Comscore Tracker

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerja

Semua tergantung dari kamu ya

Menemukan pekerjaan yang tepat ternyata gak mudah ya. Antara jumlah lapangan pekerjaan yang minim dan banyaknya jumlah pelamar kerjanya jadi timpang, serta tingginya kualifikasi yang diterapkan perusahaan, membuat pekerjaan menjadi sesuatu yang perlu diperjuangkan.

Begitu pula ketika sudah bekerja. Tugas yang diberikan dan imbalan yang diterima menjadi tidak seimbang. Apakah kamu masih tetap mempertahankannya?

Tanda-tanda ini membuatmu harus memilih: apakah terus bertahan atau sebaiknya resign?

1. Waktu dihabiskan untuk bekerja

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjahollywoodreporter.com

Normalnya jam kerja berlaku selama 8 jam dalam sehari. Lebih dari 8 jam, patutnya dihitung sebagai lembur. Jika kamu dalam sehari diharuskan bekerja selama lebih dari 8 jam dan itu tidak dihitung sebagai lembur, ada baiknya kamu menimbang-nimbang lagi.

Baca Juga: 5 Cara Introvert Menghilangkan Grogi Saat Interview Kerja

2. Tidak punya kehidupan

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjawww.pinterest.com

Karena waktumu banyak tersita untuk pekerjaan, otomatis sisa waktu yang kamu punya untuk melakukan kegiatan lain jadi amat terbatas. Kamu jadi kesulitan memiliki waktu untuk me time, family time, dan friend time. Apapun yang sedang kamu lakukan, kapan pun, dan di mana pun kamu berada, pekerjaan selalu menghantuimu.

Kalau sudah seperti ini, pikir-pikir lagi deh. Meskipun kamu seorang workaholic, tidak seharusnya pekerjaan menjajah hidupmu!

3. Makan seingatnya, tidur seperlunya

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjadramabeans.com

Ini juga beberapa dampak dari pekerjaan yang berlebihan. Biasanya, seseorang sampai rela menahan lapar dan bergadang hingga tidak tidur demi pekerjaan. Kalau setiap hari kamu bekerja seperti ini, kesehatanmu bisa terganggu.

Bahkan nyawamu pun bisa jadi taruhannya. Sudah banyak lho kejadian pekerja yang tewas akibat terlalu lelah bekerja.

4. Gaji tak setimpal

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjawww.koreaboo.com

Sudah bekerja lebih dari waktu yang berlaku, tidak dihitung lembur, ternyata gaji yang kamu terima tak setara dengan perjuangan yang telah kamu lakukan. Sudah lelah, jumlah uang yang kamu terima tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk ongkos pergi bekerja sekalipun. Pikir-pikir lagi deh.

5. Kurang dipercaya atasan

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjadramabeans.com

Atasan sering meminta kamu mengerjakan ini dan itu. Tapi, seringkali hasil kerjamu mendapat kritikan pedas darinya, dan hal itu terjadi setiap hari. Menurut atasan, hasil kerjamu masih banyak kekurangan. Bukan karena kamu tak becus bekerja, tapi karena atasan terlalu menuntut kesempurnaan sehingga hasil kerjamu selalu kurang di matanya.

6. Dimanfaatkan rekan kerja

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjawww.dramabeans.com

Ada rekan kerja yang sering bersikap manis sama kamu? Jangan terkecoh ya. Di dunia kerja, istilah teman makan teman juga berlaku. Memang sih sebaiknya kamu tak asal curiga, tapi sebaiknya waspada.

Teman kerja yang sikapnya terlampau manis dan baik hati bisa jadi punya modus tersembunyi. Kalau kamu sudah termakan bujuk rayu mereka, kamu bakal kesulitan menolak segala permintaan mereka. Jadi dimanfaatin terus deh kamunya.

7. Kurang apresiasi

7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerjawww.hancinema.net

Kamu sudah mengerahkan segala upaya terbaikmu saat bekerja, dan itu sudah berlangsung cukup lama. Tapi tetap saja kamu tidak berkembang di tempat kerjamu dan tak ada perubahan ke arah yang lebih baik.

Bukannya mengajarimu untuk bersikap picik. Tapi jika kamu sudah memberikan yang terbaik, sudah selayaknya kamu mendapat atau menerima yang terbaik juga. 

Mendapatkan dan memiliki pekerjaan adalah rezeki. Tapi bukan berarti kamu harus sampai menyiksa diri dan mengorbankan hidupmu demi pekerjaan.

Semoga kamu bisa mempertimbangkan banyak hal ya setelah membaca artikel ini.

Baca Juga: Jangan Sedih! Ini 7 Cara Menghadapi Teman Sekantor yang Resign

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Anisa Luciana di IDN Times Community dengan judul 7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaan

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya