Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Ada yang Berasal dari Bunga Rekening

#MillennialsMemilih Berapa ya total dana kampanyenya?

Jakarta, IDN Times - Jika Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengumumkan dana kampanyenya sebesar Rp54 miliar per Desember 2018, lalu bagaimana dengan capres-cawapres nomor urut 01?

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf melaporkan sumbangan dana kampanye mereka kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang dilaporkan oleh wakil ketua dan bendahara TKN, Abdul Kadir Karding dan Wahyu Sakti Trenggono.

Total dana kampanye Jokowi-Ma'ruf yang sudah terkumpul sebesar Rp55,9 miliar.

1. Dana kampanye Jokowi-Ma'ruf bertambah Rp44,8 miliar

Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Ada yang Berasal dari Bunga RekeningIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Trenggono menjelaskan, pada laporan awal, dana kampanye Jokowi-Ma'ruf Rp11,9 miliar. Lalu di laporan kedua, dana kampanye bertambah Rp44,8 miliar. Kini total dana kampanye yang dimiliki oleh pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 itu adalah Rp55,9 miliar.

Sumber dana kampanye, ungkap Trenggono, antara lain berasal dari pasangan capres dan cawapres sendiri, juga dari partai politik pendukung.

"Sumbangan paslon Rp32 juta, partai politik dalam bentuk barang jasa sebesar Rp2,1 miliar, perorangan Rp121 juta, kelompok Rp37,9 miliar, badan usaha Rp3,9 miliar, total Rp44,8 miliar," ujar Trenggono di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (2/1).

Baca Juga: Medsos Dianggarkan Rp9 Jutaan, Berapakah Dana Kampanye Prabowo-Sandi?

2. Sumbangan paslon berasal dari bunga di rekening khusus dana kampanye

Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Ada yang Berasal dari Bunga RekeningIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Trenggono, hingga kini belum ada sumbangan resmi dari Jokowi-Ma'ruf. Tetapi sumbangan pasangan calon diperoleh dari bunga di rekening khusus dana kampanye.

"Lebih pada dana terendam di rekening awal yang dapatkan bunga, yang oleh akuntan dinyatakan milik pasangan calon, dianggap pendapatan untuk paslon," terangnya.

3. TKN belum dapat sumbangan dana kampanye dari pengusaha

Dana Kampanye Jokowi-Ma'ruf Ada yang Berasal dari Bunga RekeningIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dari dana kampanye yang dimiliki Jokowi-Ma'ruf saat ini, Trenggono mengaku belum ada sumbangan dari pengusaha. Namun TKN berencana mengadakan gathering bersama pengusaha pada awal tahun ini.

"Iya, Januari atau Februari. Di Februari ya saya kira, karena Januari masih libur. Awalnya 21 Januari, tapi nanti lihat apakah memungkinkan untuk gathering dengan pengusaha," ungkap Trenggono.

Baca Juga: Timses Jokowi-Ma'ruf Targetkan 80 Persen Suara di Bali

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya