Jadi Tuan Rumah WWF 2024, Tabanan Akan Bangun Museum Air

Pembangunan dilakukan di lahan seluas 6 hektare

Tabanan, IDNTimes - Tabanan akan membangun museum air di kawasan Museum Subak, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Pembangunan Museum Air ini sebagai salah satu langkah persiapan Kabupaten Tabanan akan menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) 2024 mendatang. 

1. Tabanan dipilih sebagai tuan rumah WWF karena merupakan lumbung beras Bali

Jadi Tuan Rumah WWF 2024, Tabanan Akan Bangun Museum AirSawah di Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya, mengonfirmasil, Tabanan akan menjadi tuan rumah WWF 2024 mendatang. Forum tingkat dunia ini dijadwalkan akan digelarMei 2024 dan dihadiri oleh sekitar 250 negara seperti halnya ajang G20.

Menurutnya banyak kabupaten/kota di Bali ingin menjadi tuan rumah WWF. "Tabanan kemudian terpilih karena merupakan lumbung pangan dan berasnya Bali dan terdapat Museum Subak," ujar Sanjaya, Jumat (24/3/2023)

2. Museum air akan dibangun di lahan seluas 6 hektare

Jadi Tuan Rumah WWF 2024, Tabanan Akan Bangun Museum AirSawah di Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Sanjaya mengatakan, Museum Air akan dibangun dilahan seluas 6 hektare di kawasan Museum Subak. "Detail mengenai pembangunan dan penyelenggaraan WWF masih menunggu informasi dari pusat," ujarnya.

Museum Air tersebut diharapkan dapat selesai dibangun Desember 2023 dan akan dihadle oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Saat ini proses pembangunan memasuki tahap tender di pusat. 

"Selain nantinya ada Museum Air, di Tabanan juga sudah ada  Museum Subak sebagai ciri khas Tabanan sebagai daerah agraris," ujar Sanjaya. 

3. WWF diharapkan beri dampak positif bagi pembangunan di Tabanan

Jadi Tuan Rumah WWF 2024, Tabanan Akan Bangun Museum AirSawah di Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani

Dengan adanya WWF di Tabanan,  Sanjaya berharap akan berdampak positif pada pembangunan daerah. Terlebih lagi, Museum Air tersebut nantinya akan diakui oleh UNESCO dan pengelolaannya akan diserahkan kepada Kabupaten Tabanan.

"Jika pusat telah menyerahkannya kepada Tabanan, tentu akan berdampak positif. Wisata baru akan hadir dan hal ini tentu saja berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujar Sanjaya.

Baca Juga: Lapas Tabanan Serahkan 129 Nama Pemilih ke KPU Tabanan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya