Comscore Tracker

Tipe Orang yang Paling Mudah Selingkuh Menurut Riset, Siapkan Hatimu!

Dibaca pelan-pelan dan pahami ya. Tetap sabar

Dalam hubungan asmara, selingkuh itu menyakitkan. Apalagi kalau terjadi dalam rumah tangga. Bahkan di dunia entertain, memaparkan kisah perceraian artis karena selingkuh dan beberapa alasan lainnya, seolah sudah menjadi hal lumrah untuk dikonsumsi publik. Ketika diwawancara Business Insider, seorang penulis best seller "Love Life Strategist", Matthew Hussey, saja mengatakan selingkuh adalah keputusan yang sudah melewati batas wajar.

YouGov pernah melakukan survei "for The Sun" pada tahun 2015, dan hasilnya 1 dari 5 orang dewasa di Inggris melakukan perselingkuhan. Sedangkan 1 dari 3 orang menyatakan tidak pernah terpikir tentang perselingkuhan sebelumnya, tetapi melakukannya. Lalu seperempatnya lagi mengaku pernah melakukan perselingkuhan setidaknya dua kali, 20 persen mengatakan lebih dari tiga kali, dan delapan persen menyatakan lebih dari lima kali.

Ada tiga tipe orang yang paling rentan berselingkuh menurut Hussey. Berikut ini ulasannya:

Baca Juga: 5 Risiko Mau Menjalani Hubungan Asmara Tanpa Kejelasan, Hati-hati

1. Orang narsis pengin membuktikan dirinya menarik

Tipe Orang yang Paling Mudah Selingkuh Menurut Riset, Siapkan Hatimu!Ilustrasi orang narsis (economictimes.indiatimes.com)

Jadi tidak cukup satu orang saja yang mencintai dirinya. Menurut Hussey, mereka ingin memastikan banyak orang mencintainya.

Ini tidak ada kaitannya dengan fisik mereka cantik atau tampan ya. Tetapi benar-benar murni narsis yang berlebihan atau tidak. Pemahaman itu semakin valid ketika ada orang lain menggodanya, berciuman, maupun berhubungan intim.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa narsisme berkaitan dengan minimnya komitmen seseorang dalam sebuah hubungan percintaan. Orang narsis punya pemikiran, bahwa mereka bisa mendapatkan yang lebih baik.

2. Kamu perlu mewaspadai orang yang tidak percaya diri ya. Ada kecenderungan selingkuhnya besar

Tipe Orang yang Paling Mudah Selingkuh Menurut Riset, Siapkan Hatimu!Pexels.com/Craig Adderley

Eits, jangan buru-buru menggeneralisasi semua orang yang tidak percaya diri ya. Jadi, potensi perselingkuhan dari orang yang tidak percaya diri adalah ketika dia merasa gak pantas dan menganggap pasangannya terlalu sempurna. Bisa juga dia berpikir akan mengecewakan pasangannya sehingga mencari kenyamanan orang lain yang merasa pantas untuknya. Paham gak di sini?

Menurut Hussey, seseorang harus jujur menjadi diri sendiri dalam hubungan percintaannya. Supaya sama-sama bisa saling memberikan kenyamanan seutuhnya.

3. Hati-hati sama orang yang egoisnya tinggi

Tipe Orang yang Paling Mudah Selingkuh Menurut Riset, Siapkan Hatimu!Pexels.com/Tirachard Kumtanom

Orang egois yang tidak punya standar moral dalam hubungan percintaan akan secara sadar tahu, bahwa pasangannya akan membenci mereka. Apalagi kalau orang egois ini juga pernah selingkuh sampai pasangannya dibuat trauma. Tetapi karena kebutuhan egoismenya itu tinggi, dia gak peduli dan masa bodoh.

Keegoisan itu, kata Hussey, kemungkinan muncul karena bentukan dari lingkungan sekitar, atau memang pada dasarnya munafik.

Hussey lalu memberikan nasihat dalam situasi seperti itu. Apa isi nasihatnya? Baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Tetap Selingkuh Meski Pernikahannya Bahagia

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya