Comscore Tracker

YouTube Rewind 2020 Ditiadakan, Gamer Minecraft Pengin Bikin Sendiri

Gimana nih menurut pendapatmu? #Minecraft #YouTubeRewind

YouTube biasanya mengundang para kreator untuk membuat YouTube Rewind setiap tahun, yang menampilkan hal-hal menarik selama satu tahun terakhir di video YouTube. Namun tahun 2020 ini berbeda. Sebab YouTube Rewind 2020 tidak akan dibuat.

1. YouTube Rewind jadi tradisi setiap tahunnya

https://www.youtube.com/embed/UFnXm6cjGwU

Sekadar diketahui, YouTube Rewind berisi video kilas balik yang mengangkat momen-momen penting yang terjadi di YouTube selama satu tahun. Dimulai sejak tahun 2010, video ini biasanya dibintangi dan diproduksi oleh beberapa kreator maupun kanal berpengaruh di ekosistem YouTube.

Awalnya video YouTube Rewind ditanggapi positif. Namun belakangan ini banyak dikritik karena terlalu menitikberatkan pada selebriti internet alih-alih kreator betulan. Hal itu terlihat jelas di YouTube Rewind 2018, yang paling banyak mendapatksn dislike sepanjang masa (18,5 juta dislike, rasio dislike-like 86,3 persen).

Baca Juga: Coming Soon! Sherina Jadi Pengisi Suara Anime Studio Ghibli

2. Pihak YouTuber merasa janggal jika tetap diadakan, seolah-olah tidak pernah ada pandemik COVID-19

YouTube Rewind 2020 Ditiadakan, Gamer Minecraft Pengin Bikin Sendiritwitter.com/YouTube

"Tahun 2020 sangat berbeda," cuit YouTube lewat Twitter, yang mereferensikan efek pandemik COVID-19.

Mereka merasa janggal jika YouTube Rewind tetap dirilis, seolah-olah tidak pernah ada pandemik. YouTube juga mengucapkan terima kasih kepada para kreator yang membantu penonton melewati masa pandemik.

"Kalian menemukan cara untuk menyemangati banyak orang, membantu mereka bertahan, dan membuat mereka tertawa. Kalian membuat tahun yang sulit ini menjadi lebih baik."

3. Beberapa kreator mempertimbangkan untuk memproduksi YouTuber Rewind versi mereka sendiri

https://www.youtube.com/embed/2lAe1cqCOXo

Setelah pengumuman absennya YouTube Rewind 2020, beberapa kreator YouTube lalu mempertimbangkan untuk memproduksi versi mereka sendiri. YouTube Rewind versi kreator juga ikut jadi tradisi, yang beriringan dengan YouTube Rewind official.

Mereka yang mempertimbangkan untuk memproduksi sendiri adalah komunitas i. Beberapa gamer Minecraft berharap Dream, sebagai kreator Minecraft populer di YouTube, membuat rewind versinya sendiri. Sementara produksi YouTube Rewind 2020 versi Indonesia sudah dibahas sejak Juli 2020 lalu. Tetapi ada beberapa kendala yang membuatnya sulit untuk diwujudkan.

Gimana pendapatmu tentang keputusan ditiadakannya YouTube Rewind 2020 dan rencana para kreator untuk membuat versi mereka sendiri? Share di kolom komentar ya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh M. Meka di duniaku.idntimes.com dengan judul YouTube Memutuskan Batalkan YouTube Rewind 2020!

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya