WNA Rusia Curi Sepeda Motor di Bali, Teriak di Tahanan

Pelaku dititip di Rumah Tahanan Gianyar

Gianyar, IDN Times - Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia, Georgi Razin (31), ditangkap kepolisian Gianyar karena kedapatan mencuri sepeda motor di Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar.

Ketika mendekam di tahanan, orang asing tersebut justru terus berteriak dan memukul besi di sel. Hal ini membuat tahanan lainnya merasa terganggu.

Akibat tindakannya, Georgi Razin sempat dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bali untuk diperiksa kejiwaannya. Saat ini ia dititipkan di Rumah Tahanan Gianyar.

Baca Juga: KPK Soroti Proyek Galian C di Bali: Bicara Uang Besar Ini

1. Panjat tembok dan mencoba bawa kabur sepeda motor

WNA Rusia Curi Sepeda Motor di Bali, Teriak di TahananIlustrasi Curanmor (IDN Times/Sukma Shakti)

Penangkapan terhadap Georgi Razin dilakukan pada Kamis (17/6/2022) lalu. Pada pukul 02.00 Wita, ia loncat dari tembok dan masuk ke area sebuah pondok wisata di Desa Tegalalang.

Dia kemudian berusaha membawa kabur sepeda motor jenis Vario yang kuncinya masih nyantol. Namun niatnya membawa kabur sepeda motor itu terhalang gerbang Pondok Wisata yang dirantai. Ketika akan membuka rantai, aksinya katahuan satpam. 

Saat diamankan satpam setempat, WNA Rusia itu justru marah-marah. Pihak pengelola lalu melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Ubud.

“Pelaku lalu kami amankan beserta barang buktinya,” ujar Kapolres Gianyar, AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Rabu (29/6/2022).

2. Marah-marah di tahanan dan sempat diperiksakan ke RSJ

WNA Rusia Curi Sepeda Motor di Bali, Teriak di Tahananilustrasi depresi (pixabay.com/whoismargot)

Ketika ditangkap dan ditahan sementara, Georgi tidak mengakui kesalahannya. Ia justru marah-marah dan terus berteriak sembari memukul sel besi. Hal ini membuat tahanan lainnya terganggu.

Bahkan pihak kepolisian sempat membawa Georgi ke RSJ Bali di Kabupaten Bangli untuk memeriksakan kondisi kejiwaannya. Hasilnya menunjukkan bahwa kondisi kejiwaan Georgi dalam keadaan baik.

“Kami sudah sempat periksa kondisi kejiwaan pelaku. Hasilnya normal. Mungkin saja ini akal-akalan pelaku saja,” jelas Sutha Sartana.

3. Pihak kepolisian berharap pelaku dideportasi

WNA Rusia Curi Sepeda Motor di Bali, Teriak di TahananIlustrasi warga negara asing di deportasi Bandara (Dok.IDN Times/Humas Kanwil Kemenkumham)

Karena ulahnya, Georgi Razin saat ini dititip di Rumah Tahanan Gianyar. Pihak kepolisian menyiapkan berkas perkara dalam kasus ini agar bisa segera dilimpahkan ke kejaksaan untuk diadilkan. Sutha Sartana berharap pelaku ini juga bisa dideportasi.

“Mudah-mudahan ini pelaku juga dideportasi,” jelasnya.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya