Comscore Tracker

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Boros

Suka traveling tapi ingin tetap hemat? terapkan aja ini

Traveling merupakan kebutuhan sekunder setiap orang yang perlu dipenuhi, di mana tujuannya untuk memperoleh rasa bahagia, mengatasi burnout dalam bekerja, menghabiskan momen bersama keluarga, dan lainnya.

Namun, ada kalanya traveling dapat menghabiskan biaya yang tak sedikit. Mulai dari biaya untuk membeli peralatan yang dibutuhkan, transportasi, maupun perlengkapan traveling lainnya. Wah, banyak juga, ya.

Walau begitu, kamu gak perlu khawatir. Meskipun kegemaranmu jalan-jalan, kamu masih bisa berhemat, lho. Terapkan 5 cara menabung untuk traveling berikut ini.

Baca Juga: Sejarah Tari Kecak, Jadi Seni Pertunjukan Gara-gara Orang Jerman

1. Tentukan ke mana tempat tujuan travelingmu dan buatlah rencana keuangannya

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Borosilustrasi orang traveling (pexels.com/GabrielaPalai)

Sebelum liburan alangkah baiknya kamu sudah mengetahui akan pergi ke mana. Dengan begitu, kamu dapat membuat anggaran untuk traveling ke tempat tersebut. Buatlah anggaran secara rinci dan jelas.

Kamu bisa tentukan anggaran mulai dari biaya transportasi, tempat menginap, makanan, tiket, dan lainnya. Untuk mengantisipasi kebutuhan yang datang secara tiba-tiba, jangan lupa juga untuk menyiapkan dana cadangannya juga, ya.

Baca Juga: Tradisi Ngedeblag di Desa Kemenuh Gianyar, Mirip Halloween

2. Bangun komitmen untuk menabung dari awal

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Borosilustrasi menabung (unsplash.com/TowfiquBarbhuiya)

Satu penyebab gagalnya proses menabung ialah karena tidak adanya komitmen dalam mempertahankan kebiasaan menabung tersebut. Entah karena banyak distraksi atau godaan yang menjadikan seseorang ingin menghabiskan uang dengan boros. Jika hal itu terjadi padamu, mulailah untuk membangun komitmen dan tingkatkanlah motivasi menabung dari awal.

Motivasi tersebut bisa didapat dengan melihat kembali tujuan yang ingin dicapai. Contohnya dengan memajang foto tempat liburan yang kamu incar. Hal tersebut dapat menjadi penyemangat untuk mengumpulkan uang.

3. Carilah penghasilan tambahan

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Borosilustrasi memegang uang (pexels.com/AlexanderMils)

Untuk memudahkan dalam proses menabung, kamu dapat mencari sumber penghasilan tambahan. Dengan adanya internet, kamu dapat mulai mencari pemasukan tambahan seperti berjualan online, menjadi content creator, content writer, dan masih banyak lagi.

Manfaatkanlah potensi atau kemampuan unik yang kamu miliki untuk menghasilkan income tambahan. Selain dapat cuan, kamu jadi bisa menyalurkan hobi menulis yang bermanfaat untuk orang lain juga.

4. Kamu perlu memiliki tabungan khusus untuk traveling

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak Borosilustrasi mengambil uang di atm (unsplash.com/NickPampoukidis)

Kamu perlu memisahkan antara tabungan untuk traveling dan kebutuhan lain. Hal tersebut dilakukan agar dana traveling tidak terpakai atau terpotong untuk memenuhi keperluan lainnya. Dengan begitu, uang untuk traveling juga dapat terkumpul lebih cepat.

Tak hanya itu, kamu juga dapat memantau perkembangan jumlah tabungannya secara lebih jelas, karena sudah dipisahkan sebelumnya. Yuk bikin tabungannya sekarang.

5. Kamu bisa mulai berinvestasi

5 Cara Menabung Untuk Traveling, Biar Gak BorosIlustrasi berinvestasi (unsplash.com/TowfiquBarbhuiya)

Langkah selanjutnya adalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, nilai uang kamu dapat bertambah lebih konsisten. Berbeda dengan menabung yang menggunakan jasa perbankan, di mana nilai uangnya bisa saja berkurang secara perlahan.

Namun kamu perlu mempertimbangkan instrumen investasi yang akan digunakan. Sesuaikanlah instrumen investasi dengan profil risiko yang kamu punya. Sehingga kamu akan nyaman dalam berinvestasi.

Seperti itulah 5 tips pintar menabung untuk traveling. Semangat, guys!

Nurjanah Photo Community Writer Nurjanah

Bismillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya