Comscore Tracker

Hasil Swab 57 Petugas Puskesmas di Tabanan Turun, Satu Orang Positif

Petugasnya berasal dari Badung

Tabanan, IDN Times - Klaster COVID-19 di rumah sakit (RS) swasta wilayah Kabupaten Tabanan semakin meluas ke layanan puskesmas. Sehingga satu puskesmas harus ditutup sementara semenjak ada petugasnya yang positif COVID-19 dari klaster RS swasta tersebut.

Sebanyak 57 petugas puskesmas ini kemudian dilakukan tes swab dan hasilnya sudah turun, baik tes swab pertama dan kedua. Hasilnya dari 57 orang yang dites, satu petugas kesehatan dinyatakan positif.

Baca Juga: Penyebaran COVID-19 Klaster RS Swasta di Tabanan Meluas

1. Petugas kesehatan yang positif ini merupakan warga Badung

Hasil Swab 57 Petugas Puskesmas di Tabanan Turun, Satu Orang PositifIDN Times/Wira Sanjiwani

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan, I Gede Susila, diwakili oleh juru bicaranya, Putu Dian Setiawan, mengatakan jika petugas kesehatan yang positif teraebut merupakan warga asal Badung. Kartu Tanda Penduduknya (KTP) Badung dan tinggal di Badung. Karena itu petugas kesehatan ini masuk ke dalam kasus COVID-19 Kabupaten Badung.

"Saat ini pasien dirawat di Badung," Kata Dian, Minggu (28/6).

Baca Juga: Rapid Test di Tabanan Gratis Khusus Pelaku Perjalanan, Ini Syaratnya

2. Puskesmas siap buka kembali tanggal 30 Juni

Hasil Swab 57 Petugas Puskesmas di Tabanan Turun, Satu Orang PositifSosialisasi mengenai penanggulangan Covid-19 di Tabanan pada Kamis (9/4). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dengan turunnya hasil tes swab ini dan menyatakan 56 dari 57 petugas puskesmas negatif COVID-19, memberikan jaminan jika layanan puskesmas sudah aman untuk dibuka kembali. Layanan puskesmas tersebut sudah hampir seminggu tutup.

"Uji swab ini memastikan adanya virus atau tidak. Hasilnya hanya satu positif dan sudah dirawat. Sementara 56-nya (Petugas) negatif. Sehingga layanan puskesmas akan kembali dibuka," jelas Dian.

Layanan Puskesmas akan dibuka kembali sesuai dengan protokol kesehatan, Selasa (30/6) mendatang.

Baca Juga: RS Swasta di Tabanan Jadi Klaster Setelah Ada 8 Orang Positif COVID-19

3. Tabanan tambah lima kasus positif baru

Hasil Swab 57 Petugas Puskesmas di Tabanan Turun, Satu Orang PositifIDN Times

Dari data GTPP COVID-19 Tabanan per Minggu (28/6), tercatat penambahan lima kasus baru yang semuanya merupakan transmisi lokal. Dengan tambahan lima kasus ini, Tabanan mencatat total warganya yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 66 orang. Masing-masing 35 orang sembuh dan 31 orang dalam perawatan. Adapun 31 pasien ini dirawat di:

  • RS Bali Mandara (1 orang)
  • Bapelkesmas Denpasar (1 orang)
  • RSUD Tabanan (1 orang)
  • RSUP Sanglah (2 orang)
  • RSPTN Udayana (5 orang)
  • Hotel di Badung (6 orang)
  • UPTD RS Nyitdah (15 orang)

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya