Comscore Tracker

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!

Aktivitas wisata unik untuk petualangan baru kamu!

Apa destinasi favorit kamu saat liburan ke Bali? Ya, ada banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan gak cukup cuma sekali lho, kamu bisa berulang kali ingin mengunjungi tempat tersebut dan merasakan ketenangan atmosfirnya.

Selama ini area Bali selatan memang kerap dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Namun belum banyak yang melakukan eksplorasi ke Bali utara. Tahukah kamu, Bali utara menyimpan beragam hidden gem wisata yang menunggu untuk dijelajahi? Daya tariknya juga gak kalah lho dengan Bali selatan.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di Bali utara? Kamu dapat menyusuri air terjun dan mendaki gunung berapi, hingga berlayar di sepanjang beberapa lanskap indah sambil melihat lumba-lumba.

Tidak hanya itu, Bali Utara juga jauh lebih tenang yang tentunya akan membuat penjelajahan kamu menjadi pengalaman yang lebih berkesan. Nah berikut ini tujuh ide wisata yang bisa kamu lakukan di Bali utara ya. Selamat berpetualang! 

Baca Juga: 10 Potret Puri Agung Peliatan di Ubud, Sudah Ada Sejak Tahun 1700

1. Mengejar lumba-lumba di Lovina

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!Melihat lumba-lumba dari perahu. (instagram.com/360bali)

Apabila ingin mencari liburan yang benar-benar berbeda, jauh dari suasana Kuta-Seminyak dan Bali selatan lainnya, maka kamu bisa menuju ke utara yakni ke Pantai Lovina di Kabupaten Buleleng. Perjalanan sekitar 2 jam dari Denpasar, Pantai Lovina yang menghadap ke Laut Bali adalah definisi sempurna dari ketenangan. Tidak seperti pantai pasir putih lainnya di Bali, Pantai Lovina memiliki pasir vulkanik abu-abu dan hitam.

Begitu juga dengan Pantai Pemuteran di dekatnya, Lovina juga memiliki kehidupan bawah laut yang luar biasa untuk dinikmati bagi mereka yang suka menyelam dan snorkeling. Namun, daya tarik utama di sini adalah lumba-lumba hidung botol yang biasanya muncul di pagi hari, tepat ketika sinar matahari pertama terbit di cakrawala.

Ada banyak perahu yang ditawarkan untuk melihat lumba-lumba. Kapasitasnya bisa untuk lima atau enam orang yang siap berlayar dan melayani kamu untuk perjalanan mengamati lumba-lumba di Pantai Lovina.

2. Eksplorasi air terjun yang super cantik

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!Air Terjun Leke - Leke (unsplash.com/ Ket Monnyreak)

Bukan pantai maupun persawahan, Kabupaten Tabanan menawarkan lanskap air terjun megah dan menantang untuk dieksplor oleh para wisatawan. Terdapat empat air terjun yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu Sing Sing Angin, Blahmantung, Pengempu, dan Leke-Leke.

Tidak ada biaya masuk ke air terjun tersebut. Namun disarankan untuk memberikan biaya tanda terima kasih atau operasional kepada penduduk setempat yang telah menjaga kebersihan dan menjaga akses menuju air terjun.

Air Terjun Sing Sing Angin terletak di Desa Manikyang di pusat Kota Tabanan. Air terjun ini sederhana dan tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki panorama yang menawan. Sementara Air Terjun Blahmantung terletak di lokasi lebih terpencil yakni di Desa Pujungan di sisi barat daya Tabanan. Kamu tidak hanya akan disambut oleh air terjun setinggi 25 meter, tapi ada juga dua air terjun serupa lainnya yang tidak kalah mendebarkan.

Tempat air terjun tenang lainnya di Tabanan adalah Air Terjun Pengempu di Desa Cau Belayu. Suasana dan suara air terjun yang tenang pasti akan menenangkan siapa saja yang datang. Terakhir, ada Air Terjun Leke-Leke yang tersembunyi di Desa Antapan. Air terjunnya pendek dan sempit sehingga pemandangannya cukup unik untuk dilihat, tetapi tetap dijamin akan membuat kamu terpesona.

