Comscore Tracker

Indonesia Harus Transformasi Ekonomi untuk Jadi Negara Maju di 2045

Dibahas dalam pertemuan di Bali

Badung, IDN Times - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyatakan telah menghimpun inovasi dari masyarakat untuk mengatasi tantangan industri pembangunan dalam negeri. Hal ini dibahas dalam acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022 bertajuk The 2024 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation.

Acara tersebut digelar selama dua hari, pada Senin (21/11/2022) dan Selasa (22/11/2022) di Jimbaran, Kabupaten Badung. Tahun ini IDF juga membahas strategi industrialisasi untuk kebijakan pembangunan industri.  

Baca Juga: Fakta-fakta C20: Saatnya Masyarakat Sipil Ikut Membahas Isu Global

1. Bappenas susun agenda transformasi ekonomi Indonesia yang disebut bernilai tambah tinggi

Indonesia Harus Transformasi Ekonomi untuk Jadi Negara Maju di 2045Acara puncak Indonesia Development Forum (IDF) 2022. (IDN Times/Ayu Afria)

Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Taufik Hanafi, dalam sambutannya mengungkapkan saat ini Bappenas sedang menyusun agenda transformasi ekonomi Indonesia yang mengedepankan sektor industri dalam transisi menuju negara maju. Khususnya untuk melepaskan ketergantungan dari sektor ekstraktif serta menciptakan ekonomi yang lebih produktif. IDF disebut akan menjadi masukan penting dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

"Sektor industri akan mengakselerasi proses transformasi melalui penciptaan produk yang bernilai tambah tinggi, pemanfaatan teknologi dan peningkatan kapasitas sumber daya sehingga pada akhirnya akan turut berkontribusi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan," ungkapnya.

2. Pembangunan ekonomi harus menyertakan ide-ide inovatif masyarakat

Indonesia Harus Transformasi Ekonomi untuk Jadi Negara Maju di 2045ilustrasi inovasi (pixabay.com/geralt)

Pada Juni 2021 lalu, IDF melalui inspiring session menjaring gagasan pembangunan dari 1.400 responden yang terdiri dari akademisi, praktisi, serta perwakilan kementerian lembaga. Lalu pada Maret 2022 lalu dilakukan kegiatan sebagai diseminasi gagasan  masyarakat yang terkumpul melalui karya-karya terpilih. Terdapat 10 inovasi produk, 11 inovasi program proyek, 9 inovasi platform aplikasi digital, dan 13 inovasi riset.

"Diidentifikasi dapat menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi berbagai tantangan industrialisasi di Indonesia," jelasnya.

Selain itu juga diselenggarakan diskusi antara pemangku kepentingan, pemerintah pusat, dan daerah untuk memberikan ide dan solusi dalam mengatasi tantangan pembangunan.

3. Ke depan ada empat sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia

Indonesia Harus Transformasi Ekonomi untuk Jadi Negara Maju di 2045https://www.dreamstime.com/

Sementara itu, Mantan Menteri Riset dan Teknologi 2019-2021, Bambang Brodjonegoro, mengatakan Indonesia memiliki 4 sumber pertumbuhan ekonomi untuk ke depannya. Empat sumber tersebut di antaranya manufacturing, services, economy digital, dan green economy.

Dalam hal manufacturing ini, Indonesia dianggap sudah sangat berhasil melakukan transformasi ekonomi tahun 1990. Pada tahun 1990, besaran proporsi manufacturing terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hampir mencapai 30 persen.

“Pada saat itu kita tinggal sejengkal lagi menjadi negara industri. Unfortunately, there was 1998 Asian Financial Crisis that basically menyetop semua impian, semua harapan yang kita tunggu waktu itu,” ungkapnya.

Saat ini menurutnya Indonesia berada di golongan negara dengan ekonomi menengah sehingga untuk menjadi negara maju di 2045, Indonesia membutuhkan transformasi ekonomi. Di mana Indonesia harus benar-benar mencari sumber pertumbuhan yang mampu mengangkat Indonesia masuk menjadi negara maju.

Jika dibandingkan dengan negara lainnya, penyebab Indonesia lama berada di golongan ekonomi menengah adalah karena Indonesia terjebak pada industri garmen. Sementara negara lain sudah melaju dengan industri elektroniknya. Selain itu, Indonesia masih dihadapkan dengan terbatasnya Riset and Development (R&D) untuk menciptakan product development atau produk baru. Indonesia juga disebut perlu untuk memaksimalkan branding.

Indonesia Harus Transformasi Ekonomi untuk Jadi Negara Maju di 2045ilustrasi seorang pekerja digital nomad (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sementara itu dalam hal services atau ekspor impor jasa, industri jasa Indonesia diharapkan agar berbenah untuk mengimbangi ekspor culture yang saat ini dinila luar biasa.

Ekspor jasa yang potensial di Indonesia adalah seperti yang dilakukan di Bali yakni sektor pariwisata. Selain itu juga digital nomad di Bali, yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi. Dalam membuat ekonomi digital berkembang adalah entrepreneurship yang muncul dengan startup.

“Kita harus mulai mengeksplore apa yang bisa kita ekspor dari sektor jasa. Saya tekankan ini masalah ekspor jasa harus kita perhatikan secara serius,” jelasnya.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya