meningkat.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan jika lamaran pekerjaan ditolak. Cobalah satu per satu dan jangan cepat menyerah. Teruslah berproses dan berprogres. Dengan begitu kesempatan dirimu mendapatkan pekerjaan akan lebih tinggi. Semangat selalu, ya!

Rani Rahayu Photo Community Writer Rani Rahayu

Menulis untuk bermanfaat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya