Comscore Tracker

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Bali

Di sinilah ibunda Soekarno tinggal

Singaraja merupakan ibu kota dari Kabupaten Buleleng, yaitu kabupaten paling utara di Bali. Mungkin anak generasi millennials belum tahu fakta-fakta terkait dengan Singaraja. Berikut adalah lima fakta unik dan menarik mengenai Singaraja.

1. Pernah menjadi ibu kota Sunda Kecil dan Bali

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Balidenbukitbali

Mungkin kamu hanya mengetahui bahwa Singaraja hanyalah ibu kota Kabupaten Buleleng saja. Jika begitu, kamu perlu belajar lebih banyak lagi. Pasalnya, fakta menunjukkan Singaraja pernah menjadi ibu kota dalam wilayah yang lebih luas yaitu Provinsi Sunda Kecil dan Bali dari setelah kemerdekaan sampai tahun 1958.

2. Tempat kelahiran ibunda Soekarno

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Baligeni.com

Mungkin kamu mengetahui tentang Proklamator sekaligus Presiden Pertama kita, Ir Soekarno. Tidak lengkap rasanya jika kamu mengetahui orang besar Indonesia ini tanpa mengetahui keluarganya. Lalu siapa yang melahirkan sang proklamator?

Beliau adalah orang Bali bernama Ida Ayu Nyoman Rai Srimben. Sebelum menikah dengan Raden Sukemi, Ibunda Soekarno yang lahir pada tahun 1881 menghabiskan masa kecilnya di Bale Agung, Singaraja.

3. Kota terbesar kedua di Bali

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Baliberitadaerah.co.id

Singaraja merupakan kota terbesar ke-2 setelah Denpasar. Hal ini karena kemajuan berbagai sektor di Singaraja hampir dapat menyaingi Denpasar. Toko, dan objek wisata yang beragam serta inovasi yang dibuat di kota ini membuat Singaraja dalam beberapa tahun ke depan akan menyaingi Denpasar.

4. Jadi kota pendidikan

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Baliedumor.com

Singaraja juga merupakan kota pendidikan. Hal ini tidak terlepas pada pendidikannya yang berkembang pesat. Selain itu, di Singaraja terdapat Universitas terbesar di Bali, yaitu Universitas Pendidikan Ganesha dan banyak kampus elit lainnya.

Begitu juga sekolah pun tak kalah elit. Yakni SMAN 1 Singaraja, yang menjadi sekolah tertua di Bali.

5. Tempat wisata yang beragam

Disebut Sunda Kecil, ini 5 Fakta Tentang Singaraja Balivolunteerbali.org

Satu alasan mengapa Singaraja menjadi kota terbesar ke-2 di Bali, karena tempat wisata yang begitu beragam. Mulai dari Pantai Lovina, Pantai Penimbangan, Eks Pelabuhan Buleleng, Krisna Bali, Monumen Tri Yudha Sakti, hingga taman kota dan masih banyak lagi tempat wisata yang dikunjungi jika berlibur ke Singaraja.

Demikian lima fakta unik seputar Singaraja. Supaya menambah pengetahuan kamu tentang daerah.

I Putu Yoga Sadhu Photo Community Writer I Putu Yoga Sadhu

Lulusan Pendidikan.Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Irma Yudistirani

Just For You