3. Trekking menuju puncak Gunung Batur

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!trekking Gunung Gatur Bali (unsplash.com/ Juan Cruz Mountford)

Gunung Batur sangat cocok untuk perjalanan wisata petualangan gunung berapi aktif. Trekking menuju puncak gunung dengan ketinggian1.717 meter di atas permukaan laut ini memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Sangat direkomendasikan untuk berangkat dini hari untuk menyaksikan matahari terbit dengan lanskap desa-desa kecil, danau, dan awan yang menawan. Ada banyak agen perjalanan atau operator tur yang menawarkan paket perjalanan ini. Jadi kamu bisa mencari yang sesuai dengan keperluan. 

4. Bersantai dan olahraga air di Pantai Amed

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!Pasir pantai hitam di Pantai Amed (unsplash.com/ Une fille en vadrouille)

Pemandangan pantai di Amed sangat fantastis, terutama di pagi hari saat matahari terbit. Suasana yang tenang dan damai menjadikan pantai ini sangat cocok untuk lokasi bulan madu. Daya tarik utama Pantai Amed terletak pada pemandangan alam bawah laut dengan terumbu karang yang fantastis dan ikan yang indah.

Jangan khawatir. Ada banyak operator selam untuk dikunjungi. Hal tersebut menjadikan Pantai Amed Karangasem sebagai tempat yang terkenal untuk free diving, snorkeling, dan scuba diving di Bali. Apabila menyukai petualangan bawah laut, Amed Karangasem adalah salah satu daerah yang harus dikunjungi di Bali. 

5. Mengunjungi pura di atas danau yaitu Pura Ulun Danu

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!Pura Ulun Danu (unsplash.com/ Guillaume Marques)

Pura Ulun Danu Bratan yang mengambang di Danau Tamblingan, dengan awan mengepul di air dari pegunungan di belakangnya adalah lanskap favorit yang paling ikonik dan Instagramable untuk dikunjungi. Nama Ulun Danu berarti tepi danau, sedangkan Bratan adalah nama danau tempat pura berada. Danau ini terletak di dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Selain itu, di kawasan wisata Kintamani, kamu juga bisa melihat keindahan Pura Ulun Danu Batur. Pura tersebut diyakini sebagai pura terpenting di Bali yang berfungsi sebagai penjaga keharmonisan dan stabilitas di Bali. 

6. Pemandangan menakjubkan di Gerbang Handara

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!berfoto di Gerbang Handara (unsplash.com/ Timur Kozmenko)

Gerbang ini sudah tidak asing lagi di media sosial. Gerbang Handara yang ikonik dan Instagramable ini terletak di Area Handara Golf & Resort di Kabupaten Buleleng. Waktu terbaik untuk berfoto di sini adalah selama jam emas, tak lama setelah matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam. Ini juga merupakan waktu yang lebih tenang dengan lebih sedikit wisatawan yang ada di sekitar. 

Nah apabila kamu tertarik untuk menginap, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman kemewahan yang lengkap di Handara Golf & Resort. Pengunjung juga bisa memilih untuk sekadar berfoto di depan pintu gerbang seperti kebanyakan orang lainnya. 

7. Pengalaman menginap mewah di Perkebunan Kopi Munduk

7 Ide Wisata di Bali Utara, Eksplorasi Hidden Gem Bali!Munduk Moding Plantation Nature Resort and Spa (instagram.com/ take_a_breath___)

Perkebunan Moding Munduk (MMP) adalah tempat menginap tersembunyi yang terletak di perkebunan kopi. Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa menawarkan tempat di mana langit Bali menyatu dengan air infinity pool, Laut Bali, dan gunung berapi yang menjulang tinggi di Pulau Jawa.

Dihiasi pula dengan pemandangan yang tak tertandingi dan diiringi oleh kicau burung serta paduan suara jangkrik. Menginap di tempat ini pasti akan memberi kehangatan dan ketenangan dalam pikiran. Letaknya yang berada di tengah perkebunan kopi, memberikan suasana yang menenangkan. 

Nah itu tujuh aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di Bali utara. Segera rencanakan perjalanan baru kamu dengan mengunjungi hidden gem Bali utara!

Anisa Destya Photo Community Writer Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya