Comscore Tracker

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang 

Tetap semangat ya untuk maju

Dalam dunia kerja, semua orang mendambakan kemajuan karier. Memiliki karier yang terus melejit, sudah pasti jadi impian setiap orang. Namun untuk mencapai posisi karier yang diimpikan tersebut, tidaklah seperti membalikkan telapak tangan. Melainkan memerlukan perjuangan yang besar.

Bahkan tidak jarang segala usaha yang telah dilakukan untuk mencapai kemajuan karier, ternyata hasilnya sia-sia. Apa yang terjadi ternyata jauh dari ekspektasi. Lalu apa yang salah? Mungkin ada beberapa hal yang luput dari perhatian dan belum dilakukan dengan maksimal. Nah berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk mengembangkan karier:

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Jika Kamu Terlalu Perfeksionis

1. Perbanyak pengalaman dalam berbagai hal

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang Potret seorang wanita sedang belajar (pecels.com/Artem Podrez)

Dalam dunia kerja, pengalaman adalah hal yang begitu berarti. Karena dengan pengalaman, seseorang akan memiliki kemampuan yang lebih mumpuni. Coba ingat pengalamanmu ketika pertama kali bekerja dan catat hal-hal apa saja yang jadi kelebihan dan kekuranganmu. Di sinilah titik kamu dapat mengembangkan kariermu. 

Dengan berbagai pengalaman yang telah dijalani, kamu akan lebih matang dari segi pengetahuan, keterampilan, dan menangani banyak hal. Seorang karyawan yang memiliki pengalaman lebih, akan berpeluang besar untuk dinaikkan jabatannya oleh atasan.

2. Meningkatkan kemampuan dan skill

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang Potret wanita sedang melukis (pexels.com/Andrea Piacquaido)

Jika kamu saat ini masih memiliki skill dan kemampuan yang masih terbilang standar, maka saatnya kini untuk meningkatkan skill. Di era serba digital ini, seseorang yang kurang memiliki kemampuan dalam suatu hal, akan berpotensi untuk tertinggal, bahkan sulit untuk mencari pekerjaan.

Maka dari itu, latih terus skill kamu. Misalnya dalam hal mengoperasikan komputer. Kamu harus terus berlatih agar menguasai berbagai program dan perkembangan teknologi. Dengan begitu, progres kariermu akan berkembang.

3. Memperluas relasi dengan rekan kerja

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang Potret pertemanan (pexels.com/Julia M Cameron)

Ketika bekerja di tempat manapun, jangan sampai kamu menjadi seseorang yang egois. Sikap itu dapat berpengaruh pada kariermu sehingga jadi tersendat. Terus perluas relasi, terutama dengan rekan kerja agar bisa saling bertukar pikiran.

Dengan memiliki hubungan dan relasi yang kuat, kamu dan rekan kerjamu akan menjadi sebuah tim yang kompak. Atasanmu juga pasti akan merasa senang dan kariermu akan terus maju.

4. Disiplin dalam segala hal

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang Potret wanita sedang melihat jam tangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Memiliki jiwa disiplin wajib dimiliki semua orang, terutama bagi seorang pekerja. Di manapun dan bagaimanapun pekerjaanmu, disiplin adalah hal yang harus selalu diterapkan.

Selesaikan pekerjaan tepat waktu dengan baik dan buat daftar prioritas. Dengan begini, semua kerjaanmu akan terselesaikan dengan baik dan atasanmu akan puas dengan hasil kerja kamu. Yuk, terus latih dan terapkan jiwa disiplin.

5. Memiliki pribadi yang baik

5 Tips Agar Karier Kamu Terus Berkembang Potret pria memegang buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selalu jaga sikap dan attitude dalam semua hal, termasuk dalam dunia kerja. Berbuat baiklah pada semua rekan kerja dan jangan berperilaku semena-mena. Sikap rendah hati akan membuatmu disukai banyak orang, termasuk atasanmu.

Terus bersikap baik dan barengi dengan semua kemampuan serta keahlian. Dengan demikian, kamu akan jadi karyawan yang diperhitungkan dan posisi jabatanmu akan berpotensi untuk berkembang. 

Nah itu beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengembangkan karier. Semoga bermanfaat ya. 

Erina Syahda Evelyna Photo Community Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya