Comscore Tracker

Virus Corona Mewabah: Ratusan Wisman Masih Berwisata di Nusa Penida

Pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan di tiga pelabuhan

Klungkung, IDN Times - Tiga destinasi wisata di Lombok yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air resmi ditutup sementara guna menghindari meluasnya penyebaran virus corona. Akibatnya, eksodus wisatawan mancanegara (wisman) diperkirakan akan terjadi di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Namun hingga Rabu (18/3), belum ada lonjakan signifikan terkait kunjungan wisman ke Nusa Penida.

1. Kadis Pariwisata Klungkung belum melakukan pemantauan

Virus Corona Mewabah: Ratusan Wisman Masih Berwisata di Nusa PenidaI Nengah Sukasta, Kadis Pariwisata Klungkung. (IDN Times/Wayan Antara)

Kadis Pariwisata Klungkung, I Nengah Sukasta mengaku belum memantau adanya peningkatan arus wisatawan ke Nusa Penida meskipun ada isu eksodus wisman dari NTB ke Nusa Penida.

"Terkait adanya eksodus wisman pasca ditutupnya tiga Gili di Lombok, saya belum dapat informasi. Tapi sejauh ini, belum ada lonjakan wisman ke Nusa Penida," ujar Kadis Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta, Selasa (17/3).

2. Tercatat 400 wisatawan berwisata ke Nusa Penida dan didominasi wisman asal Eropa

Virus Corona Mewabah: Ratusan Wisman Masih Berwisata di Nusa PenidaWisawatan mancanegara yang berlibur di Nusa Penida, Klungkung, saat diperiksa suhu tubuhnya. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Nengah Sukasta menegaskan saat ini masih ada ratusan wisman yang setiap harinya ke Pulau Nusa Penida untuk berwisata. Berdasarkan data, rata-rata lebih dari 400 wisatawan tercatat berwisata ke Nusa Penida dan didominasi wisman asal Eropa.

"Wisman didominasi asal negara-negara Eropa dan berkunjung di beberapa destinasi seperti Pantai Klingking, Pantai Atuh," ungkap Sukasta.

Namun demikian, Dinas Pariwisata akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan antisipasi dengan melakukan screening ketat jika tiba-tiba ada lonjakan wisman ke Nusa Penida. Terlebih di tengah mewabahnya virus corona.

3. Belum ada petugas tambahan untuk screening

Virus Corona Mewabah: Ratusan Wisman Masih Berwisata di Nusa PenidaWisawatan mancanegara yang berlibur di Nusa Penida, Klungkung, saat diperiksa suhu tubuhnya. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kadis Kesehatan Klungkung, dr Made Adi Swapatni mengungkapkan pihaknya belum menerima informasi terkait kemungkinan eksodus wisman ke Nusa Penida. Pihaknya belum melakukan penambahan petugas untuk melakukan screening di tiga pintu masuk menuju Nusa Penida.

"Kami belum ada informasi dari Dinas Pariwisata. Walau belum ada penambahan tenaga, pemeriksaan kesehatan tetap dilakukan di tiga pelabuhan pintu masuk di Nusa Penida," jelas Adi Swapatni.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya