Hilang Semalaman, Bocah 5 Tahun Ditemukan Lemas di Sungai

Miko diduga lupa jalan pulang saat bermain ke sungai

Karangasem, IDNTimes - Seorang anak berusia 5 tahun asal Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem ditemukan lemas setelah sempat dinyatakan hilang pada Kamis malam (21/9/2023).

Tim SAR gabungan menemukan bocah bernama Miko itu pada Jumat pagi (22/9/2023). Miko ditemukan dalam keadaan lemas di aliran sungai. Lokasi sungai tersebut berada ditengah hutan, yang berjalan sekitar 1 kilometer dari rumah Miko.

Baca Juga: Lapas Tabanan Serahkan 129 Nama Pemilih ke KPU Tabanan

1. Pencarian tengah malam tidak membuahkan hasil

Hilang Semalaman, Bocah 5 Tahun Ditemukan Lemas di SungaiTim SAR saat evakuasi anak 5 tahun yang dilaporkan hilang di Karangasem.(Dok. IDN Times/Basarnas Bali)

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), mendapatkan laporan hilangnya Miko pada Kamis (21/9/2023) sekitar pukul 22.00 Wita. Laporan tersebut langsung direspons koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem.

"Tengah malam sekitar Pukul 00.00 Wita, kami tiba di lokasi. Kami tengah malam itu juga langsung melakukan upaya pencarian," ujar koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana, Jumat (22/9/2023).

Pencarian malam itu terkendala jarak pandang yang terbatas, sehingga upaya pencarian malam itu nihil hasil.

"Karena situasi gelap, jarak pandang sangat terbatas. Pencarian kami lanjutkan Jumat pagi (22/9/2023) pukul 07.00 Wita," jelas I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana. 

2. Penemuan handphone di jalur sungai jadi petunjuk keberadaan Miko

Hilang Semalaman, Bocah 5 Tahun Ditemukan Lemas di SungaiTim SAR saat evakuasi anak 5 tahun yang dilaporkan hilang di Karangasem.(Dok. IDN Times/Basarnas Bali)

Tim SAR gabungan melanjutkan upaya pencarian terhadap Miko, Jumat (22/9/2023) pukul 07.00 Wita. Kediaman keluarga Miko ternyata tidak jauh dari hutan.

Tim SAR lalu membagi 3 regu untuk melakukan pencarian, yang difokuskan pada penelusuran alur sungai di hutan.

"Tim 1 turun menyusur sungai, tim 2 ke arah utara dan tim 3 ke arah selatan, di atas sepanjang sungai," ungkap Ngurah Eka Wiadnyana.

Tidak lama berselang, ada laporan dari Babinkamtibmas, ada temuan handphone di hutan wilayah Banjar Sangan. Penemuan gadget ini menjadi petunjuk penting keberadaan Miko.

"Di seputaran penemuan HP tersebut ada sungai, kami menurunkan lagi tim untuk menelusuri aliran sungai tersebut," imbuh Ngurah Eka Wiadnyana.

3. Miko ditemukan dalam kondisi lemas di kubangan air

Hilang Semalaman, Bocah 5 Tahun Ditemukan Lemas di SungaiTim SAR saat evakuasi anak 5 tahun yang dilaporkan hilang di Karangasem.(Dok. IDN Times/Basarnas Bali)

Upaya Tim SAR tidak sia-sia. Dari menelusuri sungai, Miko akhirnya ditemukan. Ia ditemukan sekitar Pukul 08.30 Wita, di sebuah kubangan yang berada di aliran sungai.

Kondisi Miko saat itu sadar, namun ia tampak lemas dan pucat dalam keadaan jongkok.

Selanjutnya ia dibawa dengan sepeda motor oleh pihak keluarga menuju puskesmas terdekat. Berdasarkan pemeriksaan medis di Puskesmas Manggis 2, kondisi Miko dalam keadaan baik.

Unsur SAR yang terlibat diantaranya Basarnas Bali, BPBD Karangasem, Babinkantibmas Tenganan, Babinsa Tenganan, Camat Desa Manggis, K9 Polda Bali, SAR Dog, Polsek Manggis, keluarga korban dan masyarakat setempat.

Baca Juga: WNA Penganiaya Polisi di Sunset Road Dikurung Satu Bulan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya