Owner Hotel Terbakar di Padangbai Selamat saat ke Toilet

Kakek Sadiasna dan istrinya tidur terlelap saat kejadian

Karangasem, IDN Times- Kebakaran hebat hotel dan restoran di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem menyebabkan kerugian materiel sekitar Rp5 miliar. Total 20 bangunan ludes terbakar. Pemilik (owner) Hotel dan Restaurant Padangbai Inn, Wayan Sadiasna (74), dan istrinya selamat dalam peristiwa ini. Sadiasna menjadi saksi mata yang pertama kali melihat api muncul dari bangunan di sisi timur kamar tidurnya.

"Kejadiannya sekitar pukul 23.30 Wita. Saya lihat ada api di atas atap bangunan di selatan kamar saya," ujar Sadiasna, Senin (22/7/2024).

Ketika itu Sadiasna tidur terlelap bersama istrinya di Lantai 1 hotel. Ia terbangun karena hendak buang air kecil. Ia melihat ada api di bangunan sisi timur kamar tidurnya. Api tersebut melalap bangunan yang beratap ilalang.

"Saya langsung berusaha bangunkan istri dan sama-sama berusaha keluar kamar selamatkan diri," ungkap Sadiasna.

Ia dan istrinya bersyukur bisa selamat--termasuk wisatwan yang menginap di hotelnya--meskipun mengalami kerugian materiel yang besar.

"Saat kejadian anak-anak saya dan cucu semua di Denpasar. Saya berdua dan istri di sini," katanya.

Baca Juga: Kebakaran, Turis di Bali Selamatkan Diri Lewat Tiang Listrik

1. Ada 19 tamu yang menginap di hotel milik Sadiasna

Owner Hotel Terbakar di Padangbai Selamat saat ke ToiletLokasi kebakaran hotel dan restoran di Kabupaten Karangasem, Minggu (22/7/2024). (IDN Times/Wayan Antara)

Sembilan belas tamu sedang menginap di hotelnya Sadiasna saat kejadian. Semua berhasil selamat setelah menuju ke balkon Lantai 2, dan turun ke jalan raya dengan cara merosot dari tiang listrik.

"Mereka saat ini sudah berwisata ke Gili, ada yang diving. Padahal rata-rata mereka berencana menginap empat hari. Tapi dengan musibah ini mungkin mereka pindah," kata Sadiasna.

2. Dua sepeda motor ludes terbakar

Owner Hotel Terbakar di Padangbai Selamat saat ke ToiletLokasi kebakaran hotel dan restoran di Kabupaten Karangasem, Minggu (22/7/2024). (IDN Times/Wayan Antara)

Selain 20 bangunan, kebakaran ini juga menghanguskan dua unit sepeda motor. Masing-masing satu unit sepeda motor KLX, dan motor matic yang tersisa kerangka.

"Bangunan yang ludes terbakar, kebetulan banyak yang kosong," ungkap Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Kompol I Nyoman Merta Kariana.

3. Pemicu kebakaran masih menunggu hasil penyelidikan Labfor Polda Bali

Owner Hotel Terbakar di Padangbai Selamat saat ke ToiletHotel dan restaurant yang terbakar di Padangbai, Wayan Sadiasna. (IDN Times/Wayan Antara)

Pihak kepolisian belum berani menduga-duga pemicu kebakaran ini, termasuk memperkirakan titik api saat pertama kali muncul. Penyelidikan kebakaran ini akan dilakukan oleh Labfor (lab forensik) Kepolisian Daerah (Polda) Bali.

"Kami juga masih menunggu hasil labfor," jelas Merta.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya