Comscore Tracker

16 Kru Kapal Diamond Princess Asal Bali Pulang Hari Ini

Selamat datang kembali. Semoga tetap sehat ya

Denpasar, IDN Times - Sebanyak 16 kru Kapal Pesiar Diamond Princess asal Bali direncanakan pulang Minggu (15/3) ini. Para kru yang dikarantina di Pulau Sebaru Kecil selama 14 hari ini telah menjalani serangkaian pemeriksaan dan dinyatakan bebas dari virus corona.

1. Tidak ada penjemputan khusus dari Pemprov Bali

16 Kru Kapal Diamond Princess Asal Bali Pulang Hari IniKepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Bali, Ketut Suarjaya. (IDN Times/Ayu Afria Ulita)

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, mengatakan total kru Diamond Princess asal Bali berjumlah 59 orang. ''Sebanyak 43 orang sudah pulang Sabtu (14/3) sementara yang 16 orang sisanya Minggu (15/3) ini,'' ujar Suarjaya saat dihubungi IDN Times Minggu (15/3).

Namun tidak ada penjemputan khusus, kata Suarjaya. Karena masing-masing kru telah dijemput oleh keluarganya sendiri.

Baca Juga: 5 Saran Diskes Bali Tangkal Virus Corona, Masker Langka Tak Masalah!

2. Mereka tetap dipantau oleh tim surveilans

16 Kru Kapal Diamond Princess Asal Bali Pulang Hari IniIlustrasi virus corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski dinyatakan aman dari virus corona dan dinyatakan sehat, namun menurut Suarjaya mereka tetap dipantau oleh tim surveilans.

''Sebenarnya mereka itu sudah sehat. Jadi jika misalnya tiba-tiba jatuh sakit seperti demam dan batuk, agar segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,'' imbaunya.

Baca Juga: 4 Cara RSUP Sanglah Denpasar Mencegah Penyebaran Virus Corona

3. Total ada 69 kru kapal yang dipulangkan ke daerahnya masing-masing

16 Kru Kapal Diamond Princess Asal Bali Pulang Hari IniJuru bicara penanganan virus corona/COVID-19, Achmad Yurianto (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara itu pada tanggal 13 Maret 2020, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan sembilan kru kapal Pesiar Diamond Princess yang menjalani masa karantina di Jepang karena positif tertular virus corona beberapa waktu lalu, telah dinyatakan sembuh.

Dari sembilan kru kapal itu, sebanyak enam orang telah kembali ke Tanah Air. Sedangkan tiga kru lainnya yang sembuh belakangan tiba di Indonesia malam itu (13/3).

Pria yang akrab disapa Yuri itu mengatakan, pemerintah akan menampung sembilan ABK itu lebih dulu. Rencananya akan dikarantina di Badan Pelatihan Kesehatan Cikarang selama dua pekan.

"Mereka akan kami tampung dulu sambil menunggu rombongan besarnya (yang berada di Pulau Sebaru Kecil)," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jumat (13/3) lalu. 

"Sembilan ABK Diamond Princess yang semula sakit dan dirawat di Jepang, alhamdullilah sembilan pulang semua dengan sertifikat sembuh yang diberikan dari rumah sakit di Jepang," lanjutnya.

Sembilan ABK itu akan dipulangkan ke daerah asal bersamaan dengan 69 kru kapal Diamond Princess lain yang berada di Pulau Sebaru Kecil.

Baca Juga: Lambatnya Info Hasil Lab Pasien Virus Corona Jadi Bumerang Buat Bali

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya