724 Sambungan Dicabut, Tahun 2023 PDAM Tabanan Malah Naikkan Target

Properti di Tabanan dinilai mulai menggeliat

Tabanan, IDN Times - PDAM Tabanan atau juga dikenal dengan Perumda Tirta Amerta Buana (TAB) Tabanan, untuk pertama kalinya menaikkan target pasangan sambungan rumah (SR) baru.

Biasanya target yang dipasang dalam setahun adalah 1.300 SR, namun pada tahun 2023 ini, target dinaikkan menjadi 1.425 SR. Meski bertambah, Perumda TAB Tabanan berjanji hal itu tidak akan memengaruhi debit air dan layanan kepada konsumen yang sudah ada.

Baca Juga: Daftar Gaji Panwaslu Kecamatan dan Desa di Tabanan

1. Target dinaikkan karena menggeliatnya bisnis properti

724 Sambungan Dicabut, Tahun 2023 PDAM Tabanan Malah Naikkan TargetIlustrasi maket properti. ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Alasan dinaikkannya target sambungan menjadi 1.425 SR, karena melihat adanya potensi usaha properti yang mulai menggeliat kembali di Tabanan, utamanya di Kecamatan Kediri, Tabanan, dan Kerambitan. 

Kabag Langganan, I Kade Sudiana, mengatakan penambahan sambungan ini sudah sesuai hitungan dan kalkukasi. Artinya, tak sampai ke depannya memengaruhi debit air ke pelanggan.

"Dengan dipasangnya target ini, Perumda TAB Tabanan menjamin tak sampai memengaruhi kualitas dan debit air pelanggan," ujarnya, Kamis (12/1/2023).

2. Perumda TAB Tabanan memiliki 34 sumber air

724 Sambungan Dicabut, Tahun 2023 PDAM Tabanan Malah Naikkan TargetPetugas Perumda TAB Tabanan saat memperbaiki pipa transmisi yang alami masalah setelah adanya longsor karena curah hujan tinggi (Dok.IDN Times/Humas Perumda TAB Tabanan)

Dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi 60.958 SR, Perumda TAB Tabanan saat ini memiliki 34 sumber air yang terdiri dari 25 mata air dan 9 sumber air permukaan. Meski ditambah dengan target 1.425 SR di tahun 2023 ini, menurut Sudiana sumber mata air tersebut masih bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan.

"Jadi kami juga belum berencana menambah sumber air baru dan memanfaatkan yang ada. Dari jumlah sumber mata air ini, dari perhitungan kami, masih berlebih sehingga diputuskan untuk menambah sambungan lebih tinggi," jelas Sudiana.

3. Ratusan pencabutan karena tunggakan rekening dan pengunduran diri

724 Sambungan Dicabut, Tahun 2023 PDAM Tabanan Malah Naikkan TargetSalah satu reservoir milik Perumda TAB Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Perumda TAB)

Selain memasang target pemasangan SR baru lebih tinggi dari sebelumnya, ternyata sepanjang tahun 2022, ada juga pelanggan Perumda TAB Tabanan yang dicabut sambungannya. Jumlahnya cukup banyak. Terdata sebanyak 724 SR yang dicabut sepanjang tahun 2022. Adapun alasan pencabutan, menurut Sudiana, karena adanya tunggakan rekening dan ada yang mohon pengunduran diri karena sudah memakai sumur bor. 

Perumda TAB Tabanan memiliki aplikasi SimpelTAB yang bisa di-download di PlayStore. Dalam aplikasi ini pelanggan bisa mengetahui tagihan, menyampaikan keluhan, hingga membaca meter mandiri. 

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya