Comscore Tracker

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang Toxic

Bagaimana dengan tempat kerja kamu?

Memiliki sebuah pekerjaan, tentu sangat bearti, sehingga seseorang tetap ada pendapatan untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari. Apalagi jika perusahaan sangat supportif dan begitu peduli dengan kesehatan mental karyawannya.

Namun sayangnya masih banyak tempat kerja yang justru malah menekan karyawannya. Hal itu tentu memberi pengalaman kerja tidak menyenangkan. 

Apakah itu artinya kamu lemah atau kurang termotivasi sehingga tidak bisa menikmati pekerjaan? Apakah kamu menjadi malas karena lingkungan pekerjaan yang tidak sehat?

Biar kamu tidak terjebak dalam lingkungan kerja yang tidak sehat, cek yuk di bawah ini tanda-tanda tempat kerja toxic:

Baca Juga: Iming-Iming Kerja di Uni Eropa, WNI Kerja Ilegal di Turki 

1. Komunikasi yang buruk  

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang Toxicunsplash/frantic

Komunikasi antara karyawan dan atasan yang buruk, sangat berpotensi menimbulkan lingkungan kerja yang tidak sehat. Banyak karyawan yang merasa bahwa dirinya tidak didengar dan kesulitan menjalankan tugas yang diberikan karena tidak ada komunikasi antara sesama karyawan dan antara karyawan dengan atasan.

Kondisi itu memengaruhi kinerja karyawan dan membuat mereka sering salah paham dan saling menyalahkan karena tidak ada komunikasi yang baik antara mereka dan atasannya. 

Kesulitan karyawan dalam menyampaikan pendapatnya juga bagian dari komunikasi yang buruk. Karyawan yang merasa ketakutan untuk menyampaikan pendapatnya, akan membuat mereka tidak termotivasi dalam bekerja.

2. Banyak gosip dan beredar berita tidak benar

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang Toxicunsplash.com/@benwhitephotography

Banyak beredar berita yang tidak benar, akan membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman dan tidak kondusif, sehingga akan sulit membangun kerja tim yang baik. Mereka menjadi sulit mempercayai satu sama lain karena kabar yang beredar. 

Tidak hanya gosip antara karyawan, tapi juga gosip mengenai atasan yang tidak benar, tentu akan membuat hubungan antara karyawan dan atasan renggang. Akibatnya, tidak ada kepercayaan dan bisa membuat lingkungan kerja kurang nyaman dan memengaruhi kinerja karyawan.

3. Atasan yang toxic

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang Toxicilustrasi orang toxic. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak atasan yang sering menyalahkan bawahannya bila target perusahaan tidak tercapai. Hal ini tentu membuat karyawan semakin tidak bersemangat dalam meraih target.

Tidak sedikit juga bahkan atasan yang tidak menghormati batasan karyawannya sehingga membuat mereka tidak nyaman. Mulai dari candaan yang berbau seksis atau menghina gendernya hingga tidak menghormati urusan pribadi karyawannya. 

Atasan yang juga sering menyerang bawahannya yang menyampaikan pendapat dan tidak mau menerima masukan, serta sering merasa paling benar, juga termasuk sangat toxic

Selain itu, atasan yang sering melakukan bullying kepada karyawannya dan juga sering mengatakan “kalian beruntung memiliki pekerjaan, bersyukur banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan”, adalah tanda atas toxic lain yang perlu kamu perhatikan.

4. Karyawan sering merasa burnout

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang ToxicIlustrasi stres karena kerjaan. Pexels.com/Andrea Piacquadio

Karyawan sering merasa tidak termotivasi dan burnout. Adapun burnout adalah suatu keadaan di mana tubuh, mental, dan emosional kelelahan akibat stres yang berkepanjangan.

Apabila pekerjaanmu sering membuatmu merasa stres berkepanjangan hingga memengaruhi fisik dan mental, maka kamu perlu waspada. Itu termasuk tanda bahwa tempat kerjamu toxic

5. Sering terjadi turnover

Sering Tertekan di Kantor? Ini Tanda-tanda Tempat Kerja yang ToxicPexels/Yan

Banyak karyawan yang sering mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lain sehingga terjadi pergantian karyawan. Kondisi seperti ini termasuk tanda lain dari tempat kerja yang tidak baik bagi kesehatan mental kamu.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Apakah ada masalah dengan karyawan atau manajemen? Itu adalah hal yang perlu kamu tanyakan bila menghadapi situasi ini.

Hal ini perlu ditanyakan karena bila hal tersebut kerap terjadi, akan membuat karyawan lain merasa tidak nyaman dan memiliki beban kerja yang lebih banyak. 

Tak hanya itu, sering terjadinya turnover juga menunjukkan adanya masalah dalam internal perusahaan sehingga hal tersebut dapat memengaruhi karyawan yang ada di dalamnya. 

Nah itulah beberapa tanda tempat kerja yang toxic. Apakah tempat kerja kamu seperti itu?

Faurizky Alifiyah Photo Community Writer Faurizky Alifiyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya