1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di Papua

Semoga pelakunya cepat diamankan

Jakarta, IDN Times - Pasca pembantaian 31 pekerja PT Isaka Karya di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua, yang diduga dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB), Kepolisian Daerah (Polda) Papua langsung bergerak untuk menyelidikinya.

Namun saat mengerahkan personel Polres Jayawijaya ke lokasi penembakan, mereka terhalang pohon yang diduga sengaja untuk memblokir jalan tersebut.

1. Polda Metro Jaya mengerahkan personel Polres Jayawijaya

1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di PapuaIDN Times/Sukma Shakti

Kapolda Papua, Irjan Pol Martuani Sormin, mengatakan pihaknya sempat kesulitan menyelidiki kabar penembakan puluhan pekerja PT Isaka Karya. Sebab di lokasi kejadian tidak ada pos polisi dan sarana komunikasi ke tempat tersebut terbatas.

"Tidak ada pos polisi dan sarana telekomunikasi ke kawasan itu yang terbatas," ujar Martuani seperti dilansir kantor berita Antara, Selasa (4/12).

Baca Juga: Diduga Dibantai, Ini Kronologi Tewasnya 31 Pekerja Proyek di Papua

2. Kelompok kriminal bersenjata diduga masih berada di lokasi penembakan

1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di PapuaIDN Times/Sukma Shakti

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Nduga Alimin Gwijange, menyebutkan kelompok kriminal bersenjata diduga masih berada di lokasi penambakan.

"Dugaan mereka masih ada di lokasi," ujar Alimin dalam wawancara dengan jurnalis CNN, Selasa (4/12).

3. Pembantaian diduga dilakukan dua kali

1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di PapuaIDN Times/Sukma Shakti

Pembantaian pekerja jembatan itu diduga dilakukan dua kali. Pertama, penembakan menewaskan sebanyak 24 orang di kali Yigi dan kali Aurak, Distrik Yall, Kabupaten Nduga, Papua pada Minggu (2/12).

Sehari kemudian, tujuh dari delapan orang yang berhasil melarikan diri ke rumah tokoh masyarakat setempat kembali ditembak. Sementara seorang lainnya berhasil melarikan diri. Namun hingga kini satu orang yang berhasil melarikan diri belum diketahui keberadaannya.

4. Korban sedang membangun jembatan

1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di PapuaIDN Times/Sukma Shakti

Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, sebelumnya mengatakan pembantaian ini diduga dilakukan saat puluhan korban tengah membangun jembatan di dua lokasi. Dari informasi masyarakat pembunuhan terhadap pekerja proyek Istaka Karya terjadi pada Minggu (2/12) di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

"Yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Kabupaten Nduga, Papua," ujarnya.

5. Kelompok kriminal bersenjata diduga membantai 31 pekerja PT Istaka Karya

1 Orang Berhasil Kabur Saat Pembantaian Pekerja Jembatan di PapuaIDN Times/Sukma Shakti

Musthofa menjelaskan kelompok kriminal bersenjata tersebut diduga telah membantai 31 pekerja PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan.

"Dari informasi yang didapat bahwa kelompok kriminal bersenjata tersebut telah melakukan pembantaian terhadap 31 orang pekerja proyek dari PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan," ujar dia. 

Musthofa turut berduka cita atas meninggalnya para korban dan mengecam tindakan dari kelompok kriminal bersenjata. "Kelompok kriminal bersenjata telah sering melakukan tindakan tidak manusiawi dari sebelum Pilkada, penyanderaan terhadap para guru dan tenaga kesehatan di Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga."

Baca Juga: Betis Gadis Kelas 6 SD Disayat Pria Misterius di Denpasar

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya