Belasan Pamedek Terjebak Banjir di Pura Goa Raja Karangasem

Mereka dievakuasi hingga malam hari

Karangasem, IDN Times - Belasan pamedek (sebutan umat Hindu) terjebak di Pura Goa Raja di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Kamis (6/4/2023). Mereka dievakuasi karena sungai yang berada tidak jauh dari Pura Goa Raja diterjang banjir.

Tim evakuasi yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, BPBD Klungkung, dan pihak lainnya harus mencari cara untuk mengevakuasi belasan pamedek tersebut. Dikhawatirkan debit air sungai semakin besar, dan bisa saja menerjang para pamedek yang bertahan di Pura Goa Raja.

Baca Juga: 10 Fakta Upacara Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih

1. Tim menerima laporan ada pamedek terjebak pada sore hari

Belasan Pamedek Terjebak Banjir di Pura Goa Raja KarangasemIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, I Putu Widiada, menjelaskan petugas BPBD Klungkung, BPBD Gianyar, dan BPBD Karangasem mendapat tugas jaga di Pos Utama Pura Besakih, terkait karya Ida Bethara Turun Kabeh.

"Kebetulan BPBD Klungkung hari ini dapat jadwal dari jam 3 sore sampai jam 9 malam. TRC Kabupaten Klungkung yang bertugas ada 2 orang," ungkap Widiada, Kamis (6/4/2023).

Berdasarkan laporan informasi dari warga yang ia terima, para pamedek terjebak di Pura Goa Raja sekitar pukul 17.50 Wita. Tim gabungan dari BPBD Klungkung yang kebetulan sedang piket bersama BPBD Gianyar, dan pihak lainnya langsung melakukan upaya penyelamatan.

2. Belasan pamedek bertahan di Pura Goa Raja menunggu evakuasi

Belasan Pamedek Terjebak Banjir di Pura Goa Raja KarangasemBelasan pemedek terjebak di Pura Goa Raja, di Desa Besakih. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Widiada menyebutkan, jumlah pamedek yang terjebak di Pura Goa Raja ada belasan orang. Mereka tidak bisa kembali ke jalan utama karena sungai yang tak jauh dari Pura Goa Raja diterjang banjir cukup besar.

"Informasi yang saya terima, ada belasan warga yang terjebak di Pura Goa Raja," jelas Widiada.

Sebelumnya, rombongan pamedek itu sedang melaksanakan persembahyangan di Pura Goa Raja di tengah hujan. Namun tiba-tiba air sungainya mengalir sangat deras. Mereka sempat menunggu sekitar satu jam, namun air tidak kunjung surut.

3. Evakuasi dilakukan melalui jalan lain

Belasan Pamedek Terjebak Banjir di Pura Goa Raja KarangasemBelasan pemedek terjebak di Pura Goa Raja, di Desa Besakih. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Proses evakuasi terhadap pemedek yang terjebak di Pura Goa Raja berlangsung hingga malam hari. Karena debit air sungainya kian deras, proses evakuasi dilakukan dari jalan setapak di sisi timur Pura Goa Raja dengan bantuan tali tambang.

"Mereka semuanya berhasil dievakuasi dengan selamat," ungkap Widiada.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya