Comscore Tracker

Risih Rambut Kemaluan Tumbuh Panjang? Jangan Dicukur Gundul Ya

Bisa berbahaya lho ternyata

Siapa sih yang tidak ingin tampil bersih, khususnya di area organ intim. Namun kadang-kadang seseorang yang mengabaikan risiko ketika rambut yang tumbuh di sekitar organ intim mereka semakin panjang. Banyak yang masih melakukan tindakan berisiko dengan mencukur rambut kemaluan atau rambut pubis sampai gundul. Padahal cara itu sesungguhnya tidaklah tepat.

Simak berikut penjelasan dari Konsultan Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, dr I Ketut Surya Negara SpOG (K) MARS, yang diwawancarai IDN Times Senin (3/2) lalu:

1. Meski hasilnya lebih rapi, namun risiko infeksinya juga tinggi

Risih Rambut Kemaluan Tumbuh Panjang? Jangan Dicukur Gundul YaIDN Times/Ayu Afria

Dokter Surya menyampaikan, perempuan biasanya mencukur rambut kemaluan lebih pendek atau bahkan sampai gundul agar terlihat rapi. Namun cara seperti itu justru risiko infeksinya sangat tinggi. Alangkah baiknya untuk menghindari cara seperti ini.

"Jangan dikuris (Dicukur), itu bisa lecet. Akar rambutnya lecet. Malah akan infeksi,” jelas, pada Senin (3/2).

2. Digunting saja rambut kemaluannya, tapi jangan sampai gundul

Risih Rambut Kemaluan Tumbuh Panjang? Jangan Dicukur Gundul YaIDN Times/Ayu Afria

Cara yang tepat untuk mengatasi rambut pubis yang panjang adalah menggunting tapi jangan sampai gundul. Rapikan saja di bagian ujung-ujungnya. Selain itu, alat guntingnya juga harus bersih. “Prinsipnya sama seperti orang akan operasi. Tidak harus habis ya, karena mikro-mikro trauma justru akan memicu timbulnya infeksi,” jelas dokter Surya.

3. Kenapa rambut kemaluan tidak boleh dicukur sampai habis?

Risih Rambut Kemaluan Tumbuh Panjang? Jangan Dicukur Gundul YaPexels.com/FOX

Melansir dari situs alodokter.com, rambut pubis memiliki banyak manfaat. Yaitu mencegah terjadinya iritasi kulit ketika organ intim bergesekan dengan pakaian dalam. Termasuk mengurangi iritasi ketika berhubungan seksual, karena rambut kemaluan bisa sebagai bantalan untuk organ intimmu.

Manfaat yang kedua adalah melindungi dari bakteri maupun kotoran. Coba kamu bayangkan ketika rambut kemaluan dicukur gundul. Bakteri maupun kotoran akan mudah masuk secara langsung ke dalam organ intim.

Lalu manfaat yang ketiga adalah folikel rambut kemaluan bisa memproduksi sebum, yang fungsinya untuk mencegah bakteri berkembang biak. Sehingga tidak sampai terjadinya infeksi.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Rambut Kemaluan, Ternyata Bisa Beruban loh!

Topic:

  • Ayu Afria Ulita Ermalia
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya