Comscore Tracker

Ribuan Nakes di Klungkung Bakal Disuntik Vaksin Dosis Keempat

Apakah semeton sudah siap menerima vaksin tambahan ini?

Klungkung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung memastikan bahwa setiap tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan vaksin dosis keempat. Pada tahap awal, vaksinasi ini akan menyasar seluruh nakes di rumah sakit dan puskesmas di Klungkung.

Vaksinasi dosis keempat di Kabupaten Klungkung dijadwalkan akan berlangsung besok, Sabtu (6/8/2022). Lalu bagaimana para nakes di Klungkung menanggapi rencana ini?  Mereka mengaku tidak keberatan jika harus kembali menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Jalan Rusak Akibat Pengerukan untuk Proyek PKB, Warga Klungkung Protes

1. Upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh para nakes

Ribuan Nakes di Klungkung Bakal Disuntik Vaksin Dosis Keempatilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Seorang nakes di Klungkung, Ketut Santi (28), mengatakan tidak masalah jika kembali mendapatkan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, langkah ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh para nakes yang kerap berinteraksi dengan warga yang sakit.

"Saya kan nakes. Interaksinya memang lebih sering dengan orang sakit. Tentu tidak masalah dan bahkan sangat perlu vaksinasi booster ini," ujar Santi, Kamis (4/8/2022).

Santi mengaku sudah menerima informasi bahwa Pemerintah Kabupaten Klungkung akan mulai melakukan vaksinasi dosis keempat, pada Sabtu (6/8/2022).

"Infonya mulai hari Sabtu sudah mulai vaksinasi (dosis keempat). Nanti pasti bertahap. Biasanya yang lebih dahulu nakes yang di UGD," ujarnya.

2. Vaksinasi dosis keempat menyasar 2.095 nakes di Kabupaten Klungkung

Ribuan Nakes di Klungkung Bakal Disuntik Vaksin Dosis Keempatilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr Ni Made Adi Swapatni, memastikan vaksinasi dosis keempat untuk nakes akan mulai digelar besok.

"Pada 3 Agustus, kami sudah ambil vaksin Pfizer untuk vaksin dosis keempat. Hari ini (kemarin) kami juga ambil Moderna, totalnya 100 vial dulu," ungkap Made Swapatni.

Total sasaran nakes yang akan mendapatkan vaksin dosis keempat di Kabupaten Klungkung yakni 2.095 orang. Mereka tersebar di seluruh rumah sakit dan puskemas.

"Vaksinasi nanti pasti dilakukan bertahap. Nanti teknis diserahkan ke masing-masing rumah sakit atau puskesmas. Jika vaksin kurang, nanti kami mohonkan lagi di provinsi," jelasnya.

3. Vaksinasi dosis keempat diprioritaskan untuk nakes di garda depan

Ribuan Nakes di Klungkung Bakal Disuntik Vaksin Dosis Keempatilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Wadir Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Klungkung, drg Ratna Dwijawati, mengungkapkan vaksinasi dosis keempat nanti akan diprioritaskan untuk nakes di garda depan pelayanan, termasuk nakes yang bertugas di Unit Gawat Darurat (UGD).

"Nanti biasanya nakes yang didahulukan itu yang tugas di garda depan, seperti nakes di UGD misalnya. Barulah nanti nakes yang di ruang perawatan," ujar Ratna Dwijawati.

Khusus di RSUD Klungkung, sasaran vaksinasi dosis keempat berjumlah 1.113 orang, mulai dari nakes hingga tenaga penunjang operasional rumah sakit.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya