Comscore Tracker

5 Tempat Makan Masakan Ikan Laut Tradisional Khas Bali

Gak cuma di Jimbaran aja lho, daerah lain juga ada!

Ikan laut mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti protein, asam lemak omega 3, vitamin D, zat besi, dan lainnya. Makanya, kamu disarankan untuk menyantap ikan laut sebagai hidangan keluarga sehari-hari.

Bali juga memiliki banyak tempat makan yang menyediakan olahan ikan laut. Tentunya ikan laut di tempat makan ini diolah menggunakan bumbu-bumbu tradisional Bali. Kamu bisa cek artikel berikut ya! Berikut deretan tempat makan masakan ikan laut tradisional khas Bali.

Baca Juga: 5 Kuliner Tradisional Bali Halal di Denpasar, Recommended!

1. Warung Lesehan Merta Sari, Pesinggahan

Jika kamu sedang melakukan traveling ke daerah timur Pulau Bali, sebaiknya menyempatkan untuk singgah ke Warung Lesehan Merta Sari. Lokasinya berada di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, tepatnya di sebelah selatan Pura Goa Lawah.

Mereka menyediakan olahan ikan tuna seperti pepes, satai tusuk, satai lilit, dan kuah ikan laut. Cukup dengan merogoh uang mulai Rp20 ribu, kamu sudah bisa menikmati seporsi nasi ikan laut di Warung Lesehan Merta Sari yang berisi lauk pepes, satai tusuk, satai lilit, kuah, serta sayur plecing kangkung dan kacang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner di Nusa Dua, Ada yang Populer Lho

2. Warung makan di Pantai Lebih

Pantai Lebih di Kabupaten Gianyar terdapat beberapa lokasi kuliner ikan laut yang bisa kamu coba. Rata-rata warung makan di Pantai Lebih menyajikan menu seperti ikan bakar, pepes, sate ikan laut, bakso ikan laut, dan aneka masakan ikan laut lainnya.

Semua masakan tentunya diolah dengan bumbu tradisional khas Bali. Harganya mulai Rp20 ribuan. Ikan di tempat ini berasal dari tangkapan nelayan setempat, sehingga masih segar. Selain mencoba makanannya, kamu juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

3. Resto di sepanjang Pantai Jimbaran

Desa Jimbaran di Kabupaten Badung merupakan lokasi favorit wisatawan yang ingin mencari kuliner seafood. Hampir di sepanjang Pantai Jimbaran terdapat berbagai macam resto yang menyuguhkan menu-menu olahan ikan laut seperti cumi, kerang, ikan bakar, udang, lobster, dan sebagainya.

Kamu bisa memilih sendiri ikan segar kesukaan, yang nantinya diolah menggunakan bumbu-bumbu khas Jimbaran. Rata-rata harga makanannya mulai Rp80 ribuan. Selain menikmati makanan yang dihidangkan, pengunjung bisa menikmati suasana pantainya yang sangat indah terutama di kala matahari terbenam.

4. Warung Sate Ikan Laut Sari Alit

5 Tempat Makan Masakan Ikan Laut Tradisional Khas BaliNasi campur ikan laut Sari Alit. (youtube.com/Zia Alia Nugroho)

Masakan ikan laut khas Bali juga bisa dinikmati di daerah Kelurahan Tohpati, Kota Denpasar, tepatnya di Warung Sate Ikan Laut Sari Alit. Kamu bisa menikmati olahan ikan laut seperti pepes, satai tusuk, satai lilit, dan bakso ikan.

Harga seporsi nasi ikan laut tidaklah mahal. Kamu cukup merogoh uang Rp18 ribu saja, sudah bisa menikmati nasi beserta pepes, satai tusuk, satai lilit, bakso ikan laut yang dilengkapi sayur urap, dan sambal matah. Letaknya persis di pinggir Jalan Tohpati menuju Batubulan, tepatnya Jalan WR Supratman Nomor 332, atau area depan Balai Diklat Industri Denpasar.

5. Warung Pondok Rasa

Warung Pondok Rasa terletak di Jalan Raya Kapal Nomor 16, Desa Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Warung ini menyediakan ikan laut bakar khas Jimbaran. Jadi, jika kamu gak perlu mengunjungi Pantai Jimbaran jika tidak sempat.

Menu yang bisa dicoba sangat beragam seperti ikan bakar, kerang bakar, cumi bakar, udang bakar, beraneka sayur, dan minuman segar. Menu favorit di tempat ini adalah ikan dan kerang bakar yang menggunakan bumbu pedas manis.

Jika sedang berkunjung ke Bali, sebaiknya kamu mencoba masakan ikan laut tradisional khas Bali dari tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. Tentunya, masakan dengan bumbu tradisional khas Bali memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan daerah lain.

ari budiadnyana Photo Community Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya