Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Tampaksiring Gianyar dan Harga Tiketnya

Banyak bangunan bersejarah di sini #Bali

Tampaksiring adalah nama Kecamatan yang menjadi tujuan wisata di Kabupaten Gianyar. Tampaksiring berasal dari kata tampak yang berarti bekas pijakan kaki, dan siring berarti miring. Hal ini terkait dengan kisah Maya Denawa yang bersembunyi dari kejaran Dewa Indra. Pada saat melangkah, ia memiringkan telapak kakinya.

Tampaksiring dikenal memiliki pemandangan alam yang indah dan peninggalan-peninggalan bersejarah. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Tampaksiring Gianyar dan harga tiketnya. Langsung disimak ya!

Baca Juga: 5 Pura di Denpasar yang Boleh Dikunjungi, Ada Melukat Juga

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga Tiketnya

1. Pura Tirta Empul

5 Tempat Wisata di Tampaksiring Gianyar dan Harga TiketnyaMelukat di Pura Tirta Empul. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu di Bali yang sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Letaknya di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Satu tempat yang terkenal di sini adalah pemandian suci yang digunakan untuk melukat atau mandi suci.

Tidak hanya umat Hindu, umat beragama lain hingga wisatawan mancanegara sering melakukan prosesi melukat di tempat ini. Sebaiknya kamu tidak melukat di hari-hari suci umat Hindu ya, terutama Hari Banyu Pinaruh. Karena tempat ini akan ramai dan dipenuhi oleh umat Hindu yang melukat.

Harga tiket masuknya Rp30 ribu. Namun umat Hindu yang akan bersembahyang tidak dikenakan biaya.

2. Situs Gunung Kawi

Situs Gunung Kawi ini merupakan peninggalan arkeologi eksotis yang berada di Banjar Panaka, Kecamatan Tampaksiring. Situs Gunung Kawi yang pertama kali ditemukan oleh HT Damste pada tahun 1920 ini terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tukad Pakerisan.

Kamu akan bakalan takjub melihat keindahan bangunan kuno di tempat ini. Kamu bisa melihat dua kelompok bangunan. Yaitu kelompok candi tebing dan kelompok ceruk pertapaan.

Selain mengenal sejarah, tempat ini juga banyak spot foto yang sangat instagramable. Kamu bisa berfoto berlatar bangunan kuno di kawasan Situs Gunung Kawi. Biasanya wisatawan Eropa sangat menyukai mengunjungi tempat ini.

Berikut ini harga tiket masuk situs Gunung Kawi.

  • Wisatawan domestik: Rp30 ribu
  • Wisatawan mancanegara: Rp50 ribu
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp2 ribu
  • Biaya parkir mobil: Rp5 ribu.

3. Istana Presiden Tampaksiring

5 Tempat Wisata di Tampaksiring Gianyar dan Harga TiketnyaSuasana Istana Kepresidenan Tampaksiring yang sejuk. (youtube.com/Kementerian Sekretariat Negara RI)

Istana Presiden Tampaksiring termasuk istana kepresidenan Indonesia. Istana yang dibangun oleh Presiden Soekarno ini memiliki udara sejuk dan pemandangan alam yang sangat indah.

Walaupun digunakan sebagai peristirahatan presiden maupun tamu negara penting, tempat ini juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Kamu juga bisa melihat kijang yang terdiri dari dua jenis, yaitu kijang totol dan kijang bawean.

Untuk masuk ke Istana Presiden Tampaksiring tidak dikenakan biaya. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita dari hari Senin hingga Sabtu. Hari Minggu, hari raya keagamaan, maupun hari libur nasional, Istana Presiden Tampaksiring tutup dan tidak menerima kunjungan wisatawan.

4. Pada Wareg Swargaloka Eco Park

Tempat wisata bernuansa alam ini terletak di Banjar Mancawarna, Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring. Tempat wisata alam ini baru dibangun pada tahun 2021 lalu.

Kamu bisa menikmati beragam wahana di Pada Wareg Swargaloka seperti swing, flying fox, sepeda gantung, dan kolam renang. Kamu juga bisa menikmati beragam sajian kuliner khas Bali seperti babi guling, iga bakar, hingga tipat santok.

Untuk masuk ke Pada Wareg Swargaloka tidak dikenakan biaya. Cukup dengan membeli makanan yang disediakan di tempat ini saja.

5. Warung Nukad Tampaksiring

Warung Nukad adalah tempat nongkrong baru di Tampaksiring yang menyajikan pemandangan sungai. Kamu juga bisa bermain air sungainya yang jernih dan segar.

Warung Nukad menyediakan beragam kuliner khas Bali seperti bubur Bali khas Tampaksiring, Nasi sela (ubi) sambal lindung (belut), sayur plecing, ayam guling, dan kuliner khas Bali lainnya. Selain itu, kamu bisa memesan menu grill dan nge-grill bersama teman-teman di pinggir sungai. Harga makanan di tempat ini mulai Rp5 ribu.

Tidak ada tiket masuknya. Kamu cukup membeli kulinernya sambil menikmati suasana alami di Warung Nukad Tampaksiring.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Tampaksiring Gianyar. Jarak dari Kota Denpasar ke Tampaksiring memerlukan waktu 45 menit hingga satu jam. Selamat berlibur!

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya