Comscore Tracker

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat Terbang

Mending ikuti aturan daripada kenapa-kenapa

Keselamatan penerbangan menjadi prioritas utama. Selain para krunya, penumpang juga berperan besar dalam keamanan penerbangan. Satu di antaranya melalui barang--barang bawaannya. Misalnya, maskapai Batik Air mewajibkan calon penumpang memperhatikan barang bawaannya, terutama gadget.

Apa saja barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat? Selain membawa senjata tajam, cairan berbahaya, dan sejenisnya, berikut lima hal yang tidak boleh kamu lakukan selama di dalam pesawat:

Baca Juga: 5 Kafe dan Resto Healthy Food di Canggu Hingga Ubud Bali

1. Menghidupkan smartphone dan koneksi internet

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat TerbangUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Menurut keterangan Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam rilis yang diterima oleh IDN Times, Minggu (1/8/2021) menyebutkan Batik Air mewajibkan setiap penumpang untuk mematikan smartphone dan koneksi internet ketika berada di dalam pesawat, lepas landas, mendarat, maupun ketika pesawat ada di landasan parkir (Apron). Ini tentu berlaku untuk semua maskapai ya. Tidak ada pengecualian.

2. Membawa produk MacBook Pro produksi tahun 2015

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat Terbangdigitalartsonline.co.uk

Penumpang dilarang membawa produk MacBook Pro (Retina 15-Inchi) produksi 2015 yang dipasarkan pada periode September 2015 sampai Februari 2017 sebagai bagasi tercatat atau terdaftar (Checked baggage) dan kargo.

Jika dibawa sebagai bagasi kabin, Lion Air Group mengharuskan penumpang supaya mematikannya selama penerbangan, termasuk tidak dalam keadaan sleep mode.

Menurut Danang, kebijakan tersebut berdasarkan aturan yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DGCA), Federal Aviation Administration (FAA) atau Federasi Penerbangan Federal AS, European Union Aviation Safety Agency (EASA) serta regulasi dari IATA Dangerous Goods Regulations (Special Provisions A154) mengenai larangan membawa MacBook Pro tersebut.

“Bahwa ditemukan permasalahan pada baterai laptop di produk Apple tersebut yang berpotensi menimbulkan gangguan (Hazard) terhadap faktor keselamatan perjalanan udara,” jelasnya.

3. Tidak diperbolehkan melakukan isi daya baterai selama di dalam penerbangan

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat TerbangIlustrasi isi daya baterai (Pexels/Rawpixel)

Setiap penumpang dapat mengisi penuh daya baterai smartphone sebelum keberangkatan, agar nantinya juga bisa menikmati Batik Entertainment. Namun penumpang tidak diperkenankan mengisi ulang baterai selama dalam penerbangan.

4. Tidak boleh membawa powerbank 20.000 mAh

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat Terbang2b.com.eg

Batik Air masih memberlakukan pelarangan membawa dan menggunakan perangkat portabel pengisi daya tambahan bateri (Powerbank) selama berada di dalam pesawat.

Sesuai aturan, powerbank berkapasitas daya maksimum 100 Wh atau 20.000 mAh hanya boleh dibawa ke kabin, dan dilarang masuk ke dalam bagasi yang tercatat atau terdaftar (checked baggage).

Sedangkan powerbank dengan kapasitas 100 sampai 160 Wh atau 20.000 sampai 32.000 mAh harus ada persetujuan dari Lion Air Group, serta powerbank lebih dari 160 Wh dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat.

“Sebelum keberangkatan, setiap tamu atau penumpang wajib melapor ke petugas secara detail tentang kapasitas powerbank yang dibawanya,” jelas Dana.

5. Beberapa barang lain yang berbahaya untuk dibawa ke dalam pesawat:

5 Larangan yang Gak Boleh Kamu Lakukan Selama di dalam Pesawat TerbangIlustrasi senjata api. (Pixabay.com/Brett_Hondow)

Sementara itu dilansir dari berbagai sumber, beberapa barang lain yang juga diatur pelarangannya dalam kabin pesawat di antaranya:

  • Benda cair dalam jumlah tertentu misalnya peralatan mandi seperti sampo, sabun, dan parfum
  • Benda tajam dan senjata api seperti alat potong kuku, pinset alis, pisau cukur, pisau, gunting, senjata panah, airsoft gun, ketapel, dan sejenisnya
  • Benda tumpul contohnya tongkat baseball, tongkat blliar, dayung, tongkat golf, kail pancing, peralatan bela diri, dan beberapa lainnya
  • Bahan peledak, mudah terbakar, dan bahan kimia
  • Produk segar dan olahan hewan yang berpotensi menyebarkan bakteri
  • Minuman beralkohol lebih dari 140 proof
  • Barang-barang beraroma tajam seperti buah nangka, durian, terasi dan lainnya
  • Material radioaktif
  • Koper dengan instalasi perangkat alarm.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya