Comscore Tracker

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk Rejeki

Sekarang hari memuliakan uang lho di Bali

Penulis: Community Writer, Ari Budiadnyana

Masyarakat Bali memercayai Batu Rambut Sedana erat kaitannya dengan Dewi Rejeki atau Dewi Rambut Sedana. Menurut praktisi spiritual dari Bali, Jro Made Bayu Gendeng, terdapat beberapa literatur seperti Lontar Carcan Soca, Lontar Mirah, dan sebagainya yang menyebutkan mengenai asal usul penamaan Batu Rambut Sedana di Bali.

Literatur tersebut menyebutkan, batu kecubung yang terdapat serat emas seperti rambut di dalamnya disebut sebagai Rambut Sedana. Iki dia kumpulan fakta tentang batu rambut sedana.

Baca Juga: Kisah Mantan Pesulap dari Bali yang Kini Menjadi Praktisi Spiritual

1. Memiliki nama ilmiah quartz rutile

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk RejekiQuartz Rutile atau Batu Rambut Sedana (pixabay.com/angelsover)

Batu Rambut Sedana memiliki nama ilmiah quatrz rutile. Quartz rutile merupakan batu kelas kecubung atau kuarsa (Quartz) yang memiliki kekerasan 7 skala mohs.

Batu ini memiliki rumus kimia Si O2 atau Silika Oksida. Bedanya dengan jenis kecubung lainnya adalah batu ini terdapat serat di dalamnya.

Baca Juga: 5 Pura di Bali yang Dipercaya Untuk Membersihkan Ilmu Hitam

2. Batu mulia ini banyak dicari kalangan pebisnis

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk RejekiBayu Gendeng dan koleksi Batu Rambut Sedana (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Bayu Gendeng mengungkapkan, kalau batu ini sangat populer di kalangan pebisnis. Sebab batu mulia ini berkaitan erat dengan Dewi Rambut Sedana. Masyarakat, khususnya di Bali, meyakini dengan memiliki batu mulia ini dapat melancarkan bisnis atau usahanya.

"Walaupun batu mulia ini banyak dicari, namun harganya tidaklah terlalu mahal. Masih dibawah Rp1 jutaan. Hal ini karena batu ini tidak terlalu sulit untuk didapat di daerah Indonesia," ungkap Bayu Gendeng ketika ditemui di warung daerah Tohpati, Kota Denpasar, Jumat (5/11/2021).

3. Ada cara tersendiri untuk memilih Batu Rambut Sedana yang memiliki energi bagus

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk RejekiBatu Rambut Sedana (pixabay.com/starbright)

Batu kecubung quartz rutile banyak jenis dan bentuknya. Tidak setiap batu jenis ini dapat digunakan untuk melancarkan usaha. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.

Batu Rambut Sedana yang memiliki serat tunggal dengan jumlah ganjil 1, 3, 5 searah, memiliki energi yang sangat luar biasa untuk pebisnis.

"Batu dengan serat genap tetapi jumlahnya 2 bisa sejajar atau bersilangan seperti bentuk tanda tambah, atau di Bali lebih dikenal dengan istilah tapak dara, juga sama memiliki energi yang besar," ungkap Bayu Gendeng.

Jika tidak menemukan serat seperti di atas, bisa juga memilih batu yang memiliki serat banyak namun tata letaknya tidak beraturan.

Baca Juga: 7 Mantra Penangkal Leak, Bisa Digunakan Sehari-hari

4. Cara menggunakan Batu Rambut Sedana

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk Rejekigelang Batu Rambut Sedana (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Batu mulia ini bisa digunakan sebagai gelang, kalung, cincin atau dibiarkan dalam wujud aslinya. Cara menggunakan batu mulia ini tidak sembarangan.

Jika digunakan sebagai gelang, jumlah manik-maniknya haruslah ganjil. Jika digunakan sebagai cincin, batu ini bisa digunakan di jari manis sebagai pemanis bicara, atau di jari kelingking untuk meningkatkan rasa percaya diri.

"Yang perlu diingat, jangan sekali-sekali menggunakannya di jari telunjuk karena bisa memberikan efek yang kurang bagus," kata Bayu Gendeng mengingatkan.

Bagaimana jika orang yang memiliki tempat usaha atau bisnis? Batu Rambut Sedana ini bisa diletakkan di tempat usaha tersebut. Namun ada tata caranya agar memberikan aura yang baik demi kelancaran usaha.

Batu Rambut Sedana harus diletakkan di atas uang kepeng dengan jumlah ganjil, dan sebaiknya ditaruh dekat dengan lokasi untuk menaruh uang seperti kasir atau brankas.

5. Ritual untuk meningkatkan energi Batu Rambut Sedana

5 Fakta Batu Rambut Sedana, Diburu Pebisnis Untuk RejekiBayu Gendeng memperagakan ritual untuk Batu Rambut Sedana (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Batu Rambut Sedana juga perlu dirawat agar energi yang ada di dalamnya tetap terjaga, bahkan bisa meningkat. Cara merawatnya sangat sederhana dan tidak memerlukan sarana yang banyak.

Hari baik yang bisa dipilih untuk meningkatkan energi Batu Rambut Sedana adalah pada saat Purnama atau hari suci lainnya (Rahinan). Sarana yang digunakan adalah bunga harum, air bersih atau air suci, dan dupa.

Ketika menjalankan ritual ini, seseorang harus memegang Batu Rambut Sedana menggunakan jari manis dan ibu jari. Setelah itu mengucapkan mantra yang berkaitan dengan rejeki seperti mantra Dewi Laksmi, atau bisa juga mantra Gayatri.

Batu Rambut Sedana kemudian dimasukkan ke dalam air yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian sambil berkonsentrasi dan dalam keadaan hening, seseorang melakukan doa agar diberikan anugerah kekuatan ke batu mulia tersebut. Batu mulia ini lalu direndam selama satu hari, dan dikembalikan ke tempatnya semula. Air yang digunakan untuk merendam batu ini dapat digunakan untuk memerciki tempat usaha.

Memiliki Batu Rambut Sedana bukan berarti seseorang akan lancar bisnis atau usahanya tanpa kerja keras dan berdiam saja.

"Tetap harus bekerja keras untuk memajukan bisnis. Batu mulia ini hanya sarana agar kerja keras kita diberikan kelancaran serta kemudahan dalam berbisnis," ujar Bayu Gendeng yang memiliki sertifikasi sebagai juri lomba batu mulia.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya