Tiket Masuk Alas Kedaton di Bali Turun Harga, Yuk Berangkat!

Kuy, terbatas waktunya #Bali

Tabanan, IDN Times - Objek wisata di Kabupaten Tabanan tidak hanya Tanah Lot, Ulun Danu Beratan, dan Jatiluwih. Ada objek wisata Alas Kedaton yang terkenal dengan wisata alamnya mulai dari hutan dan populasi kera. Lokasinya di Desa Kukuh, Kecamatan Marga.

Dengan mulai dibukanya geliat pariwisata di Bali, Alas Kedaton mengambil beberapa langkah untuk menarik pengunjung, satu di antaranya menurunkan harga tiket selama Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Baca Juga: Menengok Tradisi Luluran Gadis Pubertas di Tabanan Bali

1. Harga tiket diturunkan menjadi Rp5 ribu, berlaku selama Hari Raya Galungan dan Kuningan

Tiket Masuk Alas Kedaton di Bali Turun Harga, Yuk Berangkat!Pengunjung di objek wisata Alas Kedaton (Dok.IDN Times/Istimewa)

Tiket masuk ke Alas Kedaton normalnya sebesar Rp20 ribu untuk pengunjung lokal dewasa, dan Rp15 ribu untuk anak-anak. Sementara untuk wisatawan asing tarifnya Rp30 ribu untuk dewasa, dan Rp25 ribu untuk anak-anak.

Namun berkenaan dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan, tiket masuknya hanya dikenakan Rp5 ribu. Harga murah ini diberlakukan selama Hari Raya Kuningan tanggal 18 Juni 2022, dan Hari Umanis Kuningan 19 Juni 2022 mendatang.

Langkah penurunan harga tiket ini cukup efektif, pada Kamis (9/6/2022), di mana jumlah pengunjung ke Alas Kedaton sudah tembus seribu orang lebih.

"Patokannya pada tiket masuk yang habis. Sampai Kamis siang, sudah sepuluh bendel tiket habis. Satu bendel isinya seratus lembar tiket," ujar Bendesa Adat Kukuh, I Gusti Ngurah Artha Wijaya, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: 6 Tradisi Unik Galungan di Bali, Tak Sekadar Ritual Belaka

2. Alas Kedaton suguhkan pertunjukan kesenian dan hiburan

Tiket Masuk Alas Kedaton di Bali Turun Harga, Yuk Berangkat!Pengunjung di objek wisata Alas Kedaton (Dok.IDN Times/Istimewa)

Selain menurunkan harga tiket selama Galungan dan Kuningan, Alas Kedaton juga menyuguhkan pertunjukan kesenian serta hiburan. Pertunjukan ini seperti tarian Bali, ngelawang Barong Bangkung, live music, pasar dadakan, dan flying fox.

"Pengunjung lokal yang datang tidak hanya dari Tabanan saja tetapi juga luar daerah seperti Kabupaten Badung, Kota Denpasar," kata Artha Wijaya.

3. Wahana permainan flying fox jadi favorit pengunjung

Tiket Masuk Alas Kedaton di Bali Turun Harga, Yuk Berangkat!Pengunjung Alas Kedaton yang mencoba flying fox (Dok.IDN Times/Istimewa)

Flying fox termasuk wahana permainan yang paling banyak diminati oleh pengunjung Alas Kedaton. Wahana yang dikelola oleh Pemerintah Desa Kukuh ini, memanfaatkan lahan milik desa adat setempat pada bagian belakang hutan Alas Kedaton.

Sejak pagi, menurut Perbekel Desa Kukuh, I Made Sugianto, pengunjung sudah antre untuk mencoba wahana permainan yang tarifnya Rp10 ribu per orang ini.

"Bahkan yang datang itu sampai luar Tabanan. Ada yang dari Denpasar seperti Renon dan Padangsambian. Ada juga yang dari Kerobokan, Kabupaten Badung," terangnya.

Ia mengakui, dibandingkan enam bulan lalu, pengunjung selama Umanis Galungan kali ini lebih ramai.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya