Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Sekitar Nusa Dua dan Harga Tiketnya

Nusa Dua sebagai lokasi pelaksanaan KTT G20 

Kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, memiliki tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Water Blow, Peninsula Island, Museum Pasifika, dan lainnya.

Selain di dalam kawasan, di sekitar Nusa Dua juga terdapat beberapa tempat wisata lho. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit hingga 30 menit ke lokasi wisata. Apa saja? Berikut 5 tempat wisata di sekitar Nusa Dua Bali yang bisa dikunjungi.

Baca Juga: 10 Kuliner Bali di Sekitar Lokasi KTT G20, Wajib Coba

Baca Juga: Asal-usul Nama Nusa Dua, Tempat Berlangsungnya KTT G20 Bali

1. GWK Cultural Park

5 Tempat Wisata di Sekitar Nusa Dua dan Harga TiketnyaPatung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali. (instagram.com/gwkbali)

Tempat wisata ini memiliki ikon yang unik. Yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang merupakan patung tertinggi keempat di dunia. Lokasi GWK Cultural Park ada di Jalan Raya Uluwatu, tidak jauh dari Nusa Dua. Tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi utama gala dinner bagi kepala negara hingga para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20).

Berkunjung ke GWK Cultural Park tidak hanya untuk melihat Patung GWK saja. Banyak aktivitas menarik di sini seperti menonton pertunjukan seni spektakuler yang diadakan setiap hari, menonton film animasi pendek petualangan Garuda Cilik di Garuda Sineloka, kamu bisa menyewa sepeda, segway, dan skutis.

Harga tiket masuk ke GWK Culutral Park seperti dilansir dari situs resminya Gwkbali.com adalah Rp60 ribu untuk warga yang memiliki KTP Bali, dan untuk wisatawan domestik Rp75 ribu.

2. Water Sport di Tanjung Benoa

Kalau suka memicu adrenalin, kamu wajib mengunjungi Desa Tanjung Benoa. Karena di desa ini banyak beragam wahana permainan atau olahraga air (water sport) di antaranya jet ski, parasailing, kite surfing, banana boat, hingga flying fish.

Selain water sport, kamu mengunjungi Pulau Penyu, snorkeling, scuba diving, dan sea walker. Harga permainan tersebut bervariasi, mulai harga Rp80 ribu.

Desa Tanjung Benoa menjadi tempat favorit water sport karena lautnya memiliki ombak yang tenang dan aman untuk semua kalangan. Begitu memasuki kawasan Desa Tanjung Benoa, kamu akan langsung melihat deretan penyedia layanan water sport di sepanjang pantai Tanjung Benoa.

3. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung merupakan tempat persembahyangan umat Hindu yang memiliki keunikan karena berdiri kokoh di ujung dinding karang. Kamu akan disajikan oleh pemandangan yang sangat menakjubkan, cocok sebagai spot foto yang menarik.

Selain menikmati keindahan panorama alamnya, kamu juga bisa menikmati pementasan Tari Kecak pada saat sunset atau matahari terbenam. Pementasan Tari Kecak di area Pura Uluwatu ini sangat populer, dan selalu dipenuhi oleh wisatawan. Pementasan kecak dimulai pada pukul 18.00 Wita.

Harga tiket masuk ke Pura Uluwatu adalah Rp30 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket menonton Tari Kecak adalah Rp150 ribu untuk dewasa, dan Rp75 ribu untuk anak-anak.

4. Pantai Pandawa dan Pantai Melasti

5 Tempat Wisata di Sekitar Nusa Dua dan Harga TiketnyaPantai Melasti. (instagram.com/melastibeach.official)

Tidak jauh dari kawasan Nusa Dua, terdapat dua tempat wisata pantai yang sangat populer, yaitu Pantai Pandawa dan Pantai Melasti yang sama-sama berada di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Kedua pantai ini dibuka dengan cara membelah tebing karang sebagai akses jalan menuju pantai.

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, sedangkan Pantai Melasti berada di Desa Ungasan. Pantai Pandawa lebih dulu dibuka daripada Pantai Melasti. Secara pemandangan maupun pantainya hampir sama, asyik untuk menyaksikan sunset.

Pengunjung akan disambut oleh patung-patung Pandawa berukuran besar begitu memasuki kawasan Pantai Pandawa. Sedangkan Pantai Melasti lebih banyak beach club yang berjejer di sepanjang pantai.

Harga tiket masuk ke Pantai Pandawa adalah Rp8 ribu untuk orang dewasa, Rp4 ribu untuk anak-anak, dan untuk parkir mobil sebesar Rp5 ribu untuk mobil dan Rp2 ribu untuk sepeda motor.

Sedangkan tiket masuk ke Pantai Melasti Rp15 ribu untuk dewasa, anak-anak Rp10 ribu, parkir mobil Rp5 ribu,dan sepeda motor Rp2 ribu.

5. Pura Goa Gong

5 Tempat Wisata di Sekitar Nusa Dua dan Harga TiketnyaSuasana di dalam Pura Goa Gong. (youtube.com/Pengabdi Zeus)

Jika menyukai wisata spiritual, kamu tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi pura di dalam gua. Namanya Pura Goa Gong yang berada di Banjar Batu Mongkong, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Lokasi pura tidak jauh dari kawasan Nusa Dua, sekitar 15 menit berkendara. Pura ini dibuat oleh seorang pendeta sakti bernama Ida Pedanda Sakti Wawu Watuh atau Dang Hyang Dwijendra. Pura yang berada di dalam gua ini memiliki pemandangan eksotis.

Selain itu, kamu bisa melakukan mandi suci atau melukat di tempat ini yang diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit nonmedis akibat terkena ilmu hitam, membersihkan tubuh secara niskala (gaib atau tak kasat mata), dan mengatasi gangguan bicara pada anak-anak.

Kamu boleh melakukan meditasi dengan vibrasi aura positif dari Pura Goa Gong. Masuk ke area pura ini tidak dipungut biaya, namun pengunjung bisa berdonasi secara sukarela atau dikenal dengan istilah dana punia.

Itulah rekomendasi tempat wisata di sekitar Nusa Dua. Semoga menginspirasimu dan selamat liburan!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya