Comscore Tracker

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di Denpasar

Ada yang jualan online lho kalau malas keluar rumah

Galungan yang jatuh pada Rabu Kliwon wuku Dungulan, atau tepatjya tanggal 8 Juni 2022 adalah hari raya suci umat Hindu di Bali. Hari raya yang diperingati setiap 210 hari ini membutuhkan beberapa sarana upacara yang akan dihaturkan kepada para Dewata atau Ida Sesuhunan dan leluhur. Satu di antara sarana upacara yang paling banyak digunakan adalah buah-buahan.

Buah-buahan menjadi sarana pokok yang harus ada dalam pembuatan banten atau persembahan untuk Galungan. Bingung mau beli buah di mana? Kota Denpasar ada beberapa rekomendasi tempat untuk membeli buah-buahan dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Berikut ini tempat membeli buah untuk Galungan di Denpasar.

Baca Juga: 5 Hari Suci Sebelum Perayaan Galungan di Bali

1. Pasar tradisional di seluruh Kota Denpasar

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarSituasi Pasar Kreneng, Denpasar. (instagram.com/rianlenjik)

Tempat yang bakalan ramai sebelum Hari Raya Galungan adalah pasar tradisional. Untuk membeli buah-buahan segar, umat Hindu di Bali biasanya membeli ke pasar-pasar tradisional yang sudah cukup populer seperti:

  • Pasar Buah Batu Kandik di Desa Padang Sambian atau bisa melalui Jalan Cargo, Ubung, Denpasar
  • Pasar Badung di Jalan Gajah Mada, Denpasar
  • Pasar Kreneng di Jalan Kamboja, Denpasar
  • Pasar Renon di Jalan Tukad Yeh Aya, Renon, Denpasar
  • Pasar Suda Mertha Sidakarya di Jalan Sidakarya, Denpasar.

Masyarakat memilih mengunjungi pasar tradisional karena buahnya lebih segar dan bisa menawar harga.

Baca Juga: Makna Penjor Untuk Hari Raya Galungan

2. Nyoman's Fruit

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarToko online Nyoman's Fruit. (instagram.com/nyomansfruit)

Pedagang buah-buahan yang satu ini tidak memiliki toko permanen. Hal ini karena mereka menjual buahnya secara online.

Walaupun tidak terlalu banyak jenisnya, namun buah-buahan yang mereka miliki cukup sering dicari oleh konsumen seperti apel fuji, jeruk mandarin, jeruk sunkist, anggur, kelengkeng, leci, buah pir, pisang, dan lainnya.

Menurut pemilik Nyoman's Fruit, Saylow, jenis buah yang dijual memang tidak banyak. Namun pihaknya menawarkan kualitas buah-buahan yang sudah dipilih. Selain itu, unggulan lainnya adalah menyediakan layanan antar sampai ke rumah pembeli.

"Pembeli tidak perlu ke luar rumah, biarkan kami yang mengantarkan belanjaannya ke rumah mereka," ujar Saylow, ketika ditemui di rumahnya daerah bilangan Ubung, Selasa (31/5/2022) lalu.

Untuk memesannya, kamu cek saja langsung di akun Instagram @nyomansfruit. Nyoman's Fruit juga menyediakan paket parcel buah-buahan untuk keluarga atau kerabat yang merayakan Galungan atau hari raya lainnya.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan

3. Moena Fresh

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarToko buah Moena Fresh. (instagram.com/moenafresh)

Moena Fresh termasuk toko buah legendaris di Bali. Moena Fresh memiliki cabang di beberapa daerah Kota Denpasar seperti :

  • Moena Fresh Dalung di Jalan Raya Padang Luwih, Dalung
  • Moena Fresh Gatot Subroto, Jalan Gatot Subroto Tengah
  • Moena Fresh A Yani, Jalan Ahmad Yani Utara
  • Moena Fresh Panjer, persimpangan Jalan Tukad Barito dan Jalan Tukad Batanghari.
  • Moena Fresh Tohpati, Jalan WR Supratman, Tohpati
  • Moena Fresh Sanur, Jalan Danau Buyan, Sanur.

Moena Fresh memiliki beragam jenis buah-buahan dengan berbagai macam kategori kualitas untuk hotel, supermarket, rumah tangga, pedagang buah keliling, dan lainnya. Toko ini juga menyediakan paket parcel buah-buahan segar.

4. UD Istana Buah

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarUD. Istana Buah. (instagram.com/ud.istanabuah)

UD Istana Buah terletak di Jalan Buluh Indah Nomor 777, dan Jalan Ternate. Toko yang terletak di jalan utama ini beroperasi dari pukul 08.00 hingga 21.00 Wita.

Toko ini memiliki cukup banyak jenis buah lokal hingga impor. Jenis buah yang dijual seperti sunkist USA, anggur Peru, jeruk murcot, hingga apel Fuji untuk buah impor.

Sedangkan untuk jenis buah lokal ada kelengkeng, mangga, salak, semangka, dan beberapa buah yang dipanen matang dari pohon. Kamu juga bisa membeli buah secara eceran maupun grosiran di tempat ini.

5. Rajawali Buah Grosir

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarToko Rajawali Buah Grosir. (tangkapan layar maps.google.com/Khuznul Faizin)

Buat kamu yang berada di daerah Kelurahan Panjer, bisa mengunjungi toko Rajawali Buah Grosir di Jalan Mandala Sari Nomor 32X. Rajawali Buah Grosir biasanya melayani pedagang buah di seputaran Kota Denpasar.

Toko ini terkenal menawarkan harga buah segar yang terjangkau. Walaupun sebagai distributor buah-buahan, toko ini juga melayani pembeli eceran juga lho. Tapi tentunya dengan harga yang berbeda.

6. Tiara Dewata

6 Tempat Membeli Buah-buahan untuk Galungan di DenpasarSupermarket Tiara Dewata. (instagram.com/tiaradewatadenpasar)

Supermarket legendaris di Kota Denpasar ini jadi lokasi masyarakat yang memerlukan kebutuhan untuk Hari Raya Galungan, termasuk buah-buahan. Buah-buahan di Tiara Dewata Jalan Sudirman ini cukup beragam. Harganya mirip seperti di pasar tradisional. Bedanya, kamu gak bisa nawar harga di Tiara Dewata karena sudah tertera.

Buah lokal, buah impor, hingga parcel ada di supermarket ini. Selain itu, kebutuhan lainnya terkait Hari Raya Galungan juga disediakan. Kamu bisa berbelanja di Tiara Dewata mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita.

H-3 perayaan Galungan, umat Hindu di Bali mulai berbelanja keperluan sembahyang. Pasar-pasar tradisional, supermarket, atau tempat belanja lainnya akan dipadati pembeli. Semoga kamu mendapatkan buah dalam segar dan tidak busuk ya.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya