Comscore Tracker

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kos

Biar gak makan mi instan melulu

Sebagai anak kos, baik kuliah ataupun bekerja, pasti selalu pusing tujuh keliling memilih bahan makanan yang tidak gampang busuk. Jika sudah pusing begini, pasti pilihan akhirnya tertuju pada mi instan. Tapi kebanyakan mengonsumsi mi instan juga tidak baik bagi kesehatan.

Nah, inilah bahan makanan yang bisa jadi pilihan anak kos. Bisa tahan sampai 1 minggu bahkan 1 bulan di suhu ruangan, jadi kamu gak sering-sering ke pasar deh.

Baca Juga: Resep Ayam Betutu Bali, Pedasnya Bikin Nagih Terus Nih!

1. Sayur kubis atau sayur kol

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/auntmasako

Sayur kubis atau sayur kol mudah ditemui di pasar tradisional maupun swalayan. Warnanya putih atau hijau. Berbentuk bulat dan terdapat lembaran-lembaran daun. Harganya juga cocok untuk anak kos, sekitar Rp10.000 sampai Rp 15.000 per kilogram.

Ketahanan sayur kubis ini bisa sampai 1 minggu atau lebih, asalkan disimpan di tempat yang sejuk. Segera keluarkan kubis dari kantong belanja setelah membelinya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Tipat Blayag Khas Bali

2. Sawi

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/allybally4b

Sawi juga tidak sulit ditemukan di pasar tradisional maupun swalayan. Berwarna putih atau hijau. Biasanya 1 kilogram sawi seharga Rp10.000 sampai Rp15.000. Tahan selama 1 minggu di suhu ruangan dengan cara penyimpanan di tempat sejuk.

3. Wortel

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/congerdesign

Sayuran bewarna oranye ini terkenal sangat bagus untuk mata. Untuk melengkapi gizimu selama ngekos, wortel sangat cocok dimasukkan ke dalam list belanja bulanan.

Tahan selama 1 minggu di suhu ruangan, tetapi wortel perlahan akan berkeriput jika terlalu lama disimpan. Meskipun begitu, wortel masih bisa dikonsumsi.

4. Telur

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/stevepb

Pasti sudah tahu dong kalau telur merupakan bahan makanan serbaguna yang dapat kamu simpan di suhu ruangan. Kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan atau sebagai bahan tambahan untuk membuat kue atau makanan lainnya. Telur dapat disimpan selama 14 hari di suhu ruangan.

5. Ubi

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/auntmasako

Ubi memiliki banyak jenis dan terkenal dengan rasanya yang manis serta bernutrisi. Selain itu, ubi juga merupakan sumber karbohidrat yang cocok sebagai bahan pengganti nasi dan juga sumber protein yang melimpah.

Ubi bisa tahan sampai 1 bulan di suhu ruangan, dengan catatan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

6. Kentang

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/wounds_and_cracks

Kentang merupakan bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi setelah beras dan gandum. Kentang merupakan makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Kentang dapat bertahan sampai 2 minggu di suhu ruangan.

Jika disimpan di tempat yang kering dan tidak terkena paparan sinar matahari, kentang bisa tahan sampai 2 bulan.

7. Tahu

7 Bahan Makanan yang Awet Tanpa Kulkas, Cocok Untuk Anak Kospixabay.com/allybally4b

Pasti kamu tidak menyangka jika tahu akan masuk ke dalam list ini, kan? Kamu akan berpikir bahwa tahu berbahan boraks saja yang bakalan tahan di suhu ruangan. Tahu sebenarnya bisa tahan di suhu ruangan selama 1 minggu jika disimpan dengan cara yang benar.

Cukup keluarkan tahu dan buang airnya, lalu pindahkan ke tempat kedap udara. Isi dengan air bersih sampai tahu terendam sepenuhnya, kemudian tutup wadah tersebut hingga tidak ada udara yang masuk. Ganti air sesering mungkin agar tahu tidak cepat masam.

Itu tadi adalah bahan makanan yang awet tanpa kulkas. Kamu yang anak kos tidak usah bingung lagi jika ingin berbelanja kebutuhan makan. Jadi gak perlu makan mi instan setiap hari deh.

CAHYA Photo Community Writer CAHYA

light [lʌɪt]: understanding of a problem or mystery; enlightenment

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya