Comscore Tracker

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan 

Bisa jadi sayur sampai obat lho! 

Badung, IDN Times - Apakah kamu pecinta tanaman hias? Jika iya, pasti kamu tahu bunga dengan daun yang sangat indah kan? Ya, itulah bunga Miana. Dalam bahasa Latin disebut Coleus atropurpureus. Daun bunga Miana ternyata memiliki banyak manfaat lho, bisa diolah menjadi sayur hingga obat. 

Pemilik akun Facebook Ki sempat membagikan resep mengolah daun Miana di sebuah grup komunitas. Nah, simak yuk di bawah ini manfaat daun Miana, dari jadi sayuran sampai obat yang manjur:

Baca Juga: 10 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bisa Dukung Imun!

1. Daun Miana bisa diolah menjadi sayur dan rempeyek

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan Facebook.com/Ki

Miana bisa diolah menjadi sayur dan berbagai macam masakan. Lalu bagaimana tahapan pengolahannya?

Pertama, pilihlah daun Miana yang masih muda, lalu dicuci bersih. Setelah itu, rebus air dengan garam sampai benar-benar mendidih. Kemudian masukkan daun Miana dan rebus sampai empuk.

Setelah empuk, tiriskan dan cuci dengan air dingin. Peras daun Miana tersebut sampai bersih. Barulah Miana siap diolah sesuai selera.

Sementara itu, akun Facebook lainnya, Juwita Bagus, juga mengunggah olahan daun Miana yang dibalut tepung dan digoreng menjadi rempeyek Miana.

2. Miana berdaun merah pekat bisa dijadikan obat batuk

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan Facebook.com/Ki

Pemilik akun Facebook Erfin R Tangdilintin menuliskan bahwa bagi orang Toraja, Miana disebut Bulunangko. Selain untuk makanan tradisional, juga bisa dijadikan obat batuk, terutama bagi Miana berdaun merah pekat.

"Kami orang Toraja, Miana atau Bulunangko bukan bunga, tapi sayuran. Buat kami orang Toraja, bahkan sebagai makanan tradisional orang Toraja dicampur daging atau ikan," tulisnya.

Daun Miana ini, ia katakan, tidak perlu direbus atau diperas dulu. Namun langsung dicampur daging atau ikan dan dimasak. Biasanya orang Toraja memasaknya dalam bambu atau yang disebut Pa'piong.

3. Daun Miana bermanfaat untuk mengatasi wasir hingga mengobati sakit perut

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan Facebook/Juwita Bagus

Pemilik akun Facebook Juwita Bagus menyebutkan bahwa Miana memiliki segudang manfaat. Dari mengatasi wasir, membantu mengobati bisul, menurunkan demam dan menyembuhkan panas dalam, meringankan gejala batuk, mengatasi gangguan saat menstruasi, mengobati diabetes, mengobati sakit perut, hingga mencegah radikal bebas.

Akun Facebook lainnya, Elina Yo menambahkan bahwa neneknya dulu suka membuat nasi goreng yang dicampur dengan irisan halus daun Miana.

4. Daun Miana dapat mempercepat penyembuhan luka

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan Facebook/Ki

Dilansir dari berbagai sumber jurnal, diketahui bahwa setelah dilakukan analisis fitokimia terhadap ekstrak daun Miana, ternyata di dalamnya ada kandungan kimia berupa saponin, steroid, tanin, minyak atsiri, eugenol, senyawa polifenol, alkaloid, etil salisilat, kalsium oksalat, senyawa rosmarinic acid, dan flavonoid.

Tumbuhan ini mempunyai khasiat untuk meredakan rasa nyeri, sebagai antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antibakteri, dan dapat mempercepat penyembuhan luka.  

5. Daun Miana bisa digunakan untuk meredakan demam

Gak Cuman Tanaman Hias, Ini Deretan Manfaat Daun Miana Buat Kesehatan ilustrasi demam (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilansir dari Popmama.com, diketahui bahwa daun Miana juga bermanfaat untuk mengatasi demam pada anak-anak. Bagaimana caranya?

Nah, cara membuatnya cukup mudah lho. Hanya perlu merebus beberapa lembar daun beserta batang daun Miana dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan menyusut kira-kira hingga 2 gelas.

Setelah air rebusan dingin, arahkan anak untuk meminumnya sebanyak setengah gelas saja agar suhu tubuhnya kembali normal.  

Selain itu, daun Miana juga bisa digunakan untuk mengobati bisul dan meredakan mata merah. Ambillah beberapa helai daun Miana dan cuci hingga bersih. Kemudian kompreskan duan miana yang masih basah tersebut di bagian mata merah. 

Nah itu beberapa manfaat daun Miana. Sudah siap untuk mengaplikasikannya?

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya