Comscore Tracker

6 Fakta Film Sepeda Presiden Garapan Sutradara Garin Nugroho

Siap-siap untuk nonton Desember 2021 mendatang ya

Film Sepeda Presiden menjadi penanda 40 tahun sutradara Garin Nugroho berkarya dalam dunia perfilman. Film ini dikemas sebagai film keluarga yang mengajak penonton untuk bernyanyi dan bergembira dengan menggandeng anak-anak Papua dan sejumlah artis ternama.

Kapan film ini akan tayang? Apa kejutan yang dihadirkan sang sutradara dalam film ini? Sebelum kita membahas lebih detail soal film Sepeda Presiden, simak dulu yuk di bawah ini fakta-fakta pembuatan film Sepeda Presiden:

Baca Juga: 5 Fakta Film Venom: Let There Be Carnage, Sudah Nonton Belum?

1. Poster resmi sudah dirilis di acara Bali International Film Festival

Poster resmi film Sepeda Presiden sudah dirilis di acara Bali International Film Festival (Balinale) yang diselenggarakan di XXI, Park 23, Minggu (14/11/2021). Film ini diproduksi oleh rumah produksi Radepa Studio dan akan tayang pada Natal, 25 Desember 2021 mendatang.

“Untuk Natal,” ungkap Garin pada Selasa (17/11/2021).

2. Film Sepeda Presiden sebagai perjalanan kebahagiaan

Dalam film ini, sutradara Garin Nugroho menggandeng beberapa artis, di antaranya Ariel Tatum, Sita Nursanti, Ian William, dan Joanita Idol. Selain itu, ada tiga anak Papua berbakat yakni Arnold Asmuruf, dan Franken Ramandei, dan Elias Pandawa.

Nuansa kebahagiaan dalam film ini ditampilkan melalui 15 lagu dalam warna tradisi Papua, pop kreatif, dan RAP, sebagai hasil kerjasama dengan RPM. Garin menyebutkan film ini sebagai perjalanan kebahagiaan yang ia dedikasikan sebagai wujud kerinduannya kepada film anak-anak.

“Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta akting, tari, dan nyanyi, serta kegembiraan,” ungkapnya.

3. Representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia

Film Sepeda Presiden ini adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia. Ceritanya mengungkap tentang impian sebagian besar anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama.

Kebahagiaan itu sebagaimana yang dimiliki oleh saudara-saudara lainnya, seperti kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan. Film ini dinilai merupakan sebuah literasi, baik digital maupun informasi.

4. Merekam kebahagiaan Aril Tatum dan tiga sahabat anak Papua menaiki sepeda

6 Fakta Film Sepeda Presiden Garapan Sutradara Garin NugrohoFilm Sepeda Presiden. (instagram.com/garin_film)

Dalam film tersebut terekam kebahagiaan Aril Tatum dan tiga sahabat anak Papua bersama-sama menaiki sepeda. Di salah satu sudut shooting yang diambil saat perekaman film ini memperlihatkan keakraban Ariel Tatum di antara anak-anak Papua.

5. Shooting dilakukan di 5 pulau, Papua

Satu di antara beberapa lokasi shooting film Sepeda Presiden adalah Pulau Doom, Raja Empat, Papua. Garin menyebutkan, tim melakukan shooting dilakukan di 5 pulau. Garin mencatatkan kalimat yang sangat kuat dalam proses pembuatan film ini.

“Setiap wilayah budaya memiliki tubuh sebagai pustaka akting yang berbeda. Tubuh Papua adalah tubuh menari dan menyanyi. Selalu memberi inspirasi bekerja sama dengan komposer, vokalis, dan dancer Papua. Gerak kaki yang menghidupkan bumi.”

6. Sang sutradara telah meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dan internasional

6 Fakta Film Sepeda Presiden Garapan Sutradara Garin NugrohoSutradara Garin Nugroho. (IDN Times/Ayu Afria)

Garin Nugroho yang lahir 6 Juni 1961 ini, pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah Perancis yakni “The Chevalier dans L’odre des arts et letters”. Ia juga memperoleh penghargaan tertinggi dari Pemerintah Italia, “Stella D’Italia Cavaliere”, serta Lifetime Achievement Award Bangkok International Film Festival, dan Honorary Award Singapura International Film Festival.

Film Cinta Dalam Sepotong Roti merupakan film panjang pertama Garin yang dirilis tahun 1990 silam. Ia juga pernah meraih Piala Citra di ajang Festival Film Indonesia. Belum lama ini sang sutradara menampilkan karya teaternya, Planet A Lamen, sebuah nyanyian tentang alam dari Melanesia. Pertunjukkan tersebut ditampilkan keliling dari Australia, Belanda, hingga Jerman.

Nah itu beberapa fakta pembuatan film Sepeda Presiden garapan sutradara Garin Nugroho. Siap-siap nonton saat Natal nanti ya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya