Comscore Tracker

Klungkung Bakal Punya Ambulans Laut Tahun 2021 Mendatang

Ambulans ini khusus melayani warga Nusa Penida

Klungkung, IDN Times - Warga Nusa Penida selama ini sangat membutuhkan ambulans khusus di laut. Karena warga di sana harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk sewa boat komersial, ketika ada anggota keluarganya sakit, dan harus dirujuk ke Klungkung daratan. Karena itu Pemerintah Kabupaten Klungkung menganggarkan dana untuk membeli boat sebagai ambulans laut.

1. Belum ada transportasi laut yang khusus melayani tindakan emergency di Klungkung

Klungkung Bakal Punya Ambulans Laut Tahun 2021 MendatangDok.IDN Times/Istimewa

Center For Publik Helath Innovation, dr Aryani, menyatakan sebagai wilayah kepulauan, sampai saat ini belum ada alat transportasi laut di wilayah Klungkung yang memiliki spesifikasi khusus untuk tindakan medis. Padahal secara umum, ambulans laut ini sangat dibutuhkan. Terutama untuk melayani rujukan pasien dari Nusa Penida ke Klungkung daratan.

"Selama ini memang ada kapal boat publik yang disediakan pihak swasta. Namun boat ini tidak dapat beroperasi 24 jam, dan biaya carter boat umum ini biasanya sangat mahal, walau dimanfaatkan untuk rujukan emergency," ujar Aryani.

2. Pengadaan ambulans laut menelan anggaran Rp2 miliar

Klungkung Bakal Punya Ambulans Laut Tahun 2021 MendatangBupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pengadaan ambulans laut ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp2 miliar. Spesifikasinya berupa kapal boat yang dilengkapi dua bed dan peralatan medis. Biaya operasional dari ambulans laut ini pun diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp200 juta per tahun.

"Ambulans laut ini berperan sangat vital dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Nusa Penida," ujar Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, Rabu (18/12).

3. Ambulanse laut ini ditarget beroperasi pada 2021 mendatang

Klungkung Bakal Punya Ambulans Laut Tahun 2021 MendatangDok.IDN Times/Istimewa

Bupati Suwirta melanjutkan, selama ini memang belum ada transportasi laut yang khusus untuk merujuk pasien dari Nusa Penida ke rumah sakit yang berada di Klungkung daratan. Dengan keberadaan ambulans laut ini, pihaknya berharap dapat melakukan pemerataan layanan kesehatan antara Nusa Penida dan Klungkung daratan.

"Pelaksanaan pengadaan ambulans laut ini harus sesuai dengan perencanaan. Saya berharap tahun 2021, ambulans laut ini sudah mulai beroperasi," ujar Suwirta.

Terlebih di Nusa Penida juga sudah beroperasi Rumah Sakit (RS) Pratama, yang nanti pelayanannya bisa ditunjang oleh keberadaan ambulans laut.

"Saya juga berharap, ambulans laut ini bisa mengurangi tingkat kefatalan, saat merujuk pasien darurat dari Nusa Penida ke Klungkung daratan," harapnya.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya