Comscore Tracker

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokan

Bukan ke Bali kalau belum pernah cobain ini

Baru-baru ini, tepatnya bulan Juli lalu, Pulau Bali masuk dalam daftar 15 pulau terbaik di dunia oleh Majalah pelesir populer bernama Travel and Leisure. Bali ada di urutan kedua dan mendapat skor 94,06 setelah Pulau Jawa yang memperolah 95,28. Maka tak salah bila Bali selalu jadi jujugan favorit para wisatawan lokal maupun internasional. Termasuk kamu, bukan?

Buat kamu yang ingin liburan ke Bali, ada rekomendasi kuliner yang wajib dicoba nih. Yakni minuman tradisional khas Bali. Beberapa minuman khas ini memiliki rasa yang unik, mulai manis, asam, pahit, gurih hingga pahit. Pengin mencobanya?

Berikut ini tujuh varian minuman tradisional khas Bali yang wajib kamu coba.

1. Es daluman

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokaninstagram.com/imeldapurnama

Baca Juga: 8 Kafe Instagenic di Seminyak ini Bikin Feed Instagram Kamu Keren

Bahan baku dari es daluman adalah cincau hijau. Cara penyajiannya pun sedikit berbeda. Yakni ada tambahan santan dan gula merah yang dicairkan. Minuman ini sangat segar. Apalagi jika diminum saat siang hari. Kamu bisa menemukan es daluman ini di beberapa warung tradisional di Bali hingga kafe yang menjual kuliner khas Bali.

Harganya bermacam-macam, sesuai tarif yang ditentukan oleh warung ataupun kafe yang menjualnya. Tapi yang pasti, harga untuk segelas minuman es daluman ini biasanya di bawah Rp10 ribuan.

2. Es tambring

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokanshutterstock.com/Ariyani Tedjo

Es tambring merupakan kombinasi dari es, daging kelapa muda dan putih telur. Unik juga ya. Meski ada putih telurnya, tapi minuman ini tak berbau amis lho. Sebab ada tambahan bahan lain seperti gula Jawa dan asam Jawa. Ya, anggap saja kamu seperti minum STMJ (Susu, telur, madu dan Jahe).

3. Es kuwut

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokaninstagram.com/makanmana

Es kuwut berkomposisi serutan daging kelapa muda, biji selasih, melon dan kucuran jeruk nipis. Bisa kamu bayangkan bagaimana rasanya, kan? Es kuwut ini segar jika diminum siang hari. Apalagi ada tambahan jeruk nipis yang mengandung vitamin C sebagai daya tahan tubuh.

4. Es loloh cemcem

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokanvillabalisale.com

Es loloh merupakan minuman herbal khas Bali yang disukai. Karena rasanya segar dan bagus untuk kesehatan. Di antaranya mampu menjaga tekanan darah, mencegah bau badan dan masih banyak lagi.

Varian minuman loloh dibuat dari daun-daunan. Seperti daun cemcem, daun sirih, daun dhapdhap atau jarak pagar. Rasanya komplit dari manis, asin, pedas sampai sedikit pahit.

5. Es bir

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokaninstagram.com/imeldapurnama

Jangan tertipu ya. Namanya memang bir, tapi sama sekali tidak mengandung alkohol. Karena bahan dasar es bir ini terdiri dari es kelapa muda dengan tambahan jeruk nipis. Rasanya manis asin. Serutan daging kelapa mudanya paling juara. Kalau diteguk saat siang hari, pasti mantap banget.

6. Es gula

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokaninstagram.com/rujaktepisawah

Terbuat dari campuran air, es batu dan sirup. Sirup ini asalnya dari gula yang dicairkan, lalu dikasih pewarna makanan. Sederhana memang tapi segarnya beneran maksimal. Warnanya juga menarik. Ada merah, hijau dan lainnya.

Minuman ini selalu ada di rumah makan lokal Bali. Jadi mudah banget dicari. Es gula paling cocok buat teman pendamping makanan pedas. Dijamin langsung bikin tenggorokan adem.

7. Es kolak ancruk

7 Minuman Es Tradisional Khas Bali ini Bikin Segar di Tenggorokandeskgram.net/deliciousbali

Baca Juga: Mengunjungi Pura Lebaoh Nusa Ceningan, Cocok Untuk Yoga & Meditasi

Ini minuman khas Singaraja. Terdiri dari kolak, ancruk, bubur sumsum, kolang kaling, es serut, sirup, agar-agar dan kuah santan.

Ancruk sebenarnya mirip jenang grendul dari Jawa. Bahan dasarnya dari tepung ketan yang dicampur air panas, lalu dibentuk bulatan. Sedangkan kolaknya diolah bersama potongan pisang matang, gula pasir, daun pandan dan santan.

Kamu bakalan mudah menemukan minuman ini di Singaraja. Di antara ketujuh minuman di atas, ada yang sudah pernah kamu coba?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Fatiya di IDN Times Community dengan judul 7 Minuman Dingin Khas Bali Ini Segarnya Nempel Seharian, Adem!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You