Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga Tiketnya

Ada kebun binatang hingga pura kuno lho! Gak cuma pasar

Kabupaten Gianyar termasuk daerah tujuan wisata di Bali. Kabupaten ini memiliki beberapa daerah yang menjadi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain Ubud, Kabupaten Gianyar juga memiliki daerah wisata lain, yaitu Kecamatan Sukawati. Kecamatan yang berbatasan dengan Kota Denpasar ini memiliki sejumlah objek wisata alami hingga buatan. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Sukawati Bali dan harga tiketnya.

Baca Juga: 6 Aktivitas di Bedugul yang Bisa Kamu Lakukan dan Harganya

Baca Juga: 6 Aktivitas di GWK yang Bisa Dilakukan dan Harga Tiketnya

1. Bali Zoo

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga TiketnyaPertunjukan hewan di Bali Zoo Park. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Kecamatan Sukawati terdapat dua kebun binatang yang bisa dikunjungi, yaitu Bali Zoo dan Bali Bird Park. Kedua kebun binatang ini berada di Desa Singapadu.

Bali Zoo memiliki koleksi lebih dari 500 jenis hewan yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Beragam aktivitas bisa dilakukan di tempat ini seperti menonton pertunjukan hewan, memberikan makan hewan, mengunjungi kampung gajah, hingga berenang di water park.

Jika ingin bermalam di Bali Zoo juga bisa lho. Kamu bisa menginap di Sanctoo Suites & Villa. Tiket masuk ke kebun binatang yang terletak di Jalan Raya Singapadu ini sebesar Rp90 ribu. Kalau menginap di Sanctoo Suites & Villa, kamu tidak perlu lagi membayar tiket masuk Bali Zoo karena sudah include dengan harga penginapannya.

2. Bali Bird Park

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga TiketnyaBurung yang ada di Bali Bird Park. (balibirdpark.com)

Kebun binatang kedua yang bisa dikunjungi adalah Bali Bird Park di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati. Berbeda dengan Bali Zoo, Bali Bird Park sebagian besar koleksinya adalah burung dan beberapa reptil seperti ular hingga buaya.

Kamu bisa menjumpai lebih dari 1.000 ekor burung dari 250 jenis spesies yang berbeda. Ada juga bioskop 4 dimensi yang akan memberikan pengalaman berbeda saat menontonnya.

Tiket masuk ke Bali Bird Park mulai Rp80 ribu. Jangan lupa juga untuk berfoto bersama burung-burung yang cantik ya, guys.

3. Pura Puseh Desa Batuan

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga TiketnyaPura Puseh Desa Batuan, Sukawati. (YouTube.com/Pemerintah Desa Batuan)

Desa Batuan yang berada di Kecamatan Sukawati terdapat sebuah pura kuno atau pura tua yang sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama mancanegara. Yaitu Pura Puseh Desa Batuan yang merupakan Pura Puseh tertua di Bali. Seperti diketahui, di masing-masing desa terdapat tiga pura Kahyangan yaitu Pura Desa, Pura Puseh, dan Pura Dalem.

Pura Puseh Desa Batuan memiliki arsitektur kuno dan peninggalan dari masa lalu yang masih terjaga dengan baik. Sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan, terutama untuk mereka yang menyukai wisata sejarah dan budaya. Pura ini sangat mudah dijangkau karena berada di Jalan Raya Batuan.

4. Hidden Canyon Beji Guwang

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga TiketnyaHidden Canyon Beji Guwang (IDN Times/Irma Yudistirani)

Jika menyukai wisata alam, kamu wajib mengunjungi objek wisata Hidden Canyon Beji Guwang, yang terletak di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati. Kamu akan diajak berpetualang menyusuri ngarai di sini. Banyak lereng bebatuan yang sangat artistik dan terbentuk secara alami.

Ada Pura Beji di sekitar ngarai yang digunakan warga untuk mengambil air minum dan air suci sebagai sarana upacara. Sebaiknya mengunjungi Hidden Canyon Beji Guwang pada saat musim kemarau. Karena jika berkunjung di musim hujan, aliran sungainya akan deras dan bebatuan di sana menjadi licin. Selain itu berkunjunglah di pagi atau siang hari. Karena jika terlalu sore, suasananya akan gelap sehingga mempersulit penelurusan.

Mereka kini menetapkan tarif paket untuk tiket masuknya. Satu orang dikenakan Rp125 ribu, sedangkan paket 2 orang dikenakan Rp150 ribu. Namun jika lebih dari dua orang, harganya jauh lebih murah. Tiket sudah termasuk guide, handuk, air mineral, loker, ruang ganti, dan lainnya.

5. Tlaga Singha

5 Tempat Wisata di Sukawati Bali dan Harga TiketnyaKolam di Tlaga Singha, Singapadu, Sukawati, Gianyar. (dok. Pribadi/Ari Budiadnyana)

Objek wisata kelima adalah kolam renang buatan yang memiliki pemandangan alami dan indah. Kolam renang ini bernama Tlaga Singha yang terletak di Jalan Raya Singapadu, bersebelahan dengan Bali Zoo.

Tlaga Singha bisa menjadi pilihan kamu yang senang berlama-lama di kolam renang sambil menikmati pemandangan, makanan, maupun minuman. Tlaga Singha memiliki 2 kolam bertingkat yang bisa memanjakan hari-harimu di tempat ini. Tempat ini juga ada spot foto yang menarik.

Harga tiket masuknya Rp100 ribu. Kamu juga bisa memilih beberapa paket dengan harga mulai Rp100 ribu sudah termasuk makanan, minuman, handuk, dan loker.

Itulah tempat wisata di Sukawati Bali. Kamu bisa menempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Denpasar naik sepeda motor maupun mobil. Jangan lupa membeli oleh-oleh di Pasar Seni Sukawati dan Pasar Seni Guwang ya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya