Comscore Tracker

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!

Manusia termasuk spesies yang bisa menaklukkan lho

Singa termasuk hewan paling berbahaya di dunia karena memiliki kecepatan dan daya serangnya yang besar. Makanya ia mendapat julukan sebagai "Raja hutan". Titel tersebut membuatnya seolah menjadi hewan yang paling ditakuti di hutan. Namun bukan berarti tidak gampang ditaklukkan lho. Inilah deretan hewan yang dapat menaklukkan singa:

Baca Juga: Anjing: Hai, Kenalin Aku Ras Terrier Terbaru Berukuran 17 Sentimeter

1. Jangan dikira gajah itu mangsanya singa ya

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!Ilustrasi Gajah Sumatra (Prayugo Utomo/IDN Times)

Bahkan jarang sekali melihat ada singa yang memburunya. Gajah tidak memiliki predator alami. Kebanyakan predator-predator di hutan memilih mangsa yang kecil ukurannya dari gajah. Kecuali spesies manusia yang sengaja datang ke hutan untuk membunuhnya demi mengambil gading ya.

Dalam keadaan tertentu, singa betina juga terkadang memburu bayi gajah. Kalau terjadi konfrontasi dengan gajah, biasanya singa akan berakhir terluka, mundur, atau mati.

2. Kelihatannya sih jinak, tetapi kuda nil dapat membunuh singa, termasuk manusia!

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!kuda nil (africantravelcanvas.com)

Hewan yang memiliki nama latin h. amphibius ini bukan tandingannya singa. Dia termasuk hewan paling agresif di benua Afrika. Kalau bayi kuda nil diburu oleh singa, jangan harap singa akan terhindar dari serangan kuda nil dewasa.

3. Badak tidak memiliki pemangsa alami

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!foresteract.com

Hewan yang gerakannya lambat dan pasif ini sangat ideal banget menduduki sebagai rantai makanan. Namun faktanya tidak begitu. Dia hewan teritorial yang tidak punya pemangsa alami, termasuk singa sekali pun. Karena memiliki ukuran dan cula yang besar serta kulit tebal, predatornya tidak berani mendekati dia.

Beratnya saja lima kali lipat dari singa. Jadi jangan harap nyawa singa akan selamat apabila memasuki teritorialnya.

4. Ular mamba termasuk predator yang paling menakutkan

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!ular black mamba (wikimedia.org/Danleo~commonswiki)

Ular darat ini terbilang paling cepat dan menduduki nomor dua sebagai hewan paling berbisa setelah kobra. Dua tetes bisanya dapat membunuh orang dewasa dalam waktu tujuh sampai 15 jam. Ya, apalagi singa! Ular mamba jarang berkonflik dengan singa, kecuali sengaja diganggu atau diserang.

5. Kalau soal makanan, hiena atau hyena termasuk hewan yang sering bertengkar dengan singa

5 Hewan yang Dapat Menaklukkan Singa, Jangan Harap Nyawanya Selamat!Unsplash.com/Samuel Pagel

Kamu pasti sering melihat hiena suka rebutan makanan dengan singa di tayangan televisi discovery ya. Mereka akan menyerang singa secara berkelompok. Umumnya yang paling agresif menyerang singa adalah hiena tutul (c. crocuta).

Itulah deretan hewan yang dapat menaklukkan singa. Masih ada empat daftar lainnya sih. Kalau penasaran, selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya