Dua WNA Inggris Tersesat saat Mendaki Gunung Agung, Evakuasi Sulit       

Terkendala jarak pandang karena kabut

Karangasem, IDN Times - Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris dilaporkan tersesat di Gunung Agung. Liam (27) dan Alex (19) dilaporkan tersesat oleh Konsulat Inggris, pada Kamis (27/10/2022) malam, karena tidak kunjung kembali setelah mendaki Gunung Agung di Kabupaten Karangasem.

Tim SAR yang menerima laporan tersebut, malam itu juga langsung melakukan upaya evakuasi untuk mencari keberadaan kedua wisatawan asing yang dilaporkan tersesat.

Baca Juga: Perempuan Asal Buleleng Dibunuh Suami, Motif Pelaku Belum Terungkap

1. Korban ditemukan dalam keadaan selamat

Dua WNA Inggris Tersesat saat Mendaki Gunung Agung, Evakuasi Sulit       Evakuasi 2 WNA Tersesat di Gunung Agung. (Basarnas Bali)

Tim SAR menerima laporan dari Konsulat Inggris tentang dua WNA yang tersesat, pada Kamis (27/10/2022) malam, pukul 21.40 Wita. Sesaat setelah menerima laporan, tim rescue dari Pos SAR Karangasem berangkat menuju pos pendakian Gunung Agung, 21.55 Wita.

Tim SAR gabungan langsung melakukan pendakian dari Pura Pasar Agung. Tim menelusuri jalan setapak yang curam untuk menuju ketinggian 1.800 Mdpl.

Kedua korban akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat sekitar pukul Pukul 04.45 Wita. Mereka ditemukan tersesat di ketinggian 1.830 Mdpl.

"Pukul 04.45 Wita, target ditemukan dalam keadaan selamat pada ketinggian 1.830 Mdpl. Kemudian target kami evakuasi menuju Telungbuana, Desa Sebudi, " ujar Koordinator Pos SAR Karangasem, Gusti Ngurah Eka Widnyana, Jumat (22/20/2022).

2. Evakuasi sulit, hutan lebat dan berkabut

Dua WNA Inggris Tersesat saat Mendaki Gunung Agung, Evakuasi Sulit       Evakuasi 2 WNA Tersesat di Gunung Agung. (Basarnas Bali)

Proses evakuasi dua WNA tersebut juga diakui cukup sulit. Ketika kejadian, wilayah di sekitar Gunung Agung sempat diguyur hujan. Tim menghadapi kendala jalan setapak yang tidak terlihat karena pekatnya kabut. 

"Jarak pandang sangat terbatas karena cuaca berkabut dan hutan yang lebat," ujar Gusti Ngurah Eka Widnyana.

Saat cuaca cerah dan matahari sudah terbit, tim SAR gabungan mengevakuasi korban menuju arah Embung Telungbuana. Keduanya dapat turun dengan kondisi selamat.

3. Seorang korban mengalami cedera kaki

Dua WNA Inggris Tersesat saat Mendaki Gunung Agung, Evakuasi Sulit       Evakuasi 2 WNA Tersesat di Gunung Agung. (Basarnas Bali)

Kedua WNA asal Inggris tersebut sampai di Desa Sebudi sekitar pukul 07.07 Wita. Alex mengalami cedera kaki saat mendaki Gunung Agung. Ia dibawa ke Puskesmas Selat dengan menggunakan Ambulance PMI Karangasem. 

Dalam upaya pencarian kedua WNA Inggris tersebut, tim SAR gabungan yang terlibat di antaranya Basarnas Bali (Pos SAR Karangasem), Kodim 1623 Karangasem, PMI Karangasem, Babinsa Sebudi, Babinkantibmas Sebudi, Babinsa Selat, Babinkantibmas Selat, Polsek Selat, BPBD Karangasem, serta pemandu lokal (Organisasi Pemandu Argayana Pasar Agung). 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya