77 Objek di Tabanan Berpotensi Mendatangkan Pendapatan

Bakalan banyak tukang parkir nih, guys

Tabanan, IDN Times - Tugas Kelompok Kerja (Pokja) II Panitia Khusus (Pansus) Pendapatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabanan melakukan sanding data terkait retribusi parkir di wilayah Kabupatwn Tabanan. Ada dua lokasi pasar yang menjadi sasaran kroscek, pada Rabu (16/3/2022) kemarin. Yaitu Pasar Dauh Pala di Kecamatan Tabanan, dan Pasar Bajera di Kecamatan Selemadeg.

Sanding data ini bertujuan untuk menyimpulkan langkah tepat dalam memaksimalkan pendapatan retribusi parkir.

Baca Juga: Angkutan Siswa Trans Serasi di Tabanan Diaktifkan Kembali

1. Sanding data dilakukan untuk mengambil langkah pemaksimalan pendapatan retribusi parkir

77 Objek di Tabanan Berpotensi Mendatangkan PendapatanSuasana Pasar Dauh Pala. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Ketua Pokja II Pansus DPRD Tabanan, I Wayan Lara, mengatakan jajarannya mengecek langsung retribusi parkir yang dipungut di Pasar Dauh Pala dan Pasar Bajera. Pihaknya mengecek pendapatan retribusi dalam satu hari, lalu disandingkan dengan data yang sudah mereka dimiliki.

“Tujuan kami turun ke lapangan saat ini adalah mencari data. Dengan adanya data ini,  nanti bisa menyimpulkan di bagian mana yang perlu dimaksimalkan. Sedangkan yang sudah dikelola, ditingkatkan lagi pengelolaannya. Namun yang belum, tentu akan dicari solusinya,” jelasnya saat ditemui di Pasar Dauh Pala, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga: Tabanan Tutup Lokasi Isoter, Kasus COVID-19 Hanya 1 Digit

2. Pendapatan retribusi parkir di Pasar Dauh Pala sebesar Rp1,2 juta per hari

77 Objek di Tabanan Berpotensi Mendatangkan Pendapatanilustrasi uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Berdasarkan hasil kroscek data Pokja II Pansus Pendapatan DPRD Tabanan yang mengunjungi Pasar Dauh Pala, diketahui dalam sehari terdapat dua shift pagi dan sore hari, dengan rata-rata pendapatan retribusi parkir sebesar Rp1,2 juta per hari. Pendapatan ini langsung disetorkan ke Dinas Perhubungan Tabanan pada hari itu juga. Selain itu, retribusi parkir Pasar Dauh Pala juga ada yang dikelola oleh desa adat.

"Mengenai hal ini, harus dikomunikasikan dengan desa adat setempat," ujar Lara.

Baca Juga: Vaksinasi Booster di Tabanan Melebihi Target 30 Persen

3. Sebanyak 77 objek di Tabanan berpotensi mendatangkan pendapatan dari retribusi parkir

77 Objek di Tabanan Berpotensi Mendatangkan PendapatanPasar Dauh Pala Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Lara melanjutkan, dalam pertemuan sebelumnya, terdapat data khusus untuk objek yang berpotensi sebagai retribusi parkir di Tabanan. Yaitu 77 objek masing-masing rinciannya adalah 31 objek dikelola oleh Dinas Perhubungan Tabanan, 18 objek dikelola oleh adat, dan yang belum dikelola sebanyak 28 objek.

Kroscek data ini diharapkan ada persamaan persepsi antara eksekutif maupun legislatif untuk mengoptimalkan pendapatan melalui pajak dan retribusi parkir.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya