Comscore Tracker

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya Indonesia

Ada orang berpakaian adat Bali jadi latar belakangnya lho

Hampir semua game diproduksi oleh luar negeri. Meski Indonesia sudah ada yang memproduksinya juga, tapi jumlah itu masih minim. Namun bukan berarti itu dijadikan sebagai alasan untuk berkecil hati ya.

Tahu gak sih, di antara banyak game yang diproduksi, ada beberapa pengembang video game yang memasukkan tempat hingga budaya Indonesia di dalamnya. Apa saja itu? Berikut ini daftarnya:

1. Uncharted: Drake’s Fortune

https://www.youtube.com/embed/i-E3Kns4YjA

Mungkin para pemain Indonesia ketika memainkan game ini akan tertawa dalam sebuah adegan. Adegan itu adalah momen di mana Nathan Drake mencoba berbahasa Indonesia untuk menipu penjaga agar membuka gerbang.

Dengan kata-kata “Sialan lo, cepat buka pintu,” sudah pasti kamu yang melihatnya akan tertawa secara spontan. Selain itu salah satu karakter antagonis game ini bernama Eddy Raja yang dikatakan merupakan bajak laut Indonesia.

2. Tekken Tag Tournament 2

https://www.youtube.com/embed/GUBCVXS5Su8

Ini akan sedikit susah untuk dilihat. Karena game fighting umumnya bergerak sangat cepat dan terus berganti sudut layar. Di satu stage, kamu bisa melihat background yang menampilkan wayang kulit, orang berpakaian adat Bali, hingga iringan lagu techno dengan sentuhan suara gamelan.

Melihat pernak-pernik lokasinya, bisa dijamin 90 persen stage itu mengambil setting di Bali.

3. Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/FvdPHvnMHxw

Diceritakan Sam Fisher harus menangkap, bahkan membasmi sebuah kelompok bernama Darah dan Doa di Timor Timur. Kelompok tersebut dipimpin Suhadi Sadono dan untuk menangkapnya, Fisher harus datang ke Indonesia.

Satu lokasi yang dikunjunginya adalah Pulau Komodo. Ada pula di pemberitaan-pemberitaan dalam game tersebut menyebutkan nama Indonesia.

4. Metal Gear Solid 4

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya Indonesiayoutube.com dasuberpoop

Mungkin kamu tidak akan mengetahui hal ini jika tidak mengulik informasinya. Salah satu bos di dalam game ini adalah orang asli Indonesia. Nama kodenya adalah Raging Raven yang merupakan keturunan orang Aceh.

Dalam situs fandom Metal Gear Solid, diceritakan Raven adalah anak-anak korban peperangan yang mengalami pengalaman sangat traumatis. Demi berdamai dengan dirinya sendiri, Raven harus mengalahkan Snake.

5. Far Cry 3

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya Indonesiawallup.net

Far Cry 3 menceritakan kisah seorang Jason Brody yang terjebak di sebuah pulau dan bertemu dengan penduduk asli di sana. Bernama suku Rakyat, dalam satu adegan Brody dipertemukan dengan pemimpinnya yang bernama Citra di sana.

Tampak ada pengucapan bahasa Indonesia, namun jika didengar lebih jeli, sepintas bahasa tersebut lebih mengarah ke bahasa Melayu. Jadi perkara Indonesia atau tidaknya, silakan tentukan sendiri.

6. Front Mission 3

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya Indonesiagamefabrique.com

Game ini memang diberikan latar lokasi untuk berada di Asia Tenggara. Konfilk-konfliknya berkutat di negara-negara tersebut yang tentu saja Indonesia termasuk dalam bagiannya. Aceh dan Sulawesi adalah tempat yang dijadikan sebagai salah satu stage game tersebut.

7. Mobile Legends

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya IndonesiaBerbagai sumber

Seharusnya karakter ini sudah kalian ketahui karena ramai dibicarakan dan sangat jelas merupakan karakter Indonesia. Manusia super dari pewayangan Jawa, Gatotkaca, menjadi bagian dari line-up karakter Mobile Character.

Ada pula Kadita yang diadaptasi dari karakter Nyi Roro Kidul, sang penguasa ratu pantai selatan. Wow, langsung dua karakter ya.

8. Arena of Valor

Bali Hingga Aceh, 9 Game Luar Negeri yang Pakai Unsur Budaya Indonesiareddit.com

Jika Mobile Legends mencoba mengambil hati para pemain Indonesia dengan kehadiran Gatotkaca serta Kadita, maka Arena of Valor menghadirkan karakter yang lain, yaitu Wiro Sableng. Tokoh komik dan film tersebut dirilis pada 2018 lalu dan seperti Gatotkaca, tugasnya adalah ujung tombak dan bagian penerjang pertama.

9. Civilization VI

https://www.youtube.com/embed/_WQmeLQ_wc8

Ini adalah game simulasi strategi tentang peradaban umat manusia. Dalam versi downloadable content-nya, Civilization menghadirkan peradaban Indonesia di dalam game dengan judul Khmer and Indonesia Civilization & Scenario Pack.

Game ini mewakili peradaban dari kerajaan terbesar di pulau Jawa yaitu Majapahit, yang bisa kamu mainkan.

Keren-keren ya. Semoga artikel ini bisa memotivasi kamu untuk membuat game yang isi ceritanya 100 persen memakai budaya Indonesia. Semangat!

Baca Juga: Yuk Bersih-bersih, 7 Cara Cek Akun Instagram Asli atau Palsu

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